10 Amanat Anak kepada Bunda dan Ayah

  1. Tanganku kecil, tolong jangan terlalu perfek ketika aku sedang merapihkan tempat tidurku, menggambar atau melempar bola. Kakiku sangat pendek tolong jangan terlalu cepat kalau sedang berjalan supaya aku dapat berjalan bersama ayah dan bunda.
  2. Mataku tidak seperti mata bunda dan ayah. Aku belum melihat semua hal di dunia ini, beri aku kesempatan untuk dapat menjelajah dunia ini dengan aman dan jangan larang aku kalau tidak perlu sekali.
  3. Aku tahu ada banyak pekerjaan di rumah dan di kantor yang harus bunda dan ayah kerjakan. Aku tidak akan lama menjadi anak kecil tolong berikan aku waktu dan perhatian untuk menjelaskan tentang dunia yang indah ini dan lakukanlah dengan sepenuh hati.
  4. Perasaanku lembut. Perlakukan aku sebagaimana bunda dan ayah ingin diperlakukan oleh orang lain. Jangan marah padaku sepanjang hari. Aku ingin bunda dan ayah sensitive dengan kebutuhanku. A
  5. Aku adalah hadiah special dari Allah SWT untuk bunda dan ayah. Perlakukan aku sesuai dengan kehendak Allah SWT, arahkan, bimbing dan siapkan diriku untuk dapat menghadapi masa depanku yang tidak sama dengan zamanmu. Beri aku aturan, penghargaan dan juga konsekuensi (bukan hukuman yang tanpa penjelasan yang membuat aku dendam) atas perbuatanku yang salah sehingga aku mengerti mana yang benar dan mana yang salah.
  6. Aku membutuhkan dukungan dan dorongan bunda dan ayah untuk tumbuh dan berkembang optimal bukan hanya kritikan. Bunda dan ayah dapat mengkritik perbuatanku tanpa harus membenci aku.
  7. Berikan aku kesempatan berlatih mengambil keputusan untuk diriku sendiri. Ijinkan aku untuk mengalami kegagalan atau berbuat kesalahan sehingga aku dapat belajar dari kegagalan dan kesalahanku. Bantu aku untuk mengatasi kegagalan dan memperbaiki kesalahan sehingga di masa depan aku siap mengambil keputusan yang tepat untuk hidupku.
  8. Jangan melakukan semuanya untukku karena aku akan merasa bahwa apa yang aku lakukan tidak memenuhi standar atau harapan bunda dan ayah. Tolong jangan bandingkan aku dengan anak lain atau dengan saudara kandungku. Aku tahu ini memang berat untuk bunda dan ayah.
  9. Jangan takut untuk meninggalkan aku jika memang bunda dan ayah perlu pergi berdua. Anak-anak juga butuh liburan tanpa bunda dan ayah sama seperti bunda dan ayah membutuhkan liburan tanpa anak-anaknya.
  10. Bawalah aku ke masjid secara rutin, berikan aku contoh bagaimana menjadi muslim yang baik. Aku ingin tahu lebih banyak tentang Allah SWT dan Rasul NYA.

Komentar

Postingan Populer