5 PERSEPSI YANG SALAH TENTANG ISLAM

Oleh : Jacopo della Quercia
(Penulis di Situs Cracked.Com)

Seorang komentator konservatif baru-baru ini menjadi berita karena dia mengklaim bahwa 10% Muslim dari seluruh dunia adalah teroris. Klaim yang sungguh menakjubkan. Jika itu benar, maka ada 50 juta teroris di dunia. Dan jika masing-masing membunuh hanya 40 orang, mereka bisa memusnahkan seluruh kehidupan non-Muslim di bumi.

Artikel ini merupakan jawaban terhadap persepsi-persepsi yang salah mengenai Islam dan hal-hal yang berkaitan dengan Islam. Berikut ini adalah persepsi-persepsi salah tersebut... Cekidot.. !!!

1. Jika Anda adalah seorang wanita Muslim, Anda Harus Memakai Jubah dan cadar

Bagi jutaan orang di Barat, ketika Anda mengatakan "Islam," maka citra mental pertama yang muncul di pikiran adalah ini:

Seorang wanita menutupi kepala sampai kaki dalam burqa.


Banyak Orang Amerika yang berpendapat bahwa Islam membenci perempuan. Salah satu faktanya adalah Arab Saudi sebagai salah satu negara yang mayoritas pemeluknya beragama Islam adalah satu-satunya negara di dunia yang benar-benar melarang perempuan dari mengemudi, dan sebagian besar negara-negara Muslim masih menggunakan hukuman mati dan rajam sebagai hukuman untuk perzinahan. menurut sebagian besar orang membuktikan hal-hal itu membenarkan pendapat mereka.

Tapi Sebenarnya ...

Jika Anda berpikir bahwa semua perempuan muslim harus berpakaian seperti ini ...

maka sama dengan Anda berpikir bahwa semua wanita Kristen harus berpakaian seperti ini:
. Foto itu berasal dari salah satu dari beberapa sekte Kristen kecil yang mengharuskan perempuan untuk berpakaian seperti itu Little House on Prairie.

Perancis mereka memiliki sekitar 3 juta perempuan Muslim.Berapa banyak menurut Anda yang mengenakan jilbab? Ketika polisi melakukan penelitian untuk mencari tahu berapa banyak orang Muslim yang mengenakan burqa atau niqab yang dipakai di negara mereka, mereka menemukan jumlahnya hanya ... 367 orang . Bukan 367.000, tetapi 367, jumlah sangat kecil sehingga dari sudut pandang statistik, itu hampir tidak cukup untuk didaftarkan sebagai margin kesalahan.

Ya, memang ada beberapa negara Timur Tengah dan beberapa negara di belahan dunia lainnya yang mewajibkan warganya berkerudung (yaitu Iran dan Arab Saudi) tapi hanya berjumlah kurang dari 5 persen umat Islam dunia.

Sebenarnya ada juga negara – negara muslim yang melarang pemakaian cadar dan niqob saat wanita muslim melakukan aktifitas tertentu. Hal itu sah-sah saja. Namun dalam Islam memakai cadar tidak diperlukan karena ia tidak lebih dari sekedar budaya. Oleh karenanya, menggunakan cadar atau niqob tergantung di mana Anda tinggal dan siapa yang bertanggung jawab.

K
2. Bapak Pendiri Amerika Serikat Tidak Mau Bertoleransi Pada Islam

Sangat mudah untuk menggertak publik melalui opini bahwa Bapak Pendiri akan AS hanya berpikir tentang Atheis dan multicultural AS.

Hal ini setelah Orang – orang Kristen mengutuknya. Mereka pasti tidak akan tahan dengan semua ini dan tidak akan mentoleransi agama-agama teroris.



Adalah hal yang bagus jika sebagian orang Amerika bertahan dengan nilai – nilai kuno leluhur AS, mereka akan mengabaikan hukum untuk melawan hukum Islam dari mengambil alih AS, karena Islam telah menjadi begitu besar..

Tetapi sebenarnya ...

Bahkan jika mereka adalah orang Kristen setia, banyak Bapak Pendiri Amerika memiliki kekaguman yang hebat tentang agama Islam.

Thomas Jefferson, misalnya, belajar sendiri bahasa Arab menggunakan salinan sendiri dari Quran dan menjadi tuan rumah pertama di Gedung Putih saat berbuka selama bulan Ramadhan.

John Adams memuji nabi Islam Muhammad sebagai salah satu Tokoh besar " Pencari kebenaran. "

" Benjamin Rush, yang begitu Kristen ia ingin sebuah Alkitab di setiap sekolah , juga mengatakan dia lebih suka mempertimbangkan untuk menanamkan pendapat Konfusius atau Mohammad " untuk ditanamkan pada generasi muda kita" daripada melihat mereka tumbuh tanpa suatu sistem tentang prinsip-prinsip agama."

Benjamin Franklin pernah mengatakan: "Bahkan jika Mufti Konstantinopel mengirim misionaris untuk berkhotbah tentang agama Islam kepada kami, ia akan mendapatkan tempat di Amerika."

Bahkan George Washington secara pribadi menyambut Muslim untuk datang bekerja untuknya di Gunung Vernon.

Jadi, mengapa semua Bapak Pendiri AS diatas mencintai orang – orang Islam ? Mungkin karena Sultan Mohammed ben Abdallah dari Maroko adalah tokoh dunia pertama yang mengakui kemerdekaan Amerika Serikat dari Inggris pada tahun 1777.

Alasan lain adalah bahwa Bapak Pendiri cukup pintar untuk membedakan antara yang benar-benar teroris dan yang bukan, seperti ditunjukkan dalam Perjanjian Tripoli pada 1797.

" Saat itu di perjanjian ini AS menyatakan: "Pemerintah Amerika Serikat tidak didirikan pada Agama Kristen, karenanya Amerika tidaklah memiliki karakter bermusuhan dengan hukum, agama, maupun ketentraman Mussulmen [muslim]. "

3. "Muslim” berarti "Arab"

Ingat bahwa bahwa ada wanita gila dengan rambut Einstein yang menanyakan pada John McCain jika Barack Obama adalah seorang Arab ?

Yah, mari kita menyegarkan ingatan Anda:

Kami bersedia untuk bertaruh bahwa kemungkinan maksud wanita ini mengatakan "Muslim" tetapi tidak sengaja ia kata "Arab" karena hal yang sama, kan?

Dan bahkan jika Anda tidak di kamp pesta minum teh, di mana Anda yakin "Arab" dan "Muslim" yang dipertukarkan, Anda mungkin telah dioperasikan di bawah asumsi yang sama: bahwa non-Yahudi Timur Tengah adalah orang Muslim dan yang paling Muslim tinggal di Timur Tengah.

Tetapi sebenarnya ...

Hanya sekitar 20 persen dari penduduk dunia Islam adalah Orang Afrika Utara dan Arab.

Sebagai perbandingan, sekitar 22 persen dari penduduk Kristen adaalah orang-orang Afrika , namun ketika seseorang mengatakan "Kristen," anda tidak akan membayang orang – orang negro kan?.Menyamakan "Muslim" dengan "Arab" tidak sepenuhnya benar.

Sementara kita di Barat telah dikondisikan dengan Islam diasosiasikan dengan Timur Tengah, Sebanyak 61,9 persen muslim tidak tinggal di Timur Tengah sama sekali; Muslim sebagian besar bermukim di wilayah Asia-Pasifik .

Indonesia sendiri merupakan rumah bagi lebih dari 200 juta Muslim, dan India dan Bangladesh bersama-sama memiliki kira-kira setengah milyar Muslim.

Sebagai contoh, jika Anda berpikir menjadi orang Arab Anda akan dijamin menjadi Muslim hari ini, hal itu tidak akan terjadi.sebanyak 10 persen populasi dari orang Arab adalah Kristen (lebih dari 14 juta orang)

Itu berarti lebih banyak 1 juta orang dari penduduk Yahudi yang hanya 13 juta

4. Budaya Barat Apakah Jauh Lebih Manusiawi daripada budaya Muslim ?


Bahkan sebelum terorisme hangat dibicarakan, Islam memiliki reputasi di Barat untuk kekerasan. Itu disinyalir karena islam dengan waktu yang cukup singkat menyebar ke suluruh dunia.

Sebagai contoh, Hinduisme butuh sekitar 1.000 tahun untuk menyebar melalui India, dan Kristen sekitar 400 tahun untuk berkembang dari kultus agama yang teraniaya senbelum menguasai Kekaisaran Romawi,

Islam pergi berkembang hanya dari visi satu orang menjadi kekuatan politik dan agama yang dominan di Tengah Timur dan Afrika Utara hanya dalam waktu sekitar 100 tahun.

Jadi banyak orang telah mencapai kesimpulan bahwa agama yang menyebar seperti api suci pasti dengan satu cara : pedang.

Bahwa untuk mencapai pencapaian yang demkian pesat dalam waktu singkat, orang Islam harus kejam, dan menjadi penakluk yang barbar,

Bahkan sebelum 9 / 11, Anda melihat gambaran ini menjadi budaya populer sepanjang waktu di mata orang barat:

Tetapi sebenarnya ...

Muhammad meletakkan beberapa aturan yang cukup progresif pada peperangan, pada abad pertengahan ketika Muslim berperang melawan orang kristen

Terutama karena Nabi Muhammad mengeluarkan "kode etik yang berbeda untuk para pejuang Islam" yang meliputi:

  • Tidak membunuh perempuan, anak-anak atau orang tak bersalah - ini termasuk pertapa, biksu atau pemimpin agama lainnya yang dianggap warga sipil;
  • Tidak membunuh ternak atau hewan lainnya;
  • Tidak boleh membakar atau perusakan pohon dan kebun, dan
  • Tidak merusak persediaan air.


Singkatnya Nabi Muhammad ingin pasukannya berperang gigih dengan santun dan beradab.

Tetapi keuntungan terbesar teritorial dibuat setelah kematian Muhammad, kan? Mungkin saat itulah Islam mendapatkan reputasi haus darah nya?

Tidak juga. Penggantinya dikondisikan mengikuti aturan yang ada dan menetapkan mereka sebagai standar untuk tentaranya.

Yang mungkin menjelaskan mengapa tentara Muslim ketika menaklukkan Eropa "menunjukkan tingkat toleransi tingginya, yang membuat negara Kristen banyak mendapat malu," kata seorang ahli.


Plus, mereka membangun berbagai macam bangunan bagus.

Jadi sementara tentara salib Kristen senang melakukan pemenggalan dan melemparkan kepala mereka seperti karung samaph, muslim memiliki kode kehormatan keseluruhan yang seperti saat mereka memberi makan tentara musuh-musuh yang telah dikalahkan .

5. Apakah Islam Terjebak di Abad Kegelapan


Sesungguhnya ada tiga stereotip negatif besar tentang Islam - membenci perempuan, radikal dan membenci segala jenis kemajuan ilmiah.

Kami telah membahas yang dua diatas, tapi bagaimana Anda berargumentasi terhadap ketiga? pemerintah mereka didasarkan pada teks-teks agama kuno! Dan wabaah apa yang bias di sembuhkan Iran ?


Tetapi sebenarnya ...

Dengan cara yang sama bahwa tidak semua orang Kristen Muda dan Modern, banyak Muslim modern melihat ruang untuk interpretasi dalam Quran.

Bahkan, 45 persen warga Muslim Amerika di salah satu jajak pendapat mengatakan bahwa mereka melihat evolusi sebagai "penjelasan terbaik bagi asal usul kehidupan manusia di Bumi," yang tidak begitu lusuh, mengingat hanya 24 persen dari Kristen evangelis percaya.

Persentase Muslim memeluk penjelasan ilmiah bagi asal usul kehidupan adalah hampir sama dengan Amerika sebagai (48 persen) keseluruhan.



Dan secara historis, mereka memiliki track record. Sains dan matematika seperti yang kita tahu, tidak akan ada tanpa Islam. Golden Age Islam menyebabkan revolusi di hampir setiap bidang pemikiran manusia, di mana mereka menciptakan aljabar - dan segala sesuatu yang maju ,dari geografi dan eksplorasi bagi seni, arsitektur , filsafat, pengembangan obat-obatan, penataan perkotaan dan kesehatan.

Kaum Muslim benar-benar datang dengan berbagi kecemerlangan ini dan benar-benar mempermalukan kerajaan Kristen Eropa,


sejak kekhalifahan Islam diselimuti setiap negara mereka kuasai dengan sekolah, perpustakaan, pekerjaan umum dan paling komprehensif sistem kesejahteraan sosial di planet ini .

Bahkan jika kekhalifahan berhasil menaklukkan seluruh Eropa ,Renaissance Italia akan tidak dibutuhkan .


Sekarang saya berharap para pembaca artikel sudi memberikan masukan, tanggapan dan kritikan atas artikel ini.

Komentar

Menurut saya pandangan pandangan tersebut muncul memang diakibatkan oleh muslim muslim yang tidak bertanggung jawab, Seperti pandangan islam teroris. Namun untuk perempuan identik dengan penutup muka merupakan budaya bangsa arab bukan islam. Seperti yang telah dijelaskan di al-qur'an yang bukan aurat adalah muka dan telapak tangan.
Novia Cahyawati mengatakan…
Novia Cahyawati (0803262/IPS)
menurut saya, artikel tersebut menarik dan menambah wawasan khususnya saya sebagai pembaca. pendapat komentator konservatif yang mengatakan 10% muslim didunia adalah teroris sangatlah salah karena menurut saya Islam adalah keselamatan, rahmat bagi seluruh alam yang mengajarkan kasih sayang dan rasa hormat antar seluruh makhluk. Ajaran Islam tentang keselamatan dan kasih sayang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad kepada umatnya. Maka, orang yang menuduh Islam secara keseluruhan sebagai teroris dan suka kekerasan adalah orang-orang yang berlebih-lebihan dalam tuduhannya, pendusta dan tidak mengerti jalan, metode, atau tata cara dalam Islam yang benar, seimbang, adil dan lurus.
Mey Wulandari NIM: 0801695 Kelas: IPS

Saya bangga menjadi wanita muslim yang berjilbab. Apabila kita pergi ke luar banyak yang menghargai kita,laki-laki pun tidak ada yang berani untuk menyentuh kita. Tapi jilbab disini berbeda dengan menggunakan cadar ,karena setahu saya menutup aurat dengan menggunakan cadar adalah budaya bangsa arab. Walaupun di Indonesia ada yang menggunakan cadar seperti itu setahu saya mereka adalah orang-orang dari Islam aliran tertentu.
Menurut saya mereka yang mengatakan kalau Islam itu agama teroris adalah mereka yang anti, belum paham dan mengerti apa itu Islam. Karena Islam adalah agama yang mengajarkan Kasih sayang dan kedamaian. Bagi mereka pelaku teroris itu sendiri,mereka telah salah dalam mengartikan isi dari Al qur’an, dan salah langkah untuk berbuat yang mereka anggap itu baik.
Astianah mengatakan…
Astianah(0803254/IPS)
Menurut saya Islam bukan teroris sebagaimana mereka mengatakan demikian. Islam pada hakikatnya membawa ajaran-ajaran yang bukan hanya mengenal satu segi,tetapi mengenal beberapa segi dalam kehidupan manusia. Menurut maulana muhamad ali, islam itu adalah Agama perdamaian dan dua pokoknya yaitu keesaan Allah dan kesatuan atau persaudaraan umat manusia, dan islam juga memerintahkan pada kaum hawa untuk menutup auratnya kecuali muka dan telapak tangan boleh tidak di tutup, sepengetahuan saya menutup aurat yang menggunakan cadar itu adalah budaya arab.
Rasulullah S.A.W telah bersabda :
"Bahwa anak perempuan apabila telah cukup umurnya, maka mereka tidak boleh dilihat akan dia melainkan mukanya dan kedua telapak tangannya hingga pergelangan" (H.R. Abu Daud)
Jubaedah(0801681/IPS) mengatakan…
Jubaedah (0801681/IPS)

Artikel ini sangat menarik dan menambah wawasan serta pengetauan saya. karena yang saya tahu sampai saat ini mengenai menutup aurat dengan menggunakan cadar adalah budaya bangsa arab. tetapi bagi saya menggunakan jilbab untuk wanita muslim itu merupakan suatu keharusan,karena selain menutup aurat, jika kita keluar rumah dengan menggunakan jilbab lebuh dihargai oleh kaum laki-laki.

Menurut saya bagi mereka yang mengatakan kalau islam itu adalah teroris, mungkin mereka belum memahami islam itu seperti apa, karena menurut saya Islam itu adalah agama yang membawa kedamaian bagi umatnya.
Murni Herlina mengatakan…
Murni Herlina (0803264/IPS/6)

Menurut saya artikel ini sangat bagus, dan dapat menambah pengetahuan atau wawasan bagi pembacanya khususnya bagi saya, dari beberapa persepsi ini, menunjukkan bahwa banyak yang salah mengartikan islam khusus kaum yang anti terhadap islam atau kaum yang belum paham arti pada islam,
Persepsi seorang wanita muslim, harus memakai jubah dan cadar adalah salah satu persepsi yang salah, ini adalah kebudayaan arab, bukan kewajiban dalam islam,dalam islam seorang wanita muslim, wajib menutup auratnya dan yang saya ketahui bagian aurat yang harus tertutup adalah seluruh badan kecuali telapak tangan dan wajah.
dari keselurahan isi artikl sangat bagus dan sudah lengkap.terimakasih pak, artikel ini sudah menambah wawsan saya dan menjadi suatu ilmu bagi saya.
Erni Mauliani mengatakan…
Artikel ini sangat menarik dan dapat menambah wawasan kita tentang agama..wanita islam memang identik dengan memakai cadarnya, tapi menurut saya itu adalah sebuah kebudayaan dari suatu negara saja.bukan ajaran yang ada di islam, karena setau saya,wanita hanya boleh memperlihatkan tangan dan mukanya saja, bukan menutup seluruh anggota tubuhnya dan hanya kelihatan matanya saja..banyak yang bilang Islam itu adlah teroris, namun bagi saya islam itu indah,,mungkin banyak orang yang beraggapan islam adalah teroris karena mereka belum begitu tahu tentang islam yang sesungguhnya...jadi teroris itu belum tentu islam,,bisa saja mereka mengaku2 islam agar agama islam dipandang jelek oleh agama-agama lain.......
Erni Mauliani mengatakan…
Erni Mauliani ( 0803253/IPS/6)
Artikel ini sangat menarik dan dapat menambah wawasan kita tentang agama..wanita islam memang identik dengan memakai cadarnya, tapi menurut saya itu adalah sebuah kebudayaan dari suatu negara saja.bukan ajaran yang ada di islam, karena setau saya,wanita hanya boleh memperlihatkan tangan dan mukanya saja, bukan menutup seluruh anggota tubuhnya dan hanya kelihatan matanya saja..banyak yang bilang Islam itu adlah teroris, namun bagi saya islam itu indah,,mungkin banyak orang yang beraggapan islam adalah teroris karena mereka belum begitu tahu tentang islam yang sesungguhnya...jadi teroris itu belum tentu islam,,bisa saja mereka mengaku2 islam agar agama islam dipandang jelek oleh agama-agama lain.......
Devi Lindasari mengatakan…
Devi Lindasari (0803271 / IPS/ 6) menurut saya, semua wanita muslimah memang harus menutup auratnya. tapi bukan berarti harus mengenakan cadar dan jubah, karena yang paling penting itu hanya menutup aurat. karena yang saya ketahui, mengenakan cadar itu bukan budaya islam tapi budaya wanita arab.
muslim bukan berarti arab, hanya saja muslim / islam itu sendiri memang tumbuh di arab.
islam bukan teroris, teroris itu hanya segelintir orang yang tidak terlalu memahami islam dan salah mengartikan kata jihad.
Astri Oktianingsih mengatakan…
Astri Oktianingsih (0803323/IPS/6)
artikel ini sangat menarik untuk dibaca, membuat saya menjadi lebih tau bagaimana keadaan Islam yang sesumgguhnya. Dalam masalah penggunaan cadar, saya rasa penggunaan cadar hanya budaya bangsa Arab tapi bukam kewajiban. kewajiban wanita muslim memang menutup aurat tapi tidak harus menggunkan cadar.
Islam bukan teroris. jika ada anggapan bahwa Islam itu teroris maka itu adalah anggapan yang salah. mungkin ada beberapa kelompok yang mengatas namakan islam untuk menjalankan suatu misi menghancurkan agama lain tapi bukan berarti semua orang islam itu teroris.
Taufik Hidayat Tulloh mengatakan…
Taufik Hidayat Tulloh (0802133/IPS)

Saya sangat menyukai artikel ini dalam pembahasan ini terdapat beberapa pengetahuan yang saya tidak ketahui.

mengenai “irhab”(terorisme) sekarang sudah mengalami perubahan-perubahan apalagi amerika membuat pernyataan tersendiri mengenai hal tersebut, terorisme digunakan oleh Amerika dengan makna yang berbeda, yaitu merusak, ekstrim, dan radikal.

Memang perbuatan seperti ini ada di kalangan kaum muslimin (sebagaimana juga terdapat pada umat agama lain). Akan tetapi, cara mengatasinya lewat politik dan militer (atau teror yang lebih besar dan lebih keji), bukan secara ilmiah dan syar’i. (Hal demikian) ini adalah bentuk kekeliruan, tidak menyelesaikan masalah, (tetapi) justru menambah rumit masalah, yaitu dengan menekan dan menindas kaum muslimin baik dalam tataran individu, organisasi dan negara.

Hal menutup aurat merupakan sesuatu yang wajib bagi kaum muslimin karena tercantum dalam Al-Qur'an dan Hadis, akan tetapi cadar dan sebagainya hanyalah sebuah budaya arab yang menyebar di selurh negara sehingga hal tersebut dianggap bahwa cadar dan sebagainya adalah wajib dikenakan karena berasal dari negara kelahiran Nabi.
Hal yang wajib kita taati ialah wajib akan menutup aurat bukan berarti kita harus memakai cadar dan lain sebagainya yang penting dalam konteks menutup aurat bagi seorang muslimin. Maksud menutup aurat disini ialah supaya terhindar dari syahwat.

Ternyata budaya islam telah banyak dicontoh oleh orang-orang barat, dan mereka mengakui bahwa budaya islam memiliki kode etik dan toleransi tersendiri dalam mengatur suatu hubungan dimasyarakat.
ANGGUN mengatakan…
Anggun Dwi Febriani S (0804724/ IPS)

Menurut saya tentang wanita berjilbab itu adalah suatu keharusan untuk menutupi aurat sehingga tidak terlihat oleh yang bukan muhrimnya,karena dalam islam pun wanita islam diwajibkan menutup aurat dari ujung kepala sampai kaki kecuali wajah dan telapak tangan.
Menurut saya islam bukanlah teroris namun pada kenyataannya yang kita ketahui ada sebagian kaum islam yang telah menganut atau mengikuti berbagai macam aliran-aliran yang menyimpang dari ajaran agama islam yang sebenarnya. Tentu yang kita ketahui jihad itu memang ada namun banyak teroris yang menyalahgunakan arti jihad tersebut, sehingga budaya barat memponis bahwa umat islamlah adalah teroris.
Anonim mengatakan…
Ismi Misrina (0806616) IPS

menurut saya artikel tersebut sangatlah menarik, karena dapat meluruskan pandangan keliru orang-orang awam yang belum memahaminya. seperti wanita yang memakai cadar, selain menutup aurat mereka memakai cadar agar terhindar dari tindak kejahatan. umat islam dianggap sebagai teroris sebenarnya hal itu disebabkan oleh pemahaman yang keliru tentang jihad itu sendiri, banyak oknum-oknum yang melakukan pencucian otak demi merekrut anggota agar rencana jihad mereka bisa berjalan lancar. oleh karena itu kita sebagai umat muslim haruslah berhati-hati dalam bertindak serta membuat pemahaman agar tidak ikut terjerumus dalam hal-hal keliru. serta menjadikan al-Quran sebagai pedoman dan tuntunan kita dalam berprilaku.
Anonim mengatakan…
Nopiyani 0801698 IPS/6
Menurut saya, artikel ini cukup menarik dan tentu saja menambah pundi-pundi pengetahuan saya. Mengenai salah penafsiran tentang Islam itu merupakan hal yang wajar, karena mereka hanya melihat Islam dari satu sisi saja. dan ini adalah ulah orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang tentunya tidak mengenal Islam itu sendiri seperti apa.
Mengenai kejayaan Islam pada zaman dahulu, tentu saja hal tersebut benar adanya. mengapa sekarang Islam seolah terbelakang? hal ini karena kita sebagai orang Islamnya sendiri tidak mau mempelajari isi Al-Qur'an itu sendiri dan apa yang terkandung didalamnya. padahal banyak orang-orang non Islam yang berhasil dikarenakan mereka mempelajari Al-Qur'an. untuk itu, mari kita sama-sama lebih mendalami isi kandungan yang ada dalam Al-Qur'an dan mengamalkannya di kehidupan sehari-hari. kita mulai dari hal yang terkecil, misalkan saja membuang sampah pada tempatnya, hal ini tyentu terdengar sangat sepele, namun kadang kita masih melanggarnya.
Desi Yuliani_0801749_IPS mengatakan…
Islam, jujur saya sendiri yang beragama Islam belum begitu Faham mengenai seluk beluk Islam, yang saya tahu Islam bukan sekedar Agama, Islam bukan hanya tentang tuhan terhadap Hambanya, bukan tentang penyembahan saja, Islam banyak mengatur kehidupan, banyak ilmu yang bisa kita dapatkan Islam itu Indah, adapun persepsi yang salah mengenai Islam, menurut saya adalah segelintiran orang yang tidak suka dengan keindahan Islam, yang tidak suka dengan keteraturan Islam, tidak suka dengan segala peraturan Islam. Mereka ingin menghancurkan Islam dengan cara memfitnah Islam agar orang-orang non Islam membenci Islam dan orang-orang Islam ragu akan Agamanya sendiri, banyak cara yang telah dilakukan oleh orang-orang yang membenci Islam untuk menghancurkan Islam itu sendiri, seperti pemfitnahan, Islam agama yang Radikal, umatnya lebih sering menggunakan kekerasan dibandingkan dengan perdamaian, padahal sebenarnya hanya segelintiran orang yang melakukan kekerasan dan keradikalan, Islam tetap satu-satunya agam yang baik. Agama yang Indah, Rahmatan Lilallamin..
RINI FITRIANI IPS/6 0801666

Menarik sekali membaca artikel ini, yang bagi saya merupakan suatu hal yang baru saya ketahui. Sungguh ironis sekali ternyata pandangan masyarakat barat terhadap Islam sungguh dangkal sekali. Mungkin hal ini disebabkan oleh mereka tidak suka akan kemajuan Islam yang apabila terus dibiarkan dapat menguasai Bumi ini.
Dan pendapat saya mengenai lima poin tersebut adalah sebagai berikut.

1. Jika Anda adalah seorang wanita Muslim, Anda Harus Memakai Jubah dan cadar
Pemakaian jubah dan cadar bukan merupakan ketentuan dan syariat Islam. Itu semua berasal dari faktor kebudayaan bangsa Arab yang merupakan asalm muasal agama Islam pertama kali ada di bumi ini. Yang disyariatkan Islam itu adalah pemakaian Jilbab yang menutupi aurat. Hal seperti itu di gembar-gemborkan demi satu tujuan yaitu melemahkan Islam agar berpandangan bahwa Islam tidak menghargai wanita atau perempuan.

2. Bapak Pendiri Amerika Serikat Tidak Mau Bertoleransi Pada Islam
Sebenarnya kebudayaan AS ini bukan tidak mau bertoleransi terhadap islam, akan tetapi pandangannya itu berubah setelah dipengaruhi oleh orang-orang kristen yang tidak mau islam itu maju.

3. "Muslim” berarti "Arab"
Saya kurang setuju dengan pandangan ini karena Islam bukan merupakan asal, tidak semua orang Arab orang Islam ataupun orang amerika orang kristen. Bukti yang lainnya bagwa, jumlah penduduk terbanyak muslim di dunia adalah Indonesia.
4. Budaya Barat Apakah Jauh Lebih Manusiawi daripada budaya Muslim ?
Tidak benar dengan itu, bahwasanya Islam diturunkan ke dunia lewat Nabi Muhamad SAW adalah untuk memperbaiki sifat manusia yang tidak manusiawi. Didalam Islam telah jelas tentang berbagai aturan yang melindungi manusia secara sempurna. Islam adalah Rahmatan Lil Alamin bagi alam semesta ini, jadi sudah tidak diragukan lagi bahwa Budaya Islam sangat memperhatikan budaya bahkan lebih tinggi dari Budaya barat.
5. Apakah Islam Terjebak di Abad Kegelapan
Oh tentu tidak, Islam sudah jelas seperti dalam ayat-ayat yang ada dalam Al-Quran yang menerangkan banyak tentang teknologi, bahkan sebagai contoh kecil. Kejadian manusia pun ada dalam ayat al_quran, jadi sudah tidak disangsikan lagi bahwa Islam diturunkan sebagai sumber Ilmu pengetahuan yang membawa dunia pada jaman yang penuh ilmu pengetahuan zaman terang benderang dengan ilmu pengetahuan.
teguh ginanjar mengatakan…
teguh ginanjar ips (0801686)
Ass... subhanaallah materi yang dibahas kali ini saya masih sangat toto. Untuk itu mohon di maafkan apabila ada kata panjang nyogok pendek nyugak kepada sadulur2 sekalian.
5 persepsi yang salah dalam islam yang dapat saya simak ialah kekeliruan dari pengimanan dan pengaplikasian iman dengan pembuktian melalui ahlak dan pola berpikir. Katakanlah berbicara budaya cadar yang mengharuskan wanita memakainya. Hukum bsa berubah bentuk tapi ilmunya tidak akan berubah itu yang saya baca dari salah satu kitabnya panutan kita tuan syekh abdul qodir al jaelani, “MENJADI KEKASIH ALLAH”. Dari itu saya yang awam ini belajar mengkaji isi dari kalimat tersebut bahwasannya hukum yang berubah ialah bentuknya yakni kasab, disesuaikan dengan keadaan alam lingkungannya. Sedangkan ilmunya tetap bahwasannya di wajibkan bagi wanita untuk menutup aurat. Kebanyakan dari kita hanya mengkaji kulit. Mukmin ialah isi bukan kulit atau pakaian. Tapi dari mana kita tau isi apabila kita tidak tau kulitnya. Sebaiknya kulit itu dikupas sampai ke isinya. Iqro perintah membaca maka bacalah ada apa di balik cadar. Bukan membaca bagaimana cara bercadar. Sedangkan berbicara aurat akan bersinggungan dengan sahwat. Maka pakaian yang rapi tersebut ialah cerminan diri yang rapi dan mengerti makna di balik kerudung dan mengemaninya. Ada 5 tahap pengkajian yakni di baca, di apalkeun,dikaji, di imankeun, di amalkeun. Di imankeun sareng di amalkeun.
Islam ialah agama yang diridhoi allah swt. Dengan ajaran yang sempurna dan sesuai dengan nilainilai kemanusiaan. Maka saya tidak yakin klo bapak pendiri as tidak bertolelir pada islam. Sebab presiden as yang terkenal dengan dolar hitamnya beliau adalah seorang muslim, berdasarkan para ahli kusuma. Namun politik menyelimuti tiap gerak dalam kehidupan sehingga menyamarkan kebenaran pada sejarah.
Sepintas memang benar muslim ialah arab tapi arab belum tentu muslim. Hal ini dikatnakan mungkin kekeliruan pesepsi dari alquran diturunkan di arab maka memakai bahasa arab. Tapi bahasa alquran itu firman allah tidak sama dengan bahasa arab, yang kedua para nabi diturunkan di arab. Tapi muslim sejati itu adanya di hati, hati meyakinkan pada nurani, dan nurani menuju pada allah. Ada beberapa patokan muslim sejati bagi umat islam. 1 junjunan kta rasullah saw. 2 para sahabat. 3 Panutan tuan syeh abdul qodir,4 paduka muhamad ir . soekarno. Solton banten hasanudin. Dan di tanah jawa wali songo dsb. Itu menandakan muslim bukanlah arab.
Budaya barat di anggap jauh lebih manusiawi secara kasaat mata dan perpolitikan memang begitu nampaknya. Namun nilai nilai islam yang terkandung dalam pribadi muslim jauh lebih manusiawi karna berasaal dari kodrati. Keliru jika islam harus kejam dan memaksa sampai radikal menjadi teroris. Hal ini di akibatkan kondisi keadaan isi alam semesta yang mulai rapuh termasuk keimanan manusia. Saya berperinsip dari muhamad sidik cakra wali. Allahurobuna warobukum walana amaluna walakum amalukum lakhudzata bainana wabainakum. Atau istilah ngaji turi ngatur diri.
Islam agama kodrat tidak akan berubah dan tidak akan terjerat dalam kegelapan sebagaimana dalam tiga aspek tersebut. Hanya orang yang mengaku islam bsa terjebak tergiling roda perkembangan jaman karna tidak mengerti makna dan anjuran islam yang sebenarnya.
Wass....... YAKIN USAHA SAMPAI
Asep Hilmi (0803267\IPS) mengatakan…
Islam Agama Damai ataukah Agama Perang?
pertanyaan ini sangat menyudutkan kita sebagai agama islam, namun pernyataan itu salah menurut saya karena banyak sekali ayat Al-Quran yang menyatakan bahwa islam itu cinta damai baik sesama muslim maupun dengan yang lainnya, sebagai contoh dalam surat At-Taubah (6)

وَإِنْ أَحَدٌ مِّنَ الْمُشْرِكِينَ اسْتَجَارَكَ فَأَجِرْهُ حَتَّىٰ يَسْمَعَ كَلَامَ اللَّهِ ثُمَّ أَبْلِغْهُ مَأْمَنَهُ ۚ ذَ‌ٰلِكَ بِأَنَّهُمْ قَوْمٌ لَّا يَعْلَمُونَ ﴿٦﴾

Dan jika seorang di antara orang-orang musyrikin itu meminta perlindungan kepadamu, maka lindungilah ia supaya ia sempat mendengar firman Allah, kemudian antarkanlah ia ke tempat yang aman baginya. Demikian itu disebabkan mereka kaum yang tidak mengetahui.

selain itu juga masih banyak yat ayat yang lain yang menyatakan bahwa islam tidak seperti itu.
maka dari itu Islam adalah Agama perang itu tidak benar, apalagi Agama Teroris...
Kawisah mengatakan…
Persepsi yang salah mengenai Islam tidaklah benar.
Kita mengetahui bahwa Muslim pernah menguasai Spanyol selama 736 tahun. Selama hampir 8 abad itu Spanyol berkembang menjadi wilayah yang kaya akan budaya dan ilmu pengetahuan.Orang mungkin bisa menyalahkan Muslim atas eksploitasi Spanyol tetapi mereka tidak bisa mengatakan bahwa Muslim memaksa orang-orang Spanyol memeluk Islam. India juga pernah didominasi Muslim selama 10 abad, tetapi ketika India memproklamirkan kemerdekaannya, 3/4 penduduknya adalah Hindu dan 1/4nya Muslim. Kenapa? Karena Muslim mengikuti perintah Allah dalam Al quran:

“Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam). Sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat.” (QS. Al-Baqarah: 256).

mengenai wanita bercadar, Di dalam Islam wanita tidak di wajibkan memakai cadar hanya saja bagi wanita bercadar ingin sepenuhnya kecantikan mereka untuk calon suami mereka nanti sehingga kesannya apa yang dimiliki wanita itu hanya untuk sang suami,jika sebelum menikah kita telah mengumbar aurat kita kepada orang lain maka keistimewaan apa yg akan diberikan wanita kepada calon suaminya nanti.
Dewi Nancy S mengatakan…
Dewi Nancy S/ 0801703/ Bahasa
Artikel ini sangat menarik bagi pembaca, khususnya bgi orang-orang yang masih belajar tentang Islam, ingin mengenal Islam, dan Lebih dekat dengan Islam. karena sekalipun kita seorang Muslim belum tentu kita faham akan keIslaman kita. hingga akhir nya banyak orang muslim yang tidak faham dan salah mengartikan kandungan Islam itu sendiri. seperti tata cara berhijab, Jihad, Budaya Islam, sampai perkemabangannya.
sudah seharusnya setiap orang Islam faham secara Kaffah akan Islam nya.
Anonim mengatakan…
Eka Mulyanti (0803328) IPS

artikelnya sangat menarik, selain itu juga artikel ini dapat meluruskan dan memberikan pemahaman yang jelas terhadap persepsi-persepsi yang salah tentang Islam.
di jaman sekarang, jangankan orang yang baru mengenal Islam, orang yang sudah lama mengenal Islam pun dapat terkecoh dengan adanya persepsi-persepsi yang salah tentang agama Islam, baik dalam hal pakaian, dalam hal budaya, sampai pemahaman tentang berjihad hingga melahirkan anggota teroris, itu karena kurangnya pemahaman terhadap agama Islam itu sndiri.
Kati Suciana Ningrum mengatakan…
Ass,wr.wb menurut saya dari sebuah artikel ini kita tidak hanya mendapatkan ilmu,wawasan dan pengetahuan tetapi juga sebuah informasi bahwasannya betapa buramnya wajah islam bagi yahudi dan nasrani, sesuatu yang sangat miris dan ironis sekali memang untuk didengar,,tetapi itu bukan sebuah keterpurukan karna realita yang ada bahwa buramnya wajah islam menurut mereka sesuatu yang salah karena kebenarannya islam adalah cahaya yang sangat terang benderang ketika mereka sendiri,,termasuk kita sendiri yang beragama islam berada dalam keadaan yang gelap gulita(kejahiliyahan), kita tahu bahwasannya islam adalah Rahmatan Lil'Alamin(rahmat bagi semesta alam
ajaran didalamnya adalah sesuatu yang benar, justru pemahaman yang krang tentang islamlah menurut saya yang akan mudah menghancurkan dirinya sendiri terutama bagi kita sendiri yang memang notabennya beragama islam.
tapi satu hal yang jadi sorotan apapun yang diungkapkan dalam artikel ini mengenai buramnya tentang islam, islam itu jahat, pembunuh dll adalah sesuatu yang salah,apa yang merka pikirkan tentang wanita islam harus bercadar adalah suatu persepsi yang sangat salah karena kenapa orang arab menggunakan cadar itu hanyalah berkaitan dengan konteks budaya yang berlaku disana dan juga berkaitan dengan iklim yang ada disana itu sangat panas dan pada realitanya yang ada hanyalah perintah untuk mengulurkan kerudung sampai menutupi dada seperti yang telah dijelaskan dalam Al-Qur'an surat Al-Ahzab ayat 59,Islam juga adalah agama yang mengajarkan kita tentang sebuah keindahan artinya indah dalam berperilaku,baik itu ucapan atau tindakannya,,mengajarkan kasih sayang dan selalu berlaku lemah lembut hal itu berarti betapa tidak benar apabila kita menyimpulkan perbuatan -perbuatan orang-orang yang tidak bertanggungjawab atas nama agama islam,dan selanjutnya mengenai tentang ilmu pengetahuan kita pun sudah mengetahui bahwa sumber dari segala sumber ilmu pengetahuan adalah Al'Quran dan kebenarannya pun sudah tercantum didalamnya,ilmuwan2 yahudi atau nasrani yang selali terkenal dengan penemuannya mereka mencarinya atau mempelajarinya dimana?Al-quran bukan?hanya saja mereka tidak mengimani dan perlu kita ketahui ilmu pengetahuan yang selalu nyaris terdenganr dikembangkan oleh ilmuwan yahudi dan nasrani pun adalah sesuatu yang salah karna pada kenyataannya ilmuwan2 islamlah yang mengembangkannya misalnya kita kenal ibnu zina dll.
Sri Murdiyawati mengatakan…
Menurut saya , artikel diatas sangatlah menarik dan memberi wawasan lebih bagi saya mengenai persepsi-persepsi yang salah dalam islam dan hal-hal mengenai islam. Dengan melihat artikel tersebut tidak lah harus memakai cadar bagi wanita karena di dalam al-quran menjelaskan bahwa wanita hanya menutupi auratnya dan yang terlihat hanyalah muka dan telapak tangan saja,dan bapak pendiri amerika sangatlah pintar dalam membedakan antara yang benar-benar dan yang bukan, karena pada waktu itu pemerintah amerika tidaklah memiliki karakter bermusuhan dengan agama, hukum ketentraman muslim.dan tidak semua muslim itu berarti arab karena muslim berada di semua penjuru dunia, sedangkan budaya barat tidaklah manusiawi karena kita lihat dari pakaian perbuatan dll sebagainya itu tidak menunjukkan budaya yang baik dalam era sekarang ini, di dalam islam tidaklah terjebak di abad kegelapan dikarenakan islam selalu berkembang dari zaman ke zaman.
menurut pendapat saya, islam telah mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan kehidupan ini baik kehidupan dunia maupun akhirat, salah satunya islam juga mengatur tentang aurat seorang wanita muslim. kita tahu bahwa aurat seorang wanita adalah dari ujung kepala sampai ujung kaki saja kecuali telapak tangan dan muka. untuk jubah sendiri memang sudah sesuai dengan tata busana seorang muslimah, sedangkan untuk cadar itu sendiri hanya kebiasaan muslimah arab untuk melindungi dari panasnya terik matahari dan juga untuk menghindari tatapan dengan lawan jenis yang bukan muhrimnya.
5 persepsi yang salah tentang islam tersebut tentunya menjadi bahan diskursus untuk ditindaklanjuti sebagai tindakan nyata, jangan sampai itu menjadi tameng terhadap perkembangan islam di dunia ini. tentunya hal ini harus ada upaya dari kaum muslimin dan muslimat untuk berpegang teguh pada al-qur'an dan al-hadits dan ayo bangkit dari ketertinggalan dan steoreotype ...
Anonim mengatakan…
A.Fadli Faudoni(0802127/Bahasa)

Menurut artikel yang saya baca,bahwa i memandang islam dikaitkandengan teroris,kekerasan.padahal Islam adalah keselamatan, rahmat bagi seluruh alam yang mengajarkan kasih sayang dan rasa hormat antar seluruh makhluk Ajaran Islam tentang keselamatan dan kasih sayang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad kepada umatnya,begitulah menurut firmannya,Maka, orang yang menuduh Islam secara keseluruhan adalah teroris dan suka kekerasan adalah berlebih-lebihan dalam tuduhanya.oleh karena itu bagai mana kita menyikapi keadaan yang mengkait-kaitkan islam sebagai agama yang keras.Dan ada juga pendapat tentang penyebaran islam lewat pedang,padahal tidak demikian,islam disebarkan lewat perdagangan,dan melalui da’wah.jadi menuryt saya kurang tepat kalau islam disebarkan lewat pedang atau dengan cara kekerasan.
Anonim mengatakan…
Nadia Andriyani / 0802125 / bahasa

5 persepsi yang salah dalam pandangan islam memang sering sekali dijadikan alasan untuk menjatuhkan dan menghancurkan islam. persepsi2 tersebut timbul karena umat islam sendiri, mereka yang masih belum memahami islam dengan pemahaman yang sebenarnya. salah satu contoh yang sedang marak saat ini pernyataan bahwa islam sangat identik dengan terorisme. memang miris mendengr islam selalu dikait kan dengan terorisme, seakan islam merupakan agama yang sangat menakutkan dan kejam. untuk itu, kita sebagai generasi muslim tugas kita memperbaiki 5 persepsi yang salah diatas dengan mengaplikasikan ajaran islam dengan baik dan benar dengan pandangan dan pemahaman yang benar. agar tidak menambah persepsi yang salah yang telah ada dalam islam. :)
Anonim mengatakan…
Prita novita(0806773) matematika.
Assalamualaikum.
Artikel yang menarik,pak.
Dalam artikel ini termuat banyak hal yang harusnya kita pahami lebih dalam,seperti kenapa islam harus selalu diartikan dengan arab? Kenapa islam banyak di identikan dengan teroris dan kenapa banyak orang yang beranggapan wanita muslin selalu bercadar?
Banyak orang non muslim yang beranggapan bahwa islam adalah arab,padahal seperti yang ditulis dalam artikel bahwa islam tersebar di seluruh dunia,dan islam adalah agama universal.
Islam pun tidak pernah membedakan golongan atau ras,muanya di dekap dalam satu dekapan yaitu islam dan menyembah allah swt.
Kemudian wanita muslim selalu memakai cadar,hal ini memang ditemui di negara timur tengah tapi kalau kita lihat banyak negara-negara muslim yang tidak mewajibkan cadar bagi wanita muslim,sebagaimana disebutkan dalam makalah wanita muslim arab memakai cadar karena cuaca disana yang panas,kemudian karena pria disana tidak dapat menahan nafsu syahwat mereka maka dikhawatirkan jika wanita keluar rumah tanpa memakai cadar takut dijadikan pelampias nafsu para pria.
Tapi di negara-negara islam yang lain wanita muslim tidak semua yang memakai cadar hanya saja wanita muslim diwajibkan untuk memakai pakaian yang tidak terlalu memperlihatkan lekuk tubuh dan auratnya(seluruh tubuh kecuali muka dan dua telapak tangan) serta memakai kerudung yang menutupi dada mereka.
Dari dua hal dapat kita lihat bahwa tidak ada yang salah dengan ajaran agama islam hanya saja kesalahan dalam pengertian dan memahami ajaran islam yang ada dalam diri individu.
Kita tidak bisa men judge bahwa ini dan itu salah sebelum kita mengetahui dan mengenal semuanya.
AAN mengatakan…
Aan Munajat (0801674) IPS

ass...trimakasih pak atas artikel nya yang sudah menabah wawasan saya tentang pandanag islam, artikelnya sangat bagus dan bermanfaat bagi semua yang membacanya.
umat islam atau agama islam yang di agap sebagai teroris atau sebagai penghasil teroris itu semua hanya padangan atau persepsi yang kurang mendapat pemahaman tentang agama islam itu sendri biarkan lah orang amerika atau agama lain mu bilang sperti apa agama islam itu yang penting sebagai umat islam yang pamah, kita tau seperti apa agama islam itu yang selalu berpadangan terhadap Al-Quran dan Hadis. kalau mereka agap teroris di dalam islam itu di agap orang yang berjihad tapi yang di lihat atau di dengar oleh masayarakat luas sekarang itu memang benar slah karna berjihat ada tempat dan tujauannya yang sesuai dengan al-Quran dan hadis, mungkin yang di lihat sekarang hanya orang islam yang kurang paham tentang ilmu islam itu sendri.
sedangkan tentang wanita yang mengunakan jubah hingga menutupi semua auratnya itu adalah hak dan aturan meraka karena semua itu padanag mereka sendri tetapi yang penting masih sesuai dengan ketentuan al-Quran dan hadis walpun berlebiahan. yang penting aurat seorang wanita tetupi biyar pemikiran seorang lelaki tidak negatip dan menjadi sebuah napsu....
mungkin itu yang dapat saya ungkapkan semoga bermanfaat dan maaf bila ada slah kata
terima kasih
Maria Indriyani_ 0801696_MTK
Ass.wr.wbr
Akan ada suatu zaman yang mayoritas umatnya akan dikuasai oleh yang sedikit minoritasnya. Inilah keadaan yang sekarang sedang dirasakan. Banyak umat lain yang iri dengan umat islam sehingga untuk mencapai kepentingan pribadi, menyudutkan umat islam. Kita harus ingat untuk selalu berpedoman pada sumber-sumber islam dan menunjukkan bahwa islam adalah agama kebenaran, adalah tidak benar semua yang selama ini digambarkan oleh media tentang islam.
Dalam kehidupan di dunia modern sekarang ini, islam tampak mengagumkan atau bahkan tampak ekstrim. Hal ini mungkin disebabkan karena agama tidak mendominasi kehidupan sehari-hari. Sementara dalam hidup seorang muslim & muslimah, islam dijadikan cara hidup/jalan/pandangan hidup, mereka tidak membagi dan memisahkan kehidupan dunia dan kdagamaannya.
Allah membuat segala macam peraturan baik perintah atau larangan tidak dengan alasan yang bermanfaat. Seperti shalat, dalam setiap gerakan shalat mengandung manfaat untuk kesehatan tubuh. Wudhu menjaga tubuh agar selalu bersih dan semangat. Menutup aurat untuk melindungi diri dari bahaya dan sengatan matahari. Semua aktivitas mempunyai aturan dimana aturan tersebut sangat bermanfaat untuk manusia.
Seharusnya agama melandasi dalam setiap aktivitas kita. Dalam islam tidak ada paksaan, Allah pun telah memberikan penjelasannya sebagai berikut "Tidak ada paksaan dalam menganut agama islam, sesungguhnya telah jelas perbedaan antara yang benar dengan jalan yang sesat. Barangsiapa ingkar kepada Tagut dan beriman kepada Allah, maka sungguh dia telah berpegang teguh pada tali yang sangat kuat yang tidak akan putus. Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui" (QS 2:256). Allah juga berfirman "Untukmu agamamu, dan untukku agamaku" (QS 109:6). Setiap orang akan diminta pertanggungjawaban atas perbuatannya. Dengan adanya berbagai pandangan seharusnya menjadikan motivasi umat islam untuk meningkatkan ESQ, EQ dan IQ yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga kita terbodohi dam memiliki ukhuwah yang kuat. Wass.wr.wbr
Anonim mengatakan…
Yahdini Hanifan/0801697/Matematika
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Subhanallah, artikel ini sungguh bermanfaat untuk pembaca. Apalagi untuk saya yang masih haus akan pengetahuan tentang Islam sebenarnya. Dari artikel ini, saya mendapatkan wawasan dan pengetahuan baru tentang Islam. Ternyata masih ada beberapa persepsi yang salah terhadap Islam. Contohnya, dalam membedakan antara berpakaian muslim dengan kebudayaan arab yang menggunakan jubah dan cadar. Padahal pakaian muslim yang sebenarnya adalah menutup aurat, tidak ketat, dan tidak transparan. 4 persepsi lainnya dalam artikel ini pun sangat bagus untuk ditelaah lagi lebih dalam.
Anonim mengatakan…
Devita nurannisa 0804707 mtk
Assalamualaikum wr.wb.
Setelah sya membaca artikel ini,sya baru menyadari benar bahwa byak kaum diluar islam yang selalu mencari titik perbedaan dalam islam untuk memecahbelahkan kaum muslim d dunia.banyak yang menganggap bahwa orang muslim harus identik dengan orang arab pada umum"y..hal ini tdak benar.karena sebenar'y islam tdak mmpersulit umat'y.cnt0h,d arab para wanita menggunakan cadar,hal ini d negara merak sangat gersang dan bnyak debu yg beterbngan.mka negara arab menggunakan cadar untk kshatan.
Assalamu'alaikum...
Subhanallah, artikel yang bagus untuk dibaca khususnya oleh para muslim karena dengan begitu kita menjadi tahu bagaimana pandangan-pandangan kaum yahudi dan nasrani terhadap islam dimana mereka (yahudi dan nasrani) selalu berupaya dengan berbagai cara untuk memecah belah islam dengan berbagai persepsinya yang salah. mengenai seorang wanita memakai jubah dan cadar itu merupakan suatu budaya dari suatu masyarakat dimana dia tinggal. islam sendiri tidak mengharuskan muslimahnya memakai cadar akan tetapi islam sangat mewajibkan wanita muslim untuk menutupi aurotnya sesuai dengan firman Allah SWT dalam Al-quran surat Al-A'raaf ayat 26-27 surat Annur ayat 31.
dan mengenai pendiri AS yang tidak bertoleransi pada islam itu salah karena seorang penulis yang bukan beragama islam menyatakan bahwa dari manusia terhebat di dunia, Nabi Muhammad SAW berada di urutan pertama. persepsi tentang islam terjebak dalam kegelapan jelas sangatlah salah karena islam datang sebagai rahmatan lil 'alamin yang membawa umat manusia dari zaman jahiliyah menuju zaman yang terang benderang.
Endah Pratiwi mengatakan…
Ass,wr.wb menurut saya dari sebuah artikel yang telah saya baca,kesemuanya itu cukup memberikan saya informasi apalagibelum begitu Faham mengenai seluk beluk Islam, setidaknya membawa hijrah prbadi terlebih dahulu dari yang tidak tahu menjadi tahu, namun hal itu tidak sepenuhnya menjadi panutan saya untuk melaksanakan kesemuanya itu, seperti penggunaan cadar,bukankah
aurat seorang wanita adalah dari ujung kepala sampai ujung kaki saja kecuali telapak tangan dan muka, dan diwajibkan untuk memakai pakaian yang tidak terlalu memperlihatkan lekuk tubuh dan auratnya, serta memakai kerudung yang menutupi dada wanita.
Namun kesemuanya itu tetap menjadi ilmu pengetahuan saya, karna menambah wawasan saya, dan artikel ini menarik untuk dipahami lebih dalam agar tidak ada kesalahan dalam pengertian dan memahami ajaran islam yang ada dalam diri individu.Terimakasih ya pak, wass, wr.wb
ana istiana mengatakan…
Nama : Ana Istiana
Kelas/semester : IPA/6
NIM : 0803325

Assalammu’alaikum…
Pada permasalahan yaitu tentang 5 persepsi yang salah tentang islam, subhanallah sekali artikelnya bagus, saya sedikit lebih tahu lagi tentang islam. Dapat saya simak setelah saya membaca artikel tersebut bahwa didisini ada yang keliru dalam pengaplikasian ilmu, pada dasarnya ilmu itu sama namun orang berbeda-beda dalam menafsirkan dan mengaplikasikannya. Tergantung pada orang-orang itu sendiri memandangnya seperti apa. Berbicara tentang budaya memakai cadar yang mengharuskan wanita memmakainya, pada prinsipnya memang setiap wanita muslim wajib menutup auratnya tetapi dalam hal ini kita berfikir bahwasannya yang dikaji itu bukan permasalahan menggunakan cadar akan tetapi ada apa dibalik cadar. Menggunakan cadar saya fikir itu hanyalah sebuah buadaya yang memang disesuaikan dngan kondisi alam dan lingkunag orang-orang tsb. Yang lebih penting bagi seorang muslim ialah menutup dan menjaga auratnya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan karena berbicara tentang aurat akan bersinggungan dengan syahwat.
Beberapa tahun belakangan ini memang islam dicap sebagai teroris dan itu adalah coretan hitam untuk islam, dan mungkin itu yang mengakibatkan bapak pendiri AS tidak ingin bertoleransi terhadap islam. Selanjutnya, menurut saya islam bukan berarti arab. Memang kita semua ketahui bahwasannya al-quran diturunkan di arab dan memakai bahasa arab, para nabipun demikian. Akan tetapi hal itu tidak jelas-jelas mencerminkan bahwa muslim adalah arab, perlu ditekankan bahwa muslim sejati itu datangnya dari hati hanya kita yang dapat menilai keislaman kita dari nuarani yang kita miliki yang tertuju hanya pada Allah.
Islam adalah agama yang sempurna, islam adalah rahmata lil’alamin,, semuanya diatur dalam islam dari hal terkecil hingga yang kompleks. Mernurut saya budaya islam jauh lebih baik dibanding budaya barat.
Islam adalah agama yang mutlak, tidak ada yng salah dalam islam sehingga islam tidak mungkin terjerat dalam kegelapan sebagai mana telah disebutkan dalam artikel. Haya saja mungkin orang-orang yang berada dalam islam yang terjebak dalam kegelapan karena tingkah laku mereka.
Anonim mengatakan…
Dewi Sri Rahayu (0806309/ Matematika)

Pendapat tersebut dipastikan dimunculkan oleh orang diluar islam yang iri dan benci pada kemajuan umat islam, tentang cadar memang itu merupakan sesuatu yang wajib jika pandangannya memunculkan kemaksiatan, akan tetapi sebenarnya itu merupakan budaya arab saja, dan pendapat yang menyatakan bahwa islam membenci umat wanita, maka pernyataan tersebut salah besar, karena islam justru memuliakan wanita hingga dalam islam berkata bahwa surga berada di bawah telapak kaki ibu, dan sesungguhnya umat islam bukanlah teroris, karena dalam islam justru diajarkan cinta damai, nabi Muhammad juga dalam menyebarkan agama islam tidak memakai cara kekerasan akan tetapi dengan cara yang halus, begitu pula dengan sunan justru mereka mengemasnya dengan cara yang apik yang jauh dari kekerasan, dengan cara seni dan sebagainya, umat islampun sangat menjunjung tinggi hak asasi manusia, dan hal itu menyebabkan umat islam mrendapatkan tingkat toleransi yang tinggi dari semua golongan, termasuk pendiri dan petinggi AS, muslim bukan berarti Arab, akan tetapi memang warga Arab pada umumnya beragama muslim, dan sesungguhnya budaya umat islam( budaya muslim ) jauh lebih baik dibandingkan dengan budaya lain, termasuk Arab, budaya Arab terdahulu yang tidak menghormati wanita dan mengubur hidup-hidup wanita seseungguhnya bukanlah budaya muslim, karena muslim tidak mengajarkan hal demikian, dan pendapat lain yang mengatakan bahwa umat islam terjebak dalam abad kegelapan, itu salah besar, karena sesungguhnya banyak cendikiawan muslim yang sangat berperan dalam rancah dunia, contoh : ibnu Sina ynag sangat berperan dalam bidang kedokteran, dan banyak muslim lain yang namanya disegani di rancah dunia ini, juga islam sendiri memerintahkan kita untuk menuntut ilmu dari mulai dalam buaian hingga ke liang lahat, dan ini menandakan bahwa Islam menganjurkan umatnya agar pintar dan tidak berada dalam kegelapan, dan menjadi manusia yang melek dlam segala bidang, baik melek dalam ilmu pengetahuan, kesehatan dan sebagainya.
Terra Juliani mengatakan…
Terra Juliani/0801748/Matematika

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Artikel ini sangat bagus untuk kita dalam menambah pengetahuan tentang Islam. Ternyata masih banyak orang yang salah persepsi tentang Islam. Artikel ini dapat menjadi pegangan untuk perubahan ke depan menjadi yang lebih baik lagi.
abdul jaid mengatakan…
nama : abdul ajid 0801656
kelas : bahasa /6

Orang yang memendang 5 persepsi islam diatas karena di dalam hatinya hanya ada kedustaan dan kebencian yang memandang islam dengan sebelah mata sebenarnya isalam itu indah rohmatan lil alamin,karena islam itu lembut yang mendididk manusia dari bangun tidur sampai tertidur lagi , contoh membaca doa setelah bangun tidur dan sebelum tidur juga membaca doa,dan mendahulukan sesuatu yang dahulu,
Sementara orang yang berpendapat bahwa islam adalah agama teroris itu slalah karena islam tidak mengajarkan kekerasan ,mengajarakan dengan sopan santun dan lemah lembut,dan orang uislam yang menjadi teroris hanya sedikit karena mereka juga salah persepsi tentang jihad.
endah pratiwi mengatakan…
NAMA : ENDAH PRATIWI
NIM : 0803274
KONSENTRASI/
SEMESTER : BAHASA / 6

Ass,wr.wb menurut saya dari sebuah artikel yang telah saya baca,kesemuanya itu cukup memberikan saya informasi apalagibelum begitu Faham mengenai seluk beluk Islam, setidaknya membawa hijrah prbadi terlebih dahulu dari yang tidak tahu menjadi tahu, namun hal itu tidak sepenuhnya menjadi panutan saya untuk melaksanakan kesemuanya itu, seperti penggunaan cadar,bukankah
aurat seorang wanita adalah dari ujung kepala sampai ujung kaki saja kecuali telapak tangan dan muka, dan diwajibkan untuk memakai pakaian yang tidak terlalu memperlihatkan lekuk tubuh dan auratnya, serta memakai kerudung yang menutupi dada wanita.
Namun kesemuanya itu tetap menjadi ilmu pengetahuan saya, karna menambah wawasan saya, dan artikel ini menarik untuk dipahami lebih dalam agar tidak ada kesalahan dalam pengertian dan memahami ajaran islam yang ada dalam diri individu.Terimakasih ya pak, wass, wr.wb
ASSALAMU'ALAIKUM. WR. WB
SUBHANALLAH ARTIKELNYA,, TERLALU SULIT UNTUK SAYA KOMENTARI, DIKARENAKAN PEMBAHASAN YANG TERLALU MELUAS BAGI SAYA, TAPI SAYA AKAN SEDIKIT IKUT BERKOMENTAR, MENGENAI ISLAM. % PERSEPSI YANG SALAH MENGENAI ISLAM ITU BERAWAL DARI UMAT LAIN DI LUAR ISLAM YANG INGIN MERUSAK CITRA ISLAM ITU SENDIRI,SEPERTI YANG KITA KETAHUI BAHWA ISLAM ITU AGAMA YANG HAQ(BENAR) SEHINGGA TIDAK ADA LAGI KERAGUAN DIDALAMMYA, BERBICARA MENGENAI WANITA YANG HARUS MEMAKAI CADAR ATAU JILABAB MEMANG TIDAK ADA SALAHNYA, HAL ITU MEMANG BENAR, KARENA SUDAH TERSIRAT DLAM KITAB AL-QURAN. NAMUN UNTUK PENGIMPLEMENTASIANNYA ITU TERGANTUNG PADA CULTUR MASING-MASING, NAMUN TIDAK KELUAR DARI GARIS SYAR'I.
ADAPUN MNGENAI ISLAM ITU TERORIS, HAL ITU SAYA KATAKAN SANGAT SLAH, KARENA ISLAM ITU RAHMATAN LILALAMIN,, ISLAM ITU DAMAI, TIDAK ADA KEKERASAN DALAM ISLAM, HAL ITU HANYA ADA BEBERAPA GOLONGAN SAJA YANG MENODAI AGAMA ISLAM. ISLAM TERJABAK DI ABAD KEGELAPAN ITU JUGA TIDAK BNER SAMA SEKALI, KARENA SESUNGGUHNYA AGAMA ISLAM ITU LAHIR DENGAN KECEMERLANGAN, KEMUDAHAN, ILMU-ILMU MODERN YANG SAAT INI LAHIR ITU SESUNGGUHNYA SUDAH DIRANCANG DENNGAN BHASA YANG INDAH DALAM AL-QURAN... SEMOGA UMAT ISLAM DAPAT MEMAHAMI ARTI ISLAM ITU SENDIRI, DAN TETAP BERPEGANG PADA PEDOMAN AL-QURAN.
MAAF SAYA TIDAK BISA BERKOMENTAR LEBIH BANYAK, DAN AFWAN KALO KOMENTAR SAYA TIDAK BENAR, MOHON DILURUSKAN PADA PERTEMUNAN DI KELAS PAK. TERIMAKASIH. WASS..
Anonim mengatakan…
Tb. Awan J. Arbi (0804704) IPA

Assalamu'alaikum Wr.wb

mayoritas masyarakat dunia memandang Islam hanya dari luarnya saja, tidak menyelam lebih dalam Islam. Masyarakat Eropa dan USA (diluar islam) hanya melihat bahwa Islam dari garis kerasnya saja yang mereka sebut sebagai "TERORIS". Jika kita tahu isi dari ajaran agama Islam sebuah agama yang dibawa oleh Nabi Besar Muhammad saw sungguh indah dan damai. Karena beliau di utus olah Allah swt untuk menyempurnakan akhlak dan membawa keselamatan bagi seluruh alam dan isinya.

Membahas tentang wanita Islam yang sebagian melihat bahwa wanita islam harus memakai cadar dan memakai jubah, hal itu merupakan suatu ciri khas dari dunia arab. Memang seperti itu baik, karena Allah swt dalam Alqur'an surat An-Nisa membahas tentang wanita yang harus menutup auratnya, dan kita tahu aurat seorang wanita adalah mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki. Semuanya kembali kepada keyakinan masing-masing dalam memahami hal tersebut. bagi saya wanita tidak memakai jubah atau cadar pun tidak masalah, selama wanita tersbut tidak memeperlihatkan bentuk tubuhnya jika memakai sebuah pakaian.
wajar saja pendiri amerika tidak mau bertoleransi, karena mereka sangatlah benci dengan Islam. mereka tidak rela dan sangat berambisi menghancurkan Islam. semuanya kembali kepada Umat Islamnya sendiri bagaimana menanggapi hal ini.

Muslim bukan berarti arab, memang betul. Islam memang di turunkan olah Allah swt d tanah Arab, namun bkn berarti Islam itu arab. Dalam ceramahnya salah seorang Ulama Banten mengatakan, "Islam turun d Arab sangatlah tepat, karena kehidupan di arab sangatlah keras. Karena apa, agar supaya langkah Islam kedepan tidak kaget/loyo jika menemukan kehidupan didunia selain arab yang sama kerasnya atau bahkan lebih keras dari kehidupan di Arab. jika Islam diturunkan olah Allah swt di daerah sunda yang kehidupannya penuh dengan kesopanan, maka Islam akan "Cengeng", tidak teguh dan tidak berani dalam mensyiarkan ajaran Islam".

Islam mengajarkan hal-hal yang baik karena Allah swt menyukai yang baik dalam hal apapun. jika dibandingkan dengan budaya barat, sungguh jauh sekali. budaya barat hanya melihat sisi dunia saja, kenikmatan dunia saja. Islam mengatur mulai dari yang terkecil sampai yang terbesar. bagi saya budaya Islam tidak ada bandingannya dengan budaya manapun.

sejak dahulu islam sudah dalam keadaan yang maju dalam segi apapun. islam memandang segala apapun dengan menggunakan ilmu. jika saat ini Islam d pandang dalam masa "kegelapan", ya mungkin juga benar adanya seperti itu. umat islam tidak lagi mengacu kepada Alqur'an dan hadis. jauh dari Allah swt dan mengkiblatkan budaya barat/kafir sebagai patokan hidup. semoga Islam dapat bangkit seperti masa jayanya dahulu. zaman Rasulullah saw, khulafaurrasyidin, dan banyak lagi kehidupan d zaman sahabat-sahabat Rasulullah saw yang mengalami kejayaan.
Ela Octaviyanti mengatakan…
NIM : 0803252/IPA

Assalamualaikum Wr.Wb...
menanggapi artikel tersebut,dalam hal ini memang banyak sekali persepsi yang berbeda mnegenai islam, dan dalam prakteknya pun berbeda-beda, padahal ilmunya sama ini dikarenakan pemikiran orang berbeda.
memang betul belakangan ini islam selalu dikaitkan dengan teroris, padahal islam itu damai tidak ada ajaran seperti itu. teroris belum tentu islam..
dalam menutup aurat,, wanita islam tentunya harus menggunakan jilbab untuk menutupi auratnya agar tidak terlihat oleh yang bukan muhrim.
untuk pemakaian cadar itu hal yang saya pikir tidak perlu, karena setahu saya tidak ada penjelasan mengenai hal tersebut..
saya bersyukur saya orang islam, karena islam begitu indah mengajarkan banyak hal..
Anonim mengatakan…
nama :Nurhasanah
NIM : 0801747
Kelas : bahasa
menurut saya 5 persepsi yang salah itu, memang benar-benar salah dikarenakan banyak orang-orang yang belum mengerti tentang islam, dan ada nya pengaruh dari orang-orang non muslim sehingga banyak orang yang terpengaruh terhadap persepsi tersebut
eLis JuLiawAti mengatakan…
ELIS JULIAWATI_0803277_IPA_6
Asslamualaikum wr.wb
subhanallah, artikelnya bgus,,
artikel diatas sedikit banyak menjawab pertanyaan yang sering muncul dikalangan masyarakat dunia.
'Tidak ada yang salah dalam Islam'
karena islam adalah agama yang dirahmati Allah SWT. yang salah adalah para manusia yang dalam mengartikan dan memahami islam hanya sebatas pengetahuan mereka saja tanpa menyelami islam lebih dalam lagi.
maha benar allah atas segala firmannya.
Anonim mengatakan…
nama : desiyanti
NIM : 0803259
kelas : bahasa
artikel tersebut sangat bagus karena memberikan wawasan kepada saya untuk mengetahui persepsi yang salah tentang islam dan persepsi itu muncul karena orang-orang yang tidak bertanggung jawab karena islam adalah agama yang di ridoi allah swt. yang salah adalah manusianya yang tidak memahami islam hanya sebatas pengetahian saja tanpa mendalami islam.
niken suryantari mengatakan…
Assalamualaikum…
Nama :Niken Suryantari
NIM : 0801687
Kelas : Matematika


Menurut saya menggunakan jubah dan cadar merupakan suatu budaya Negara islam, jika kita menggunakannya di Negara kita tidak adanya larangan dan jika tidak masih banyak alternatif untuk menutup sesuai aturan islam yang ada, berbanggalah pada wanita yang telah mengenakan kerudung di berbagai kegiatan.
Masalah islam dalam pandangan orang yang mengatakan bahwa islam merupakan agama teroris adalah salah besar, yang saya tahu di dalam agama islam tidak memperbolehkan untuk melakukan hal yang merugikan orang lain baik sesama muslim maupun yang berbeda agama, begtu pula di agama lain. Teroris bukan agama islam namun hanya sekelompok kecil yang memiliki visi namun yang kita kenal mereka mengatasnamakan jihad dalam agama islam. Hal itu tidak benar karena islam mengutamakan saling menghargai dan menyayangi manusia dan makhluk lain yang ada diimuka bumi ini. Karena semua adalah milik Allah SWT dan hanya Allah yang mampu menciptakan semesta ini. Islam yang sebenarnya kita dapat contoh perilaku nabi kita yaitu Nabi Muhammad.
DINI CAHYANI/0804706/MATEMATIKA

Menurut saya, berita mengenai 10% dari seluruh dunia Muslim adalah teroris saya tidak setuju, karena dalam islam itu indah, islam tidak menyukai hal-hal yang tidak baik. selain itu juga, sebaiknya dalam artikel 5 persepsi yang salah tentang islam, sebaikny artikel ini ada dalil-dalil yang dapat memperkuat pernyataan-pernyataan yang ada dalam artikel. Sehingga pembaca bisa lebih memahami dan mengetahui dari isi artikel tersebut.
FATHATUL UYUN (0803279) MATEMATIKA
Assalamu’alaikum wrwb
Bismillahirrahmanirrahiim
Menurut saya pada dasarnya hukum pidana islam itu tidak bertentangan dengan HAM.
Mengapa? Karena pada dasarnya, Syari’at Islam itu bersifat universal yang banyak menjelaskan prinsip-prinsip dasar tentang persamaan hak asasi manusia dan kebebasan. Bahkan ketika Nabi Muhammad Saw mendeklarasikan Piagam Madinah, hak azasi manusia ditempatkan dalam posisi tertinggidi konstitusi Islam pertama tersebut. Perjalanan sejarah berlakunya hukum Islam di kalangan masyarakat muslim telah bergeser dari sudut normativitas vertikal menjadi lebih horizontal. Hal ini disebabkan perkembangan berlakunya hukum Islam telah dipengaruhi pula oleh dinamika sosial-budaya dan politik hukum dalam masyarakat Islam itu sendiri.
Hubungan antara Islam dan hak azasi manusia, terletak pada universalitas ajaran Islam. Universalitas hak azasi manusia telah digaransi di dalam prinsip-prinsip dasar hukum Islam yang berasal dari teks-teks suci maupun konstruksi pemikiran ulama. Prinsip-prinsip dasar tersebut mencakup: ketuhanan, keadilan, persamaan, kebebasan, toleransi, dan sebagainya. Namun demikian, prinsip-prinsip dasar yang bersifat umum tersebut sangat terbuka dengan perbedaan pada tingkat implementasinya. Sebab hal ini sangat dipengaruhi oleh corak politik hukum dan situasi sosial-budaya dalam masyarakat Islam.
Menyinggung tentang hak azasi manusia yang universal, sekurang-kurangnya dapat difahami sebagai hak yang paling fundamental dan harus dimiliki oleh setiap manusia menyangkut hak untuk hidup dalam beragama, pendidikan, ekonomi, sosial-budaya, politik, dan persamaan mendapatkan keadilan di depan hukum. Hak tersebut merupakan hak yang harus dimiliki oleh setiap orang tanpa membeda-bedakan apa pun termasuk di dalamnya suku bangsa, agama, jenis kelamin dan status sosial dalam masyarakat. Sebagaimana dalam hukum Islam sendiri adanya hukum pidana dan perdata yang mencakup HAM tersebut.
Apabila kita kembalikan kepada prinsip-prinsip dasar universal, dalam hukum Islam dan hak azasi manusia sesungguhnya tidak ada yang bertentangan di antara keduanya. Kendati pun keduanya memiliki dasar pijakan yang berbeda, tetapi terdapat titik taut persentuhan antara hukum Islam dan hak azasi manusia yaitu sama-sama menjamin dan menuntut keadilan berupa hak-hak yang harus terpenuhi dan kewajiban-kewajiban yang harus dipenuhi. Hokum pidana islam tersebut yang dijadikan sebagai landasan dari Hak Asasi Manusia.
Wassalamu’alaikum wrwb
Assalamualaikum wr.wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Nama ; FATHATUL UYUN
Nim ; 0803279
Kelas ; matematika

Subhanallah artikel yang inspiratif sekali. Artikel yang memberikan banyak ilmu-ilmu yang baru untuk saya. Terkait soal Islam dengan 5 persepsi yang telah dikemukakan ternyata merupakan beberapa persepsi yang salah tentang Islam. Menanggapi hal tersebut ternyata banyak sekali kaum yang selalu mencari-cari kesalahan dan membuat persepsi yang menyimpang tentang Islam. Entah apa tujuannya, entah untuk memecahbelahkan ummat islam ataukah mungkin untuk menyemangati ummat muslim agar tidak dengan mudah terpengaruh oleh hal-hal atau persepsi-persepsi yang bersifat mencemoohkan atau bahkan melukai hati kita sebagai ummat dengan adanya persepsi-persepsi tersebut.
Semoga informasi-informasi yang didapat dari artikel ini dapat menjadikan kita semua Ummat Islam agar selalu waspada dan berhati-hati supaya ummat bisa menyaring informasi dan memberikan informasi kepada hal layak umum secara baik dan benar. Dan informasi ini membuat kita lebih mendekatkan diri kepada Sang Pencipta kita ALLAH SWT.aamien
Kesimpulannya adalah apapun persepsi yang dikemukakan, kita harus pandai memilih dan memilah informasi yang belum tentu dan terjamin kebenarannya khususnya yang terkait mengenai agama yang sempurna yaitu Islam. Kita harus yakin bahwa semua perintah Allah pasti baik dan bermanfaat bagi manusia. Sebaliknya laranganNYA pasti tidak baik dan tidak bermanfaat buat kita, contohnya saja berjilbab dan persepsi yang lainnya.
Syukron. Wassalam wrwb
Nandang Nugraha mengatakan…
Nandang Nugraha 0801678/Bahasa

Asslamualaikum wr.wb...
Luar Biasa, wawasan tentang islam saya menjadi lebih luas, memeang banyak orang salah berpandangan tentang islam, memang miris ketika kita sering mendengar islam disalahkan, padahal bukan islamnya yang salah, namun orang-orang yang menyalahgunakan islam yang menjadikan islam sebagai alasan. sebagai contohnya :
1. Teroris yang mengatasnamaka jihad.
2. Poligami yang alasannya beribadah. Dan yang seperti disebutkan dalam artikel...
dicukupkan sekian wasalamualaikum wr.wb.
Encu Suamah mengatakan…
Encu Suamah (0801705/IPA)

Menurut pendapat saya,
tidak ada yang salah dalam islam,karena islam itu indah dan tidak pernah mempersulit.
mengenai seorang wanita muslim tidak ada salahnya memakai jubah dan cadar hal tersebut memang benar karena sudah dijelaskan dalam pedoman hidup kita yaitu AL-QURAN tetapi pelaksanannya itu sendiri tergantung masing2 budaya dan negara itu sendiri.

Mengenai artikel yang saya kutip dibawah ini "Sesungguhnya ada tiga stereotip negatif besar tentang Islam - membenci perempuan, radikal dan membenci segala jenis kemajuan ilmiah".
Saya tegaskan disini bahwa islam itu indah,islam sangat menghargai perempuan dan islam menghargai segala jenis kemajuan ilmiah yang ada didunia ini tetapi tidak terlepas dari koridor islam itu sendiri.
Semenjak kecil orang-orang non Islam menerima dokrin negatif mengenai Islam, bahwa Islam merupakan agama yang keras, tertutup, dan serba tertinggal dari perkembangan jaman dan teknologi, yang mengakibatkan anak-anak mereka sudah membenci dan memandang Islam adalah agama yang salah. Tetapi jika mereka mempelajari Islam lebih dalam lagi, maka mereka akan memdapatkan sesuatu kebenaran yang sangat berlawanan dengan apa yang mereka anggap tentang Islam selama ini yaitu keindahan Islam mengenai segala aspeknya.
K mengatakan…
Kiki Tasyrikiyah_0804729_IPA

Assalamua’laikum.wr.wb

Menurut saya,

Tidak benar jika islam adalah teroris, karena jika seseorang benar-benar beragama islam bukan hanya islam keturunan maka orang tersebut akan lebih menghargai orang lain meskipun orang lain tersebut beragama selain islam. Karena dalam islam diajarkan untuk tidak melakukan kekerasan dan hal-hal yang menyimpang. Dalam penyebaran agama islam, Rassulullah telah memberikan contoh kepada kita bahwa dalam menyebarkan agama islam tidak memaksakan dan tidak dengan cara kekerasan. Jadi islam sangat menghargai agama-agama lain. Rassulullah telah mengajarkan kepada kita bahwa kita harus saling menghargai, menyayangi dan menghormati. Bagi orang yang beragama selain islam, jika orang tersebut benar-benar mempelajari islam maka tidak akan membenci dan mengatakan islam adalah teroris. Tetapi akan saling menghargai, bukan saling membenci, mencaci dan menjatuhkan. Seperti pada artikel, banyak nonmuslim yang sangat menghargai islam.
Wanita dalam islam tidak diharuskan menggunakan jubah dan cadar. Seperti dalam al-Qur’an kaum wanita dalam islam diwajibkan menutup aurat, tetapi tidak harus menggunakan jubah dan cadar. Wanita hanya menutup aurat yang telah diterangkan dalam al-qur’an, jika menggunakan jubah dan cadar itu hanya budaya dari suatu Negara seperti Arab. Wanita dalam islam sangat dimuliakan, yaitu dalam al-Qur’an dijelaskan bahwa surga ditelapak kaki ibu. Selain itu, wanita diwajibkan menutup aurat juga untuk kepentingan muslimah itu sendiri agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti pemerkosaan. Jadi islam tidak membenci kaum wanita, tetapi sebaliknya islam sangat menghargai wanita.
widiya puspita sari mengatakan…
neng widiya puspitasari 0801676 IPA
menurut saya, artikel ini dapat menambah wawasan saya. karena dengan membaca artikel ini kita dapat mempunyai jawaban terhadap persepsi-persepsi yang salah mengenai Islam dan hal-hal yang berkaitan dengan Islam seperti ISlam diidentikan dengan terorisme, wanita ISlam harus memakai cadar yang menurut dunia barat itu sangat mengganggu aktivitas wanita dalam kesehariannya, muslim berarti arab dan lain-lain..dengan membaca artikel ini saya mempunyai bekal untuk menepis image buruk (seperti Islam itu identik dengan terorisme)yang dijudge kan orang-orang barat kepada agama
Islam, sehingga mereka tidak mempunyai persepsi yang salah lagi mengenai Islam.
Tatang Hendrayana mengatakan…
Tatang Hendrayana / 0801685 / Matematika
Ass.. Wr.Wb.
Melihat dari artikel ini ternyata pengetahuan saya yang sebelumnya kurang tahu akan 5 persepsi yang salah terhadap islam, setelah saya membaca artikel ini saya menjadi tahu. Sebenarnya islam tidak mengharuskan perempuan dengan memakai jubah dan cadar untuk menutupi auratnya, tetapi dengan berjilbab untuk menutup auratnya. Berpakaian jubah dan cadar itu merupakan bagian dari budaya yang ada pada Negara Arab. Walalupun Di Negara kita mayoritas muslim namun untuk menutup aurat tidak dengan cara seperti itu, yaitu cukup dengan memakai pakaian (panjang) yang menutup aurat, berkerudung, pakaian tidak ketat, dimana tidak mengumbar hawa nafsu pria. Penduduk Indonesia dan Arab sangatlah berbeda, tentu cara berpakaiannya pun pasti berbeda.
Islam adalah agama yang paling sempurna, tentu Negara asing/ AS ingin menguasai Negara kita dan memecahkan islam. Namun di balik itu semua diam-diam AS ingin mengambil ilmu dari islam. Bahkan Para Ilmuan AS mengambil teori dari Al-Quran untuk melakukan penelitian dan penemuan. AS menganggap Islam adalah sebagai teroris yang sangat kejam, padahal Islam adalah agama yang mencitai, damai sejahtera, penyejuk, dan saling menyayangi sesame umatnya.
Muslim berarti Arab, memang bangsa Arab merupakan warga muslim, tapi bukan hanya di Arab saja yang merupakan muslim, bahkan muslim yang terbanyak adalah di Negara Asia Pasifik. Di Negara kita saja mayoritas muslim, di India dan Banglades juga mayoritas Islam yang cukup besar.
Budaya barat menurut saya bukan budaya yang manusiawi daripada budaya Islam. Di dalam budaya Islam memiliki kode etik yang sangat sempurna, sehingga rasa kemanusiaannya tercipta sangat baik, dan saling menghormati sesama manusia dalam segi apapun.
Tidak benar bahwa islam terjebak dalam kegelapan, bahkan sebaliknya islam membawa kehidupan yang cemerlang, dan agama yang di ridhoi Allah SWT. Dalam Al-Quran banyak sekali Ilmu-ilmu Dunia/bumi dan Akhirat yang membawa umatnya ke Surga. Golden age terdapat dalam sebuah Al-quran dan ilmu-ilmu ditemukan melalui Al-Quran. Jadi Islam bukan kegelapan melainkan cahaya kehidupan.
Maaf ya kalau komentar saya yang tidak sesuai dengan hati rekan-rekan, ucapan yang baik datangnya dari Allah SWT ucapan yang salah datangnya dari saya sendiri, Setiap manusia tidak ada yang sempurna, salain Nabi Muhammad SAW. mohon dimaklumi.
lina nurfadila mengatakan…
Lina Nurfadila (0803276/IPA)
Menurut saya 5 persepsi yang salah tersebut harus segera diluruskan agar tidak terjadi kesalahpahaman secara terus menerus dan bahakan dapat berakibat buruk pada kehidupan umat ISLAM selanjutnya. nauzubillahiminzalik..
sesungguhnya islam itu agama yang menjalin tali persaudaran bukan perpecahan dan perbedaan itu adalah indah...
WUS'ATUL FITRIYAH/0803272/MATEMATIKA

Menurut saya, artikel ini cukup menarik karena dapat menambah wawasan tentang Islam. Akan tetapi alangkah lebih baiknya jika dalam artikel ini memuat dalil-dalil yang terkandung dalam Al-Qur’an maupun Al-Hadits yang berkaitan dengan 5 persepsi tersebut.
Tanggapannya mengenai kelima persepsi:
Pertama, cadar tidaklah wajib dalam Islam karena yang bukan aurat wanita adalah wajah dan telapak tangan.
Kedua, jika kita lihat para ilmuan pun meneliti kejadian-kejadian yang ada di alam semesta ini sebenarnya berpedoman pada isi kandungan Al-Qur’an. Selain itu juga, Islam adalah agama rahmatan lil ‘alamin yang di dalamnya terdapat kasih sayang dan cinta damai antar sesama manusia.
Ketiga, Islam memang berawal di negeri Arab, tapi muslim bkn berarti Arab. Karena Rasulullah, sahabat, tabi’in dan ulama menyebarkan Islam keseluruh penjuru.
Keempat, jika dipelajari secara mendalam maka Islam jauh lebih manusiawi daripada Barat. Akan tetapi, ada oknum-oknum tertentu yang mengatasnamakan Islam dalam jihadnya.
Kelima, Islam tidak terjebak di abad kegelapan. Namun orang-orang muslimlah yang terkadang terjerumus ke dalam jalan yang salah. Tapi perhatikanlah ditengah permasalahan dunia, sistem Islamlah yang tak pernah goyah karena berpedoman pada Al-Qur’an dan Al-Hadits.
Anonim mengatakan…
nela nurwildiana (0801755) matematika

sebenarnya jika kita teliti dan mempelajari tentang semuanya maka tidak akan terjadi kesalahphaman seperti yang telah diuraikan tersebut. islam bukan agama yang terjebak dalam kegelapan bahkan islam adalah oetunjuk dalam penerangan kehidupan manusia. yang mengatakan beberapa hal tersebut sebenarnya mereka belum mengetahui dan memahami agama islam sepenuhnya.
Lina Listiana mengatakan…
Nama :Lina Listiana
Kelas/Semester :IPA / 6
NIM :0803266

Assalamualaikum....


Setelah saya membaca artikel ini didalamnya terdapat beberapa tentang perbuatan seperti ini ada di kalangan kaum muslimin dan juga terdapat pada umat agama lain). Hal menutup aurat merupakan sesuatu yang wajib bagi kaum muslimin karena tercantum dalam Al-Qur'an dan Hadis, akan tetapi cadar dan sebagainya hanyalah sebuah budaya arab yang menyebar di selurh negara sehingga hal tersebut dianggap bahwa cadar dan sebagainya adalah wajib dikenakan karena berasal dari negara kelahiran Nabi. Hal yang wajib kita taati adalah wajib akan menutup aurat bukan berarti kita harus memakai cadar dan lain sebagainya yang penting dalam menutup aurat bagi seorang muslimin. Maksud menutup aurat disini adalah supaya terhindar dari syahwat atau ancama lainnya yang dapat merugikan kita sendiri. Dan ternyata budaya islam telah banyak dicontoh oleh orang-orang barat, dan mereka mengakui bahwa budaya islam memiliki kode etik dan toleransi tersendiri dalam mengatur suatu hubungan di lingkungan masyarakat.

Wass......
Ahtrida Maya Sundari mengatakan…
Ahtrida Maya S.
0803319
Bahasa

Artikelnya bagus, Pak…
Menurut saya, isi artikel ini dapat mengubah paradigma lama orang-orang awam bahwasannya Islam itu hanya Arab, teroris, kejam, dan bersifat kaku. Padahal, Islam itu fleksibel. Islam menjangkau seluruh aspek kehidupan manusia, baik dari spiritual, pendidikan, ekonomi, dan politik. Jadi, tidak ada lagi alasan bagi manusia untuk merendahkan Islam. Wallahu A’lam bisShowab…
Elsa Marita Silfianingsi mengatakan…
ELSA MARITA SILFIANINGSI, (0801689), MATEMATIKA

Menurut saya, artikel mengenai lima persepsi yang salah tentang islam ini dapat dijadikan suatu wawasan pengetahuan bagi saya khususnya mengenai islam agar tidak salah dalam persepsi islam serta sangat bagus dan menarik sekali untuk dibahas. Didalam artikel tersebut dijelaskan bahwa ada seorang konservator konservatif yang mengklaim bahwa terdapat 10% muslim dari seluruh dunia adalah teroris. Saya tidak setuju dengan pernyataan tersebut. jika pernyataan itu benar terbukti dan benar-benar nyata maka kaum muslim di dunia akan musnah dan dunia ini akan terisi penuh dengan para teroris. Bagaimanapun caranya teroris harus dimusnahkan agar tidak membuat umat muslim di seluruh dunia merasa cemas yang berkepanjangan. Seseorang yang berprofesi sebagai teroris selalu mengatasnamakan jihad. Padahal itu sama saja dengan membunuh bukan berjihad menurut islam. Selama ini teroris menyalah artikan jihad itu sendiri. Oleh karena itu perbuatan teroris ini sangat menyimpang dari persepsi islam. Islam memang tidak melarang umatnya untuk berjihad. Namun, oleh sebagian orang jihad disalah artikan.
Didalam artikel tersebut ada lima persepsi islam yang salah, antara lain :
1.Jika Anda adalah seorang wanita Muslim, Anda Harus Memakai Jubah dan cadar
Saya kurang setuju dengan pernyataan tersebut. karena kembali lagi kediri kita masing-masing. Jika kita merasa nyaman dengan memakai jubah dan cadar untuk menutupi aurat kita sebagai muslim maka pakailah. Namun jika kita tidak merasa nyaman dengan itu maka lebih baik tidak usah. Karena bila hal seperti itu dipaksakan maka kita akan merasa terpaksa untuk memakainya dan akan menimbulkan rasa tidak nyaman bagi yang belum terbiasa memakainya. Memakai jubah dan cadar hanya ada di negara timur tengah yang mayoritasnya arab. Dengan memakai pakaian yang sopan dan tidak menunjukan lekuk tubuhnya maka orang tersebut bisa dikatakan sebagai wanita muslim.

2.Bapak Pendiri Amerika Serikat Tidak Mau Bertoleransi Pada Islam
Kita sebagai sesama manusia sudah sepantasnyalah untuk saling bertoleransi. Amerika serikat bukannya tidak ingin bertoleransi dengan islam. Akan tetapi banyak sekali pandangan dari kristen sejati yang tidak ingin jika islam itu maju.

3."Muslim” berarti "Arab"
saya kurang setuju dengan pernyataan tersebut. karena belum tentu muslim itu arab. Yang saya ketahui ada orang yang muslim tetapi dia bukan arab melainkan orang barat.

4. Budaya Barat Apakah Jauh Lebih Manusiawi daripada budaya Muslim?
Menurut saya, budaya muslimlebih manusiawi dibandingkan dengan budaya barat. Budaya barat sangat tidak manusiawai. Karena budaya barat banyak mempengaruhi budaya muslim. budaya barat cenderung menganut kebebasan. Sedangkan budaya muslim kaya akan aturan-aturan atau norma-norma yang bila dilanggar sudah tentu ada hukumnya serta tercantun pula di dalam Al-Quran.

5. Apakah Islam Terjebak di Abad Kegelapan
Menurut saya, islam tidak terjebak dalam kegelapan. Justru islam sanagt terbuka sekali dengan kemajuan zaman. Semua itu telah dijelaskan didalam Al-Quran. Ada pernyataan yang berbunyi, sesungguhnya ada tiga stereotip negatif besar tentang islam-membenci perempuan, radikal dan membenci segala jenis kemajuan ilmiah. Saya kurang setuju dengan pernyataan tersebut. karena sebenarnya islam tidak membenci perempuan dan islam juga tidak membenci jenis kemajuan ilmiah. Jika semua itu dibenci oleh islam maka islam menjadi agama yang tertutup. pada dasarnya, manusia itu sudah diciptakan berpasang-pasangan dan manusia itu diciptakan untuk bisa menciptakan suatu penemuan ilmiah.
Anonim mengatakan…
yossi yolanda (00803268) MATEMATIKA

Artikelnya sangat bagus sekali dan ternyata bnyak sekali orang yg memandang islam seperti itu, dan dalam artikel ini menunjukkan bahwa islam itu damai dan bukanlah teroris
Susi Setiawati 0804728 IPA/6

Assalamualaikm Wr Wb
Subhanaallah. .artikelnya sangat membuka wawasan saya untuk lebih mempelajari banyak hal mengenai agama islam. Kesalahan dari persepsi-persepsi tersebut karena paham ideologi mereka yang salah menafsirkan agama islam..
Menanggapi 5 persepsi tersebut:
1.Seorang wanita muslim bukan berarti harus memakai Jubah/Cadar sebab wanita muslim di wajibkan dalam Al-Qur'an untuk menutup auratnya,kecuali muka dan telapak tangannya. Keharusan untuk memakai jubah/cadar ini hanya suatu kebudayaan (mayoritas terdapat di Arab).
2.Justru Thomas Jefferson pada masa jabatannya ia menulis stasuta tentang kebebasan beragama.

3.Muslim bukan berarti Arab karena seseorang yang menganut agama islam itu d sebut muslim,sedangkan orang Arab tidak sepenuhnya orang islam (hanya mayoritas).

4.Budaya muslim lebih manusiawi di bandingkan dengan budaya Barat sebab budaya muslim lebih menghargai setiap hak orang lain,memiliki jiwa sosial tinggi.semua aturan dalam budaya muslim mengacu dan berpedoman pada Al Qur'an dan hadist. Berbanding terbalik dengan budaya Barat di sini sangat terlihat jelas rasa manusiawinya sangat rendah,mereka tidak mengenal batasan-batasan terhadap sesamanya.

5.14 abad silam Allah menurunkan Al Qur'an sebagai petunjuk bagi seluruh umat manusia (Masyarakat Arab berada dalam jurang kenistaan,kekacauan,dan kejahiliyahan).Melalui islam mereka mendapatkan pengetahuan tentang nilai-nilai kemanusiaan dan peradaban. Tidak hanya Arab namun seluruh bangsa yang memeluk Islam terbebaskan dari kegelapan zaman Jahiliyah dan tercahkan oleh hikmah ilahiyah Al Qur'an..
SITI AISAH mengatakan…
NAMA:SITI AISAH
NIM:0806650
KELAS:IPA/6
Assalamualaikum wr.wb.
Setelah saya membaca artikel tersebut,saya dapat menanggkap beberapa hal yang dipermsalahkan tentang seorang muslim.
Menurut saya islam adalah agama yang menjunjung tinggi cinta damai,agama yang saling menghormati,menjaga dan menyayangi satu sama lainnya,dalam ajaran islam tidak mengenal yang namanya kekerasan yang ada hanyalah ketegasan,islam itu lembut.pada zaman nabi Muhammad juga melakukan perang tapi dalam perang tersebut tidak melakukan hal-hal yang merusak,tidak membunuh wanita dan anak-anak,nabi memberikan kode etik dalam berperang itulah yang membedakan agama islam dan agama lain,karena itulah islam adalah agama yang tegas dan lembut.
Muslim adalah sebutan bagi orang-orang yang memeluk islam dan arab adalah sebuah Negara yang mayoritas penduduknya memeluk islam,jadi muslim dan arab itu berbeda,jika muslim diartikan arab itu salah besar,muslim dan arab itu berbeda hanya lahirnya islam memang dari Negara arab.
Islam juga tidak mewajibkan pemeluknya untuk menggunaka cadar,cadar hanyalah budaya dari orang arab dan orang arab menggunakan cadar untuk melindungi dirinya sendiri dari laki-laki,jadi menggunakan cadar hukumnya tidak wajib karena cadar digunakan bukan untuk menutup aurat,sesungguhnya aurat perempuan itu dari ujung rambut sampai ujung kaki tapi muka dan telapak tangan tidak termasuk aurat.
Pada intinya semua hal tersebut adalah sebuah kesalah fahaman mereka tentang islam,mereka manjaj islam sebagai agama yang keras tanpa mengetahui,memahami dan mendalami islam itu seperti apa,jika mereka mempelajari dan mendalami islam mereka akan tau bahwa islam adalah agama yang cinta damai dan lembut.
Wassalamualaikum wr.wb.
Nurni 0803260/bahasa mengatakan…
Nurni 0803260/bahasa
artikel tersebut sangat bagus dan bisa membuka pengetahuan orang mengenai islam yang sesungguhnya. pada dasarnya islam merupakan agama yang damai, universal dalam arti mencakup semua aspek kehidupan dan aktivitas manusia hingga akhir zaman.islam bukan sebuah negara atau budaya melainkan keimanan manusia kepada Allah. adapun kesalahan persepsi mengenai jilbab, jihad yang di lakukan tidak sesuai dengan islam hal itu dikarenakan kurangnya pemahaman mengenai ayat yang membahas kedua hal tersebut.bukan islam yang salah tapi individunya.karena islam adalah agama yang benar dan rahmatan lilalamin.
Siti ana mariyah 0803255 bahasa
Assalamu"alaikum Wr Wb
Komentar saya mengenai tulisan tersebut sangat bagus sekali untuk menambah pengetahuan pembaca yang kurang memahami tentang islam itu sendiri. agar tidak salah persepsi mengenai agama islam yang sering dianggap agama yang keras,sering dianggap teroris dan aturan dalam islam tidak sesuai dengan kemanusiaan,dll. padahal jika kita mempelajari lebih dalam tentang agama islam tentu tidak akan beranggapan seperti itu.Karena agama islam bersifat universal yang mengatur secara keseluruhan dari hal yang terkecil sampai hal yang terbesar dan mengatur dibidang apapun.
Anonim mengatakan…
AGNIS EKA SEPTI 0804702 MTK

Wanita secara fitrah adalah perhiasan, keindahan, menyenangkan dan memiliki potensi kuat membawa kedamaian sebagaimana memiliki potensi untuk dijadikan alat oleh orang kafir dalam kerusakan. Potensi tersebut akan bisa terealisasi apabila ia ditata sedemikian rupa mengikuti ajaran yang fitri yaitu Islam. Untuk itu di antaranya Islam memberikan rambu-rambu yang jelas dalam masalah pakaian wanita agar tetap ada keseimbangan antara estetika dengan syariah. Allah Swt. berfirman dalam surat al-A'raf ayat 26: "Hai anak Adam , sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang terbaik". Sebagiamana pakaian menutupi aurat tubuh manusia sekaligus menghiasinya, maka takwa adalah seindah-indah pakaian yang menutupi aurat hati dan menghiasinya. Sehingga aurat zahir dan batin sama-sama terhindar dari tabarruj, dimana tabarruj adalah menampakkan hiasan untuk mengundang kekejian. Artinya, apabila hiasan itu hanyalah perhiasan dan tidak bertujuan maksiat, maka tidak dinamakan tabarruj. Dalam ayat di atas juga ditegaskan bahwa ketakwaan hati adalah lebih urgen dan lebih baik dari sekedar pakaian / kemasan tubuh. Bisa kita lihat di zaman sekarang tidak jarang wanita berjilbab bahkan bercadar, tapi perangainya bejat, hati dan akalnya pun kotor. Allah Swt. berfirman: "Berbekallah! Sesungguhnya sebaik-baik bekal untukmu adalah takwa". Mengenai wanita muslim yang diharuskan memakai cadar merupakan hal yang tidak relevan dengan budaya setiap tempat, termasuk Indonesia. Seperti kita tahu, sebagaimana Rasulullah SAW yang memakai jubah bukan karena jubah tersebut merupakan pakaian yang Islami, akan tetapi karena beliau harus menjalani adat yang sudah membudaya di sekitarnya. Kalau memang jubah dikatakan pakaian Islami, lalu mengapa Abu Jahal juga memakainya?! Jubah itu sebatas pakaian orang Arab, dan karena Rasulullah diutus di Arab, maka beliau pun memakai pakaian orang Arab. Dan untuk wanita muslim, Islam telah menganugerahi kebebasan mutlak bagi umat dalam berpakaian, selama tidak melewati tiga batas yang sudah digariskan: tidak membuka aurat, tidak menampakkan kulit (transparan), dan tidak membentuk tubuh (ketat).
Melihat begitu banyaknya pendiri Amerika mengagumi Islam bahkan mengakui ajaran yang ada di dalamnya, para pendiri bangsa ini secara eksplisit memasukkan islam dalam visi mereka tentang masa depan republik kebebasan beragama, sebagaimana mereka telah menyusunnya. Jauh dari ketakutan akan islam, para pendiri telah memasukannya dalam kain kehidupan Amerika.
Muslim yaitu orang yang beragama islam, yang padanya nampak ciri-ciri memenuhi syarat Islamnya seseorang sehingga haram harta dan darahnya atas sesama muslim. Orang yang menafsirkan jika muslim berarti Arab sangat tidak masuk akal. Sebagaimana orang Indonesia melihat Arab adalah Islam dan Islam adalah Arab; dua sisi mata uang. Kesalahan orang dalam memandang sejarah, seolah-olah Islam dan Kristen lahir dari dua kutub dunia yang berbeda, padahal Kristen muncul di zaman Isa di kawasan Arab. Kesan bahwa Muslim berarti Arab mungkin didapat karena Islam menjadi agama di negara Arab Saudi yang juga menggunakannya sebagai hukum negara.
Anonim mengatakan…
AGNIS EKA SEPTI 0804702 MTK

Harus kita yakini bahwa Islam bukanlah agama pedang dan jahat. Disaat Allah Ta’ala menurunkan al-Quran kepada Nabi Muhammad saw, beliau menjadi Rasulullah dan harus menyebarkan Islam kepada sekitar 365 suku Musyrikin di semenanjung Arab. Suku tersebut telah menunjukkan sikap permusuhan terhadap kaum Muslim. Nabi Muhammad mengeluarkan "kode etik yang berbeda untuk para pejuang Islam" yang meliputi: tidak membunuh perempuan, anak-anak atau orang tak bersalah ini termasuk pertapa, biksu atau pemimpin agama lainnya yang dianggap warga sipil; tidak membunuh ternak atau hewan lainnya; tidak boleh membakar atau perusakan pohon dan kebun, dan tidak merusak persediaan air. Bisa dilihat, bahwa Islam bukan agama penuh kekerasan (perang fisik), melainkan agama penuh dengan kedamaian yang menyerukan kebenaran Allah dan yang ma’ruf atau memperjuangkan yang hak dan mengutuk kezhaliman. Berkenaan dengan masalah seperti itu, Allah Ta’ala pun sudah membuat pemisaan yang jelas di dalam al-Qur’an sikap yang perlu diambil dalam menghadapi non Muslim yang tidak memerangi dan yang memerangi. Jadi jelaslah, bahwa budaya Islam sangat menjunjung tinggi keberadaan makhluk Allah dimuka bumi ini, sehingga benarlah jika islam merupakan rahmatan lil ‘alamin.

Kepeloporan dan keunggulan umat Islam sudah dimulai dari abad ke-7 M dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan seperti: ilmu jenis bangunan, ilmu optik, ilmu pengukuran dan pemetaan, ilmu navigasi, dll.. Tetapi disayangkan bahwa kemajuan-kemajuan itu tidak sempat ditindaklanjuti dengan sebaik-sebaiknya sehingga tanpa sadar umat islam akhirnya melepaskan kepeloporannya. Lalu bangsa barat dengan mudah mengambil dan mentransfer ilmu dan teknologi yang dimiliki dunia Islam. Sebagai contoh, kemajuan teknologi dalam dunia kedokteran juga patut kita apresiasi secara kritis. Proses cloning (bayi tabung) telah mendapat tanggapan beragam dari para ulama, sebagian agamawan menolak fertilisasi in vitro pada manusia karena mereka meyakini bahwa itu artinya mempermainkan Tuhan sang pencipta atupun menganggap “intervensi” karya Illahi. Professor Abdulaziz Sachedina dari Universitas Virginia mengemukakan bahwa Allah adalah kreator terbaik.manusia bisa saja melakukan intervensi dalam pekerjaan alami termasuk pada masalah bayi tabung, namun perlu diingat, Allahlah Sang pemberi hidup. Disinilah Islam sebagai agama paripurna yang mampu memberikan petunjuk kepada manusia. Ini tidak terlepas dari karakter agama Islam sebagai rahmatan lil ‘alamin yang sampai kapan pun akan menjadi penerang bagi umatnya.
Nama: Eva Uliya.N(0801690/IPS)

Menurut saya artikel tersebut sangat bagus karena dapat menambah wawasan kepada kita tentang keadaan islam yang pada saat ini banyak pandangan yang salah (salah persepsi)terhada islam tersebut,sehingga ketika kta mengetahui bahwa persepsi itu salah kita bisa meluruskan.
mengenai salah satu pandangan terhadap islam yang dikatakan teroris saya sangat tidak setuju karena pada dasarnya islam bukanlah suatu agama yang mengajarkan tentang teroris tersebut,saya memang tidak sepenuhnya menyalahkan seseorang yang berpandangan islam itu teroris karena memang pada dasarnya para teroris tersebut mengatasnamakan islam dengan alasan jihad,akan tetapi harus kita ketahui dalam islam jihad itu bukan seperti itu, jihad itu banyak macamnya contohnya perjuangan seorang ibu pada saat melahirkanpun itu bisa dikatakan jihad,atau menahan hawa nafsupun bisa dikatakan jihad jadi kita bisa melakukan jihad tanpa harus melukai orang lain,dari hal tersebut dapat kita simpulkan bahwa terdapat kesalahfahaman dalam konteks jihad.
VIALIN HARDIANI mengatakan…
Nama: VIALIN HARDIANI
Kelas: Matematika/6
Nim: 0802134
Assalamualaikum Wr.Wb.
Menurut saya tentang artikal tentang 5 persepsi yang salah tentang islam yaitu penggunaan cadar/jubah memang baik sekali untuk wanita muslim, akan tetapi penggunaan cadar/jubah merupakan budaya wanita arab atau ciri khas wanita arab. Kewajiban wanita muslim memang harus menutup auratnya dan ini terkandung dalam Al-quran pada surat Al-a’raf ayat 26-27 dan Annur ayat 31, dan setahu saya bahwa yang bukan aurat wanita yaitu telapak tangan atau wajah. Jadi tidak di wajibkan untuk wanita muslim untuk menggunakan cadar/jubah akan tetapi diwajibkan oleh wanita muslim untuk menutup aurat nya sesuai dengan ketentuan yang ada. Muslim dan Arab tidak sama, islam memang pertama kali muncul ada di Negara Arab. Tapi bukan berarti bahwa pengertian muslim sama dengan Arab, muslim merupakan orang yang memeluk agama islam sedangkan Arab merupakan suatu Negara yang dimana masyarakatnya mayoritas beragama islam. Berperang memang identik dengan kekerasan, akan tetapi islam merupakan agama yang tidak mengajarkan kekerasan, walaupun dulu dalam menyebarkan agama islam dengan berperang tetapi umat islam memiliki kode etik dalam berperang yang telah di sampaikan nabi kita Nabi Muhammad S.A.W. dengan kata lain berarti bahwa budaya muslim lebih manusiawi ketimbang budaya barat karena Orang muslim lebih dapat menghargai dan menghormati sesama. Dan tidak adanya pemaksaan untuk masuk islam ataupun kekerasan dengan sesama. Ajaran pada agama islam sudah sesuai dengan ketentuan-ketentuan atau aturan-aturan Allah S.W.T. Agama Islam merupakan agama yang satu-satu nya diakui oleh Allah S.W.T Islam akan membawa kita ke jalan yang benar dan tidak mungkin Islam terjebak dalam abad kegelapan. Dari 5 persepsi yang salah tentang islam tersebut sebenarnya hanya kesalahpahaman orang-orang tentang ajaran agama islam. Mereka salah mengartikan ajaran islam yang sesungguhnya, mereka mempelajari dan memahami islam belum sepenuhnya sehingga dapat menimbulkan perspektif yang berbeda-beda dengan sesungguhnya. Hal ini dapat menghancurkan atau memecahbelahkan islam.
Wassalamualikum Wr.Wb
Fathur_21 mengatakan…
Fathurrahman (0803270)Matematika

Masyarakat Barat telah memiliki visi yang telah terdistorsi mengenai Islam sejak masa terjadinya Perang Salib. Sejak itu, mereka yakin bahwa Islam adalah agama yang penuh kekerasan dan fanatisme yang ditegakkan dengan pedang. Ini tidak benar. Al-Quran adalah dokumen yang pluralis, yang menunjukkan penghargaan yang besar terhadap tradisi utama yang lain. Al-Quran mengajarkan umat muslim untuk menghormati orang lain. Di sana juga ditegaskan bahwa tidak boleh ada paksaan dalam urusan agama. Tetapi perlu diketahui bahwa pandangan orang Barat akan Islam berkembang ketika umat Kristiani berperang dengan brutalnya dalam Perang Suci atau Perang Salib, melawan muslim. Mereka memproyeksikan kekhawatiran mereka-yang selama ini terpendam-tentang perilaku mereka sendiri terhadap lawannya. Tetapi gambaran yang tidak benar yang masih dipercayai oleh orang Barat ini masih terpancar melalui mediaDampak dari kesalahan persepsi ini adalah bahwa gambaran akan kekerasan dalam Islam yang telanjur menjadi salah satu gambaran yang diterima masyarakat Barat. Banyak orang tidak mengujinya terlebih dulu. Peristiwa seperti yang terjadi pada 11 September lalu seolah membenarkan pandangan ini. Tragedi itu membuat banyak orang berprasangka bahwa Islam adalah musuh peradaban dan harus diperangi seperti saat Amerika memusuhi Soviet. Ini sudah menjadi urusan yang sangat berbahaya. Memang banyak orang Amerika sekarang ini berjuang untuk mendapatkan gambaran akan Islam yang benar. Tetapi tingkat ketidaktahuan mereka (tentang Islam) juga masih sangat besar dan masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk mengatasi itu.
erma erpina mengatakan…
Nama: erma erpina
Nim: 0806013
Kelas:ipa
1. Assalammualaikum wr.wb
Menurut saya soerang muslimah adalah seorang yang mau menutipi auratnya sesuai yang dianjurkan oleh syariat islam yang di mana aurat seorang muslimah apabila ketika ia mulakukan sholat yang boleh terbuka hanya muka dan telapak tangan, sedangkan di luar sholat semua auratny harus tertutup, tapi bukan berarti harus mengenakan jubah karna jubah hanyalah suatu budaya orang arab. Lagipula dengan kita menutup aurat dapat mungurangi terjadinya pelecehan sexsual, dengan cara ini agama islam memuliakan seorang wanita karna wanita adalah perhiasan yang sangat berhaga.
2. sebenarnya kita tau agama yang paling aggung adalah agama islam bahkan kitab suci agama islam (al’lquran) merupakan kitab yang paling sempurna di antara kita-kitab yang lainnya, hal ini terbukti dengan adanya para tokoh-tokoh keristen yang banyak menggumi agama islam dan mempelajari agama islam. Dan selain itu bukan berarti agama Kristen mempelajari dan mengagungkan agama islam di karnakan oleh bapak pendiri AS, namun lebih tepatnya karna agama islam itu agama yang agung dan benar.
3. menurut saya persepsi yang mengatakan “muslim” berarti”arab” adalah salah karna tidak semua orang arab itu muslim contohnya orang kafir kurais mereka orang arab tapi mereka bukan orang islam. Dan tidak semua orang muslim itu orang arab contohnya di Indonesia tidak yang mayoritas islam.
4. menurut saya budaya muslim lebih manusiawi dari pada budaya barat pada dsarnya agama islam itu agama yang mencintai suatu perdaian can hal ini di ajarkan oleh nabi kita nabi Muhammad malaupun saat ini banyak terorisme-terorisme yang mengaku pembela islam, tapi dia tidak tau apa arti jihad di dalam islam. Hal itu kita harus lebih pintar untuk memilah dan memilih.
5. menrut saya pandangan seperti itu tidak benar karna pada kenyataannya agam islam adalah agam islam yang menciptakan ilmu-ilum pengetahuan seperti mereka menciptakn ilmu hitung-hitungan iljabar dan Ilmu kedokteran yang di ilhami dari al’qur’an, secara logika tidak mungkin seseorang yang menciptakan ilmu pengetahuan berada dalam kegelapan.
Fitri Indriyani mengatakan…
Fitri Indriyani (0803321/mtk/6)

Menurut Saya, artikel tersebut sangat menarik. Memberikan jawaban mengenai pandangan yang salah mengenai Islam. Khususnya yang dilakukan oleh umat non-muslim di Barat. Beberapa pandangan tersebut memang tak sepenuhnya salah namun tak sepenuhnya juga benar, bahkan bila dibiarkan, bisa mengundang masalah bahkan konfik terbuka antar kelompok muslim dan non-muslim. Dari mulai maslah kebuadayaan sampai ilmu pengetahuan memang banyak pandangan yang keliru, akan tetapi akan lebih baik bila kita memberikan jawaban lewat cara yang lebih intelek, bukan dengan cara membalas dengan kekerasan. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara sharing ataupun diskusi dengan pihak yang yang masih memiliki pandangan keliru tersebut. Namun perlu juga diingat, sebelum memberi pendapat atau jawaban, kita harus memiliki dasar pengetahuan dan pemahaman baik dari dalil Al-qur’an maupun teori-teori atau fakta yang terjadi. Agar kita tidak terjerumus dan malah memberikan pandangan yang lebih keliru bagi orang lain. Sehingga orang yang kita ajak sharing tersebut dapat memahami dan menerima kebenaran dengan hati legowo serta puas atas jawaban yang kita berikan.
ade rohma alfajri mengatakan…
Subhanallah walhamdulillah, artikel ini menambah khazanah bagi saya.
Menanggapi kesalahan persepsi dalam islam yang perlu diluruskan:
1. Wanita muslim harus memakai cadar
Yang perlu diperhatikan, kita harus mengetahui apakah pemakaian cadar memang diwajibkan oleh islam atau sekedar kebiasaan/budaya masyarakat. Pemakaian cadar dalam islam bagi muslimah tidak diwajibkan dengan alasan di jaman Nabi, beliau pernah menyaksikan wajah-wajah para muslimah dalam pertemuan-pertemuan umum di masjid maupun pasar tetapi Nabi tidak pernah memerintahkan agar mereka menutup wajahnya. Dalil Qs.An nur:30-31. Selain itu, cadar pada awalnya dipakai oleh bangsawan persia yang kemudian diadopsi oleh perempuan arab agar mereka dianggap terhormat seperti perempuan bangsawan persia tersebut. Jika pakaian seperti itu kemudian digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk memberikan citra buruk terhadap islam, akan sangat memprihatinkan. Sehingga perlu adanya pengetahuan dan pencermatan, apakah sesuatu itu berasal dari budaya atau ajaran agama agar dapat disikapi secara proporsional sebagai suatu yang harus dilakukan bukan sekedar pilihan.

2. Islam adalah satu-satunya agama yang paling toleransi. Karena islam sangat membenci kekerasan, permusuhan dan cinta akan perdamaian. Sebagaimana telah diperintahkan oleh Allah dan diajarkan oleh Nabi.

3. Arab tidak berarti islam, islam tidak berarti arab. Karena tidak sedikit dari orang arab yang berlaku tak manusiawi seperti orang jahiliah. Flashback kemasa lalu, bahwasanya arab adalah mayoritas kaum yahudi, jahiliah sebelum kedatangan Nabi. Baru setelah itu, islam masuk dibawa oleh Nabi dan terjadilah perubahan aqidah juga akhlak.

4. Jelas jawabannya adalah budaya muslim jauh lebih manusiawi daripada budaya barat. Karena apa ? Karena dalam hal berperang pun islam memiliki adab, mempunyai etika yang sangat manusiawi. Sungguh hebat bukan. Dalam keadaan genting sekalipun Allah sangat memperhatikan hambanya. Apakah hal serupa dimiliki juga oleh warga barat ? Sungguh, budaya islam jauh lebiH manusiawi karena islam adalah rahmatan lil'alamin.

5. Justru, islam berada pada abad kecemerlangan dan kejayaan. Sejak jaman Nabi, dari segala bidang ilmu muncul cendekiawan-cendekiawan muslim yang tidak diragukan lagi kecerdasan dan prestasinya. Selain itu, islam selalu berada pada titik kejayaan dalam memperluasan wilayah islam.
Islam selalu berada pada abad kecermelangan baik didunia dan akhirat karena islam adalah agama yang paling di ridhoi Allah SWT.
ade rohma alfajri mengatakan…
Pak, komentar diatas atas nama SRI ROHMAWATI/0806666/ IPA
Evy Nurul Farida mengatakan…
Nama : Evy Nurul Farida
Kelas : Bahasa
Semester : 6
Nim : 0801672

Assalamualaikum wr.wb
Artikel yang menarik untuk dibaca. Apa yang telah mereka tuliskan dalam artikel tentang 5 persepsi islam yang salah memang betul adanya. Tidak semua islam itu teroris dan tidak semua umat islam itu rendah di mata agama lain.
1.Islam memang mewajibkan para wanita untuk menutup aurat, tetapi tidak juga memaksakan untuk memakai jubah dan cadar yang terpenting bagian-bagian tubuh yang menjadi aurat mereka, mereka tutupi dengan sewajarnya misalnya : berkerudung, tidak memakai pakaian yang terlalu ketat, dan memakai baju yang menutupi aurat yang sewajarnya saja. Yang terpenting niat dari hati untuk menutup aurat bukan karena adanya keterpaksaan dan bukan hanya aurat yang ditutupi tetapi dari hati nya pun di tutupi agar tercipta satu kecantikan inner beauty.
2.Bapak pendiri AS tidak mau bertoleransi dengan agama islam. Saya sangat tidak setuju, islam merupakan agama suci, agama yang pertama di turunkan di muka bumi melalui Nabi Adam AS. Mereka tidak menyadari bahwa mereka telah di doktrin oleh agama Kristen agar membenci agama islam dan mengharapkan agama islam runtuh dan pengikutnya menjadi bodoh dan tidak maju.
3.Muslim berarti arab. Tidak semuanya orang yang muslim merupakan keturunan arab atau orang arab. Banyak di Indonesia yang merupakan muslim. Bagaimana orang meinterpretasikan pendapatnya masing-masing tentang hal tersebut. Tetapi menurut saya pendapat di atas salah. Muslim bukan berarti arab. Dan muslim tidak dapat dilihat dari keturunan atau dari luarnya tetapi dilihat dari keimanan dan ketaqwaan kepada ALLAH swt. Manusia tidak mempunyai hak menjudge muslim berarti arab, siapapun itu!
4.Budaya barat apakah lebih manusiawi daripada budaya muslim. Tidak benar, budaya barat lebih menyesatkan pada orang muslim. Tidak hanya orang muslim yang orang beragama lain pun akan merasa tersesat. Pembawaan budaya barat yang di sebarkan oleh mereka akan berdampak negatif kepada manusia-manusia yang lain.
5.Apakah islam terjebak dalam abad kegelapan. Saya menjawab tidak. Islam mengajarkan manusia dari zaman kebodohan (jahiliyah) menjadi zaman kepintaran (globalisasi) melalui wahyu-wahyu yang diberikan ALLAH SWT . Perubahan zaman itu terjadi karena manusia diberikan akal oleh ALLAH SWT tinggal bagaimana cara manusia itu menggunakan akal yang diberikan ALLAH dengan sebaik-baiknya untuk memajukan dirinya sendiri baik dalam pengetahuan, pendidikan, cara pandang,dan lain sebagainya. Demi memajukan agama islam dari segi hal yang positif dan tidak luput dari ketaqwaan kita kepada ALLAH SWT, Allah yang telah menciptakan bumi segala sesuatu yang ada dibumi.. Subhanallah…
Terimakasih…..
elin kusmawati mengatakan…
Elin kusmawati/ 0801680 / IPA

AssLamu'alaikum. . . .

Artikel yang sangat bagus, , setelah membaca artikel tersebut semoga tidak ada lagi salah persepsi tentang ajaran islam yang sebenarnya. Islam adalah agama yang sangat sempurna. islam sanagt menghormati kaum perempuan, kita patut bangga karena kita sebagai perempuan sangat di hormati&dilindungi dalam ajaran islam.
elin kusmawati mengatakan…
Elin kusmawati/ 0801680 / IPA

AssLamu'alaikum. . . .

Artikel yang sangat bagus, , setelah membaca artikel tersebut semoga tidak ada lagi salah persepsi tentang ajaran islam yang sebenarnya. Islam adalah agama yang sangat sempurna. islam sanagt menghormati kaum perempuan, kita patut bangga karena kita sebagai perempuan sangat di hormati&dilindungi dalam ajaran islam.
elin kusmawati mengatakan…
Elin kusmawati/ 0801680 / IPA

AssLamu'alaikum. . . .

Artikel yang sangat bagus, , setelah membaca artikel tersebut semoga tidak ada lagi salah persepsi tentang ajaran islam yang sebenarnya. Islam adalah agama yang sangat sempurna. islam sanagt menghormati kaum perempuan, kita patut bangga karena kita sebagai perempuan sangat di hormati&dilindungi dalam ajaran islam.
elin kusmawati mengatakan…
Elin kusmawati/ 0801680 / IPA

AssLamu'alaikum. . . .

Artikel yang sangat bagus, , setelah membaca artikel tersebut semoga tidak ada lagi salah persepsi tentang ajaran islam yang sebenarnya. Islam adalah agama yang sangat sempurna. islam sanagt menghormati kaum perempuan, kita patut bangga karena kita sebagai perempuan sangat di hormati&dilindungi dalam ajaran islam.
izharul mengatakan…
izharul faridz (0801751)
menurut pendapat saya,kesalahan perspektif tentang islam ini memang di buat secara sistemic oeh orang-orang kafir untuk menjatuhkan citra islam. hal ini disebabkan karna mereka khawatir jikalau islam diterapkan secara kaffah dan koherensif akan menekan eksistensi ummat lain di luar islam, karna islam mempunyai acuan untuk menjalankan tatanan kehidupan secara keseluruhan dengan baik untuk menciptakan gaya hidup penuh rahmat atau kebaikan bagi seluruh alam seperti yg pernah terjadi dimasa keemasan islam pada saat khulafaurr rayiddin serta perkembangan pesat kemajuan zaman pada saat itu khususnya spanyol (di eropa) dmana benar-benar spanyol telah mebuka mata eropa tentang kesalah fahaman mereka dalam mempelajari ilmu pengetahuan. sehingga orang-orang eropa pun kini memunculkan citra buruk tentang islam kepermukaan kepada islam supaya islam jatuh dan dipandang buruk...
wallahu 'alam bishawwab...
correct me if i wrong...........
NANANG SUMARNA mengatakan…
Nanang Sumarna (0802090/IPA)

Pandangan keliru terhadap islam yang dilakukan oleh orang barat bukan sajaterjadi di masa sekarang, namun telah lama berkecamuk dan menjadi satu cap yang “jelek” terhadap Islam itu sendiri. Namun melalui tulisan ini, dijelaskan sedikitnya lima pandangan keliru mengenai islam yang coba dibeberkan kebenarannya. Tentu tak bisa kita pungkiri banyak hal yang berbeda antara orang-orang muslim dengan non-muslim diantaranya mengenai masalah social, budaya, politk dan iptek. Selain lima hal di atas, tentu masih ada pandangan-pandangan lain yang berkaitan dengan Islam namun salah diartikan oleh orang-orang barat. Menjadi kewajiban bagi seorang muslimlah, untuk meluruskan pandangan-pandangan keliru tersebut. Hal tersebut telah diajarkan oleh rasul lewat hadist-nya yang berbunyi “katakanlah walaupun hanya satu ayat”. Hadist tersebut mengandung banyak makna, termasuk di dalamnya meluruskan pandangan-pandangan yang keliru mengenai ajaran Islam dan hal-hal lainyang berkenaan dengan islam itu sendiri. Agar tidak ada lagi stigma miring tentang islam dan umat islamnya.
RITA R.S.D mengatakan…
RITA ROSITA SRI DEWI (0804709/MTK)

Menurut pendapat saya bahwa pandangan-pandangan Barat mengenai Islam memang banyak yang keliru,bukan hanya terbatas pada lima hal yang tersebut dalam artikel ini. akan tetapi hal ini harus diluruskan agar pandangan-pandangan masyarakat non-muslim khususnya di Barat dapat mengetahui kebenaran mengenai Islam,karena sesungguhnya Islam merupakan agama yang di ridoi allah. setelah diterangkannya kebenaran dari pandangan-pandangan tersebut, diharapkan stigma buruk terhadap islam atau muslim dapat terhapuskan, dan seluruh umat manusia dapat hidup dengan damai tanpa adanya perbedaan status beragama.
Anonim mengatakan…
ratna pratidina (0802083) IPA
menurut pendapat saya seorang wanita muslim tidak harus memakai wanita jubah atau cadar karena sesungguhnya wanita muslim itu tidak dilihat dari ia bercadar tapi dilihat dari etika dia dalam pergaulan atau berperilaku maksudnya seorang wanita yang memahami mana yang boleh atau tidaknya dalam pergaulan yang sesuai dengan ajaran islam.tapi alangkah baiknya bila seorang waniita menutup auratnya yaitu memakai kerudung dan berpakaian sopan.disamping itu islampun tengah dipengaruhu oleh masuknya budaya-budaya barat seperti banyaknya aliran-aliran yang islam yang menyesatkan dan menyesatkan dan kehidupan budaya barat yang tidak sesuai dengan ajaran islam.
Anonim mengatakan…
Nama : Endah Trina Novita
NIM : 0803257
Kelas / Semester : Bahasa / 6

Assalamualaikum
Menurut saya, tentang artikel ini amatlah bagus karena menambah pengetahuan kita dalam memahami agama islam. Salah satu hal yang menarik bagi saya adalah pada saat wanita muslim harus memakai Cadar, Cadar merupakan salah satu kebudayaan arab. Hal itu menurut saya tidaklah wajib karena dalam islam wanita muslim khususnya kita yang bertempat di Indonesia masih harus banyak yang dibenahi dalam masalah Agama.
Terima Kasih
Anonim mengatakan…
FIKA DESIYAWATI ( 0802082 / IPA )


Saya sangat setuju sekali dengan artikel ini, begitu bnayak sekali penyimpangan terhadap islam pada dewasa ini. dan menurut saya menggunakan cadar bukan lah suatu ajaran yang diwajibkan dari agama islam, melainkan suatu budaya. islam hanya mewajibkan seorang wanita muslim menggunakan pakian yang menutupi aurat, muka dan telapak tangan bukan lah aurat dr seorang muslim perempuan jd tidak lah wajib d tutupi. seorang kristen atau non muslim memang sabaiknya juga menggunakan pakaian yang di anjurkan oleh agama nya, tidak menggunakan pakaian yang tidak sopan.
persepsi tentang islam itu arab memang masih sangat melekat pd masyarakat umum nya, sering kali kita menganggap ara adalah bangsa muslim tapi pada kenyataannya sebagian besar penduduk arab bukanlah muslim. hal itu di karenakan ketidak tahuan masyarakat pada umumnya, dan tidak memahai ajaran agama islam yang sehingga menganggap islam itu agama teroris. padahal menurut saya islam hanyalah sebagai kambing hitam dari oknum-oknum yang ingin memecah belah antar agama, mereka mengadu domba memecahbela kerukunan antar agama dengan perbuatan-perbuatan yang tidak terpuji dan tidak manusiawi.
menurut saya budaya barat lah yang lebih tidak manusiawi.
Nining Yulianingsih mengatakan…
Nining Yulianingsih
0804708
Bahasa

Assala,ualaikum.Wr Wb
Artikel di atas sungguh mengejutkan bagi saya.
1. wanita muslim tidaklah harus bercadar karena telah di jeladakan bahwasannya bercadar itu hanya budaya orang arab. namun wanita islam dalam Al-Qur'an pun telah di jelaskan bahwasannya wanita islam itu di wajibkan menutup auratnya itu semua anggota tubuh terkecuali telapak tangan dan muka.
2. bapak amerika serikat tidak mau bertoreransi pada islam. saya tidak setuju.
ingat Agama yang di ridoai oleh Allah adalah agama islam, nabi pertama adalah nabi adam dan yang terakhir adalah nabi muhamad, dan dalam agama islam itu tidak ada kekerasaan, adapun teroris yang sekarang lg di bicarakan mereka bukanlah orang islam melainkan orang yahudi yg mengaku islam karena mereka ingin menghancurkan islam dan ingin menjelek-jelekan islam dengan cara menjadi teroris yang mengaku islam padahal bukan.dan sayangnya orang kristen tidak sadar bahwa mereka sudah di doktrin oleh orang2 yahudi untuk menghancurkan islam.
3. islam berarti arab.
saya kurang setuju karena bukan berarti arab itu islam dan islam itu arab, karena islamnya seseorang bukan berarti turunan melainkan keteguhan dan keyakinan dari hati pribadi seseorang.
4. budaya muslim lebih manusiawi dari pada budaya barat karena orang barat banyak sekali menurunkan arah-arah yang negatif, beda dengan orang muslim. orang musdlim membawa ke arah yang positif.
5.islam terjebak dalam abad kegelapan, saya sangatlah tidak setuju karena islam dari zaman kegelapan menuju zaman terang benerang,karena pedoman orang islam itu Al-Quran dan hadist. kejadian2 yang terjadi di dunia ini sudah tertera di Al-Qur'an.
Anonim mengatakan…
Devi Destiana (0801691) Matematika

Artikelnya menarik dan menambah pengetahuan serta wawasan mengenai islam yang sebenarnya, akan tetapi perlu di sertakan dalil yang mendukung mengenai persepsi yang salah tentang Islam tersebut. adapun komentar dari artikel ini adalah timbulnya persepsi yang salah tentang Islam berasal dari seseorang yang tidak mengerti akan agama islam yang sebenarnya. sebagaimana kita ketahui agama Islam merupakan agama yang sempurna bukan agama yang menjadi sorotan akan hal-hal yang negatif. adanya perbedaan merupakan keindahan akan agama islam karena dari situ kita belajar dan mencari kebenaran akan islam yang sebenarnya, oleh karena itu kita sebagai umat islam harus senantiasa mempertebal iman kita agar tidak terjerumus pada persepsi yang salah tentang agama Islam.
Siti Amiroh 0801659 MTK mengatakan…
Siti Amiroh 0801659 MTK
Agar tidak terjadi kesalahan persepsi maka sebagai seorang muslim kita harus lebih giat lagi dalam mencari ilmu dan meluruskan persepsi yang salah. jangan sampai sebagai seorang muslim tidak tahu apa itu islam dan sejarah islam. pokoknya kita sebagai seorang muslim jangan bosan-bosan mencari ilmu karna hukum mencari ilmu wajib.
Anonim mengatakan…
Dian marlianti (0803265)/ bahasa
Setelah saya membaca dan menganalisis isi artikel tentang 5 persepsi yang salah tentang ajaran islam tersebut saya memberikan apresiasi yang luar biasa terhadap penulis karena isi artikelnya luar biasa dan kadang kita tidak pernah terpikir .terhadap mispersepsi tersebut, dan dapat saya simpulkan bahwasannya masih terdapat persepsi-persepsi lainnya yang salah yang terkadang kita tidak menyadarinya.
Menurut saya, persepsi-persepsi yang salah tersebut harus segera diluruskan dan diklarifikasi kebenarannya karena menurut saya banyak pihak-pihak yang tidak menyadari kesalahan persepsi tersebut atau malah membenarkan persepsi yang salah tersebut.
Ini merupakan tugas bersama, tugas para pemuka agama,para pendidik dan pihak lainnya untuk meluruskan persepsi yang terlanjur di anggap benar ini oleh masyarakat kita.
Dian Mayasari
0806135
Bahasa
Subhanallah, bagus sekali artikelnya karena dapat membuka mata saya mengenai hal-hal tentang Islam yang ternyata dipersepsikan salah oleh orang non muslim. Sebagai contoh : Islam sangat menghargai wanita. hanya saja wanita yang tidak berjilbablah yang tidak menghargai dirinya sendiri dan tidak mencerminkan dirinya sebagai seorang muslim. selain itu, banyak para pembesar non muslim yang kagum pada ajaran atau hukum Islam, dan pada kenyataannya banyak muslim itu sendiri yang tidak memahami, tidak menjalankan dan dan bahkan tidak menghargai agamanya sendiri. intinya untuk mengatasi kesalahan persepsi tersebut, hendaknya setiap muslim harus memahami, menjalankan, menghargai dan menjaga ajaran-ajaran Islam.
Siti Fatimah 0801668 IPA mengatakan…
Siti Fatimah 0801668 IPA
dari artikel yang telah dibaca, ternyata banyak hal yang keliru dari setiap sudut pandang yang kita miliki, mengenai pemakainan cadar contohnya pada artikel pertama ini tentulah kita sesuaikan pula dengan dimana kita berada karena itu sebuah budaya dari bangsa Arab sendiri, dan untuk lebih jelasnya mengenai ini lebih baik mengacu pada apa yang telah diperintahkan oleh Islam.
kemudian, untuk yang kedua. terkadang kita menilai seseorang dari latar belakang mereka, padahal pola pikir orang akan berbeda satu sama lain,
kemudian yang ketiga, dalam hal ini tentulah kita tidak bisa melihat sesuatu dari satu sudut pandang saja.
kemudian yang ke empat, Islam dalam mengatur segala sesuatunya dengan adil dan dengan tata cara yang baik.
yang ke lima, pada dasarnya Islam yang merubah peradaban bukan harus mengikuti zaman,, karena banyak hal yang kurang baik dan tidak sesuai dengan syari'at Islam.
untuk itu alangkah lebih baiknya, dalam menyikapiperbedaan pendapat n kesalahan persepsi. kita jangan langsung memvonis sesuatu dari satu sudut pandang saja.
Firman mengatakan…
Firman Firdaus 0802094 (Bahasa 6)
Alhamdulilah pak telah menyediakan artikel yang sangat menarik untuk di baca. menurut saya tentang artikel 5 persepsi yang salah itu tidak benar. karena islam itu sebenarnya telah mengatur masalah itu semua dalam Al-Qur'an dan hadist adapun menurut mereka itu salah karena mereka tidak terbiasa dengan aturan itu. seperti contohnya wanita yang memakai cadar, setahu saya ccadar itu merupakan suatu kebudayaan dari arab, yang pasti islam itu sendiri menganjurkan untuk menutup aurot untuk wanita. dan untuk terorisme itu sendiri mungkin karena masyarakat AS saja yang tidak mau tersaingi karena adanya pemberontakan dan melemparkannya ke kaum muslimin.
terima kasih.
Destiana mengatakan…
DESTIANA (0802079) BAHASA

Dari artikel yang telah saya baca ternyata banyak persepsi yang salah tentang islam. Entah tujuannya untuk apa. Apalagi mengklaim bahwa muslim dari seluruh dunia 10 % adalah teroris.Saya sangat tidak setuju, jangan kaitkan islam dengan teroris.Karena islam itu mengajarkan kedamaian, kasih sayang, bukan kekerasan. Jikalaupun ada seorang muslim yang melakukan kekerasan mungkin dia belum memahami bahwa Islam tidaklah mengajarkan kekerasan.Yang jelas sebenaranya bagaimana kita sebagai muslim menanggapi persepsi-persepsi dari luar yang kurang baik dengan lebih bijaksana dan berhati-hati dari segi ucapan maupun perbuatan. Dikhawatirkan mereka hanya mncari kelemahan orang muslim dengan cara seperti itu.Kini Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan fatwa haram terhadap terorisme. Seperti tertuang dalam keputusan fatwa MUI No. 3 tahun 2003 tentang terorisme. MUI dalam fatwa tersebut menjelaskan, jihad bukanlah terorisme dan terorisme bukanlah jihad. Karena itu, MUI mendukung usaha pemerintah dalam mencegah tindakan terorisme. Kendati begitu, MUI juga menolak keras adanya stigmatisasi Islam dengan terorisme. Stigmatisasi Islam dengan terorisme, tegas MUI setali tiga uang dengan bentuk terorisme yang ditujukan pada umat Islam. Jelaslah, MUI saja menerangkan bahwa mengharamkan terorisme.Adapun “Opini yang dibangun mengaitkan Islam dengan terorisme harus diubah. Pendiskriditan ini merugikan umat Islam dan perlu diwaspadai sebagai bentuk gerakan anti Islam,” ujar Ketua MUI Jawa Timur KH. Abdusshomad Buchori dalam Halaqah Penanggulangan Terorisme di Masjid Al-Akbar Surabaya (28/11). Telah sangat jelas Ketua MUI pun berkata seperti itu karna dikhawatirkan adanya gerakan anti Islam yang hanya ingin menjatuhkan Islam.Di satu sisi menurut "Ma’ruf mengatakan terorisme dan radikalisme yang menjadikan Al-Qur’an dan Al-hadits sebagai dasar gerakan dipandang sebagai sangat tidak tepat, bahkan bisa dikatagorikan sebagai penyesatan ajaran Islam, sebagai pemahaman agama yang salah dan bertentangan dengan ajaran Islam sebagai agama rahmatan lil’alamin (rahmat bagi seluruh alam)".Menurut saya untuk itu menjadi tanggungjawab pemerintah, ulama, organisasi kemasyarakatan Islam dan para tokoh agama Islam untuk melakukan pelurusan pemahaman keagamaan yang haq (pemahaman Islam yang benar).

Rasulullah S.A.W bersabda maksudnya; “Orang-orang Yahudi berpecah kepada tujuh puluh satu golongan, orang–orang Nasrani berpecah kepada tujuh puluh dua golongan dan umat ku (umat Islam) berpecah kepada tujuh puluh tiga golongan semuanya masuk neraka kecuali satu. Para sahabat bertanya, siapakah kumpulan itu, Baginda menjawab, mereka ialah yang megikut apa yang aku berpegang kepadanya dan yang dipegang oleh sahabat ku”.

Hadis ini menjelaskan kepada kita bahawa umat Islam akan berpecah kepada berpuluh-puluh golongan yang semuanya menyeleweng dari ajaran Islam yang sebenar yang sesat dan jauh dari ajaran al-Quran dan Sunnah Rasulullah S.A.W.
Mas Hertina Rezki mengatakan…
Mas Hertina Rezki, IPA, 0801677

Assalamu'alaikum.wr.
artikelnya sangat menarik dan di dalamnya banyak pengetahuan yg belum saya ketahui sebelumnya. menurut saya, alangkah baiknya wanita islam menggunakan jubah dan cadar akan tetapi tidak salah juga bila seorang wanita muslim menggunakan jubah dan cadar. walaupun dalam Al-Qur'an surat Annur "Dan katakanlah kepada wanita-wanita yg beriman: Hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya kecuali yg biasa nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkkan khumur nya ke dadanya". di arab banyak wanita yang berjubah dan menggunakan cadar, akan tetapi wanita-wanita tersebut tidak semuanya beragama islam. mereka menggunakan jubah dan cadar dikarenakan iklim di negara tersebut.

saya tidak setuju dengan pernyataan bapak pendiri Amerika, karena islam bukan agama teroris!
islam merupakan agama yang sempurna. islam memiliki nabi muhammad saw yg merupakan nabi yg memiliki akhlak yang baik dan merupakan teladan bagi umat islam (pengikutnya). segala sesuatu yang dilakukan nabi muhammad baik perkataan dan perbuataan banyak dijadikan patokan hingga dijadikan sebagai sunnah dan hadist. sedangkan mereka para teroris hanya mengataskan agama islam, maksud mereka berjihad akan tetapi yg mereka lakukan malahan sesuatu yg menimbulkan dosa besar dan banyak merugikan orang lain.

islam bukan berarti arab, tidak semua penduduk arab beragama islam.

saya tidak setuju budaya barat jauh lebih manusiawi dibandingan dengan budaya islam. dalam artikel sudah jelas bahwasanya nabi Muhammad mengeluarkan "kode etik yang berbeda untuk para pejuang Islam" yang meliputi:

Tidak membunuh perempuan, anak-anak atau orang tak bersalah - ini termasuk pertapa, biksu atau pemimpin agama lainnya yang dianggap warga sipil;
Tidak membunuh ternak atau hewan lainnya;
Tidak boleh membakar atau perusakan pohon dan kebun, dan
Tidak merusak persediaan air.

pada intinya agama islam adalah agama yang sempurna dan selalu mengajarkan kebaikan! sunnah dan hadist yg ada ditunjang oleh ayat-ayat al-qur'an.
Anonim mengatakan…
Risa Nurfaoziah 0802076 Bahasa/6

Salah penafsiran terhadap sesuatu itu memang merupakan hal yang wajar, karena setiap orang memiliki sudut pandang yang berbeda-beda dalam memahami sesuatu. Tetapi jika melihat apa yang telah dibaca di artikel tersebut menurut saya mungkin itu adalah ulah orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang tentunya tidak mengenal Islam itu seperti apa yang sesungguhnya. Sehingga mereka memberikan persepsi dan pemahaman yang salah kepada orang lain tentang islam. Padahal kita tahu bahwa Islam merupakan agama yang damai, dalam islam jauh dari kekerasan, dan universal dalam arti mencakup semua aspek kehidupan, serta Islam juga sangat menghormati kaum perempuan.
Jadi kita sebagai seorang muslim harus terus banyak belajar tentang islam agar tidak ada lagi orang yang salah dalam memahami ajaran islam.
Anonim mengatakan…
RATIH/ 0801082/Bahasa
Alhamdulillah, setelah membaca artikel tentang 5 persepsi salah tentang islam ini pengetahuan saya bertambah tentang bagaimana islam itu sebenarnya,,dan sesungguhnya masalah peraturan islam itu semuanya telah ditetapkan dalam AL- Quran, dan itu semua tinggal bagaimana kita menerapkannya,
Tentang kewajiban wanita menutup aurat dengan cara memakai jubah dan menutup muka dengan cadar menurut saya itu salah satu budaya dari bangsa arab, dan setahu saya wanita menutup aurat yaitu seluruh badan kecuali telapak tangan dan wajah.
dari keseluruhan artikel yang saya baca sangat menarik untuk dibacs,,
terima kasih.
artikel ini sangat menarik untuk dibaca dan dipahami. kita selaku umat islam harus maengetahui siapa orng yang akan maenghancurkan islam dengan maengatsnamakan perbedaan yang ada. hanya orang-orang yang maemandang sebelah mata yang mengatakan bahwa islam adlah sebuah agama yang eksklusif atau tidak terbuka. isLam adalah agama yang cocok dalam segala hal kehidupan.
setelah saya membaca artikel ini, saya sangat tergugah hatinya untuk lebih mengetahui lagi tentang islam lebih jauh. islam adalah agama yang sangat indah. islam sangat mengutamakan kemslahatan umat. artikel ini sangat membantu untuk meningkatkan wawasan tentang islam. segala sesuatu yang telah ditetapkan oleh isdlam adalah semata-mata untuk kebaikan orang banyak. dampak positifnya pun kaita yang mearsakan. salah satunya dengan perintahh maenutup aurat bagi perempuan. denagn menutup aurat maka seorang perempuan dapat terhindar dari segala bahaya yang dapat dirtimbulkan dari mengumbar aurat. tentang masalah islam dianggap teroris adalah hanya perbuatan oknum-oknum yang ingin memecahbelah islam. Jadi kita sebagai seorang muslim harus terus banyak belajar tentang islam agar tidak ada lagi orang yang salah dalam memahami ajaran islam. untuk itu alangkah lebih baiknya, dalam menyikapi perbedaan pendapat n kesalahan persepsi. kita jangan langsung memvonis sesuatu dari satu sudut pandang saja.
Nilla Rusiana mengatakan…
Nilla Rusiana IPA (0802126)Sebenarnya konflik dan ketegangan yang terjadi (atau dan sedang terjadi) antara Barat dan Islam selama ini merupakan kasus yang mengakar pada sejarah masa lalu dari kedua peradaban tersebut, sehingga mengakibatkan masing-masing saling mencurigai dan berusaha mengontrol satu satu sama lain. Islam menuduh Barat tidak pernah bisa memahami Islam atau mempelajari nilai-nilainya (Values) sehingga konsekuensinya selalu membawa hubungan mereka kedalam lokus yang akondusif, disamping menyebabkan terkurungnya hubungan mereka dalam sirklus emosi yang tinggi. Sebaliknya, Barat menuduh Islam sebagai agama yang eksklusif dan tertutup, bahkan agama yang rentan dengan tindak kekerasan, seperti terorisme dan semacamnya. Sehingga, masing-masing saling mempertahankan identitasnya (Struggle for identify) dan akumulasi dari semua kasus tersebut diatas ialah makin menjauhnya masing-masing kubu (baca: peradaban) dari titik persamaan, dan sikap saling memahami demi untuk terbukanya jalinan partnership yang ideal, untuk membangun peradaban supermasif yang didasarkan pada keunggulan serta keluhuran masing-masing nilai jauh dari yang diharapkan.
Rosy Amalasari mengatakan…
Rosy Amalasari IPA (0801704)

Barat khususnya lagi AS senantiasa berupaya mencegah penyebaran Islam di dunia, dan untuk mencapai tujuannnya itu, mereka menggunakan segala cara, termasuk cara-cara yang tidak manusiawi maupun yang tidak bermoral. Di mana dituduhnya uamt islam sebagai terrorisme merupakan salah satunya, sementara tujuan kedua mereka adalah untuk menumbuhkan ketakutan dan keresahan di tengah bangsa-bangsa lain sehingga mereka tak bisa lagi memahami spritualitas Islam.
Dengan demikian, Barat dengan menuduh Islam sebagai ajaran terrorisme dan kekerasan berupaya memperlemah dan bahkan memusnhakan saingan berat Liberalisme. Sehingga mereka dapat memperluas kedigdayaan mereka atas dunia.
Kendati begitu, upaya untuk menampilkan wajah damai Islam bukan hal yang mudah. Mengingat saat ini banyak terdapat kelompok-kelompok sesat yang memanfaatkan nama Islam untuk melakukan aksi-aksi kekerasan dan terror. Sejatinya, tindakan kelompok-kelompok fundamentalis ini, ini bisa dijadikan bahan alasan bagi media Barat untuk menampilkan Islam sebagai agama terroris. Anehnya lagi, gerakan-gerakan fundamentalis semcam itu, ternyata justru didalangi oleh AS dan secara diam-diam didukung penuh oleh pemerintahan Barat.
Anonim mengatakan…
Nama/Nim: Iis ismi alami/0802123
Kelas/semester: Bahasa/6

subhanallah,,, artikel yang sangat bagus sekali, menambah wawasan sy utuk mengetahui tentang islam lebih jauh lagi.
- Menurut sy bagi pemeluk agama islam tidak selalu dilihat dari pakaian yang dipakainya sprti cadar atau niqob,smw itu disesuaikan atau tergantung dmn kita tinggal krn sbnarnya penggunaan cadar adalah sbuah budaya. jadi yang berbeda jelas bagi orang islam yaitu dalam pelaksanaan kewajibannya sebagai umat islam.

dilihat dari artikel ini ternyata banyak adanya kekeliruan. jangan pernah beranggapan atau menilai seseorang hanya dari latar belakangnya saja, karena sebenarnya pola pikir seseorang pasti berbeda-beda,
- dalam Islam sudah mengatur segala sesuatunya dengan adil dan sempurna serta sudah terdapat tata cara atau aturan dengan baik karena sudah dituliskan dalam al-qur'an.
- adanya perubahan zaman bukan berarti adanya perubahan peradaban dalam islam. adanya perubahan zaman itulah banyak hal yang kurang baik dan tidak sesuai dengan syari'at Islam.
Anonim mengatakan…
Nama : Novi Mahesa Dewi
Nim : 0803256
Kela : Bahasa
Menurut saya;
1.Jika anda adalah seorang wanita muslim, anda harus memakai jubah dan cadar. Pernyataan diatas menurut saya kurang tepat, walaupun wanita muslim tapi dalamhal berpakaian dengan memakai jubah dan juga cadar tidak diharuskan, yang lebih penting adalah tidak membuka aurat, lagi pula memakai cadar tergantung dimana tempat tinggal kita dan profesi yang kita jalankan. Terkadang di Indonesia sendiri jika ada perempuan yang memakai cadar itu terlihat aneh dikira teroris atau menganut aliran tertentu.
2.Bapak pendiri AS tidak mau bertoleransi pada Islam. Ada pernyataan bahwa Islam adalah teroris, jadi kemungkinan banyak opini yang dilontarkan orang bahwa bapak pendiri AS tidak mau bertoleransi pada Islam, tetapi pada kenyataannya pendiri-pendiri AS banyak yang mempelajari tentang Islam.
3.Muslim berarti Arab, orang yang berasumsi bahwa muslim berarti arab mungkin ia hanya sekedar mengetahui bahwa di negara-negara Arab mayoritas orang muslim. Tetapi pada kenyataannya orang arab banyak melakukan perbuatan yang tidak mencerminkan bahwa ia adalah seorang muslim.
4.Budaya barat apakah lebih manusiawi daripada budaya muslim? Banyak orang menyimpulkan bahwa Islam berkembang dengan cara melakukan kekerasan, jadi timbullah pertanyaan diatas. Islam bukan merupakan agama yang keras, akan tetapi Islam merupakan agama yang tegas, tegas dalam segala hal, karena apa yang dilarang dalam Islam itu harus dan wajib dipatuhi oleh umatnya, dan sebaliknya, apa yang diharuskan dalam Islam maka wajib dilaksanakan oleh umatnya dalam pengertian umat Islam itu sendiri.
5.Apakah Islam terjebak di abad kegelapan. Menurut saya tidak, karena seperti yang kita ketahui sains dan matematika tidak akan ada tanpa Islam, dan sebagai buktinya semua hal tentang dunia ada didalam Al-Qur’an.
Didin Diaudin/0803250/IPA
Ass
artikel ini sangat miris sekali, wajar ini terjadi karena yang selalu diekspose ke media adalah salah satu kesalahan manusia muslim yang mengakibatkan seluruh umat islam dan agama pun terbawa. Seharusnya media memberi informasi positif tentang islam, sehingga masyarakat pun menghormati umat islam dan informasi tersebut menjadi contoh yang baik untuk masyarakat. Seharusnya ini menjadi motivasi untuk kita untuk tetap hati-hati, janganlah kita pobia islam, pobia terhadap agama kita sendiri, sebarkan kebaikannya bukan kejelekannya yang diingat.
Devi Murdiana Putri mengatakan…
Nama : Devi Murdiana Putri
Nim : 0803263
Kelas : Bahasa

Assalamualaikum..
Setelah saya membaca artikel diatas wawasan saya terhadap islam bertambah. Dan ternyata banyak orang-orang dilain islam berpresepsi salah tentang islam.
1. mengenai cadar, ternyata cadar itu hanya budaya orang-orang arab dan tidak dianjurkan oleh islam, di dalam islam sendiri aurat wanita adalah seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan.
2. sebenarnya islam adalah agama yang rahmatan lil’alamin yang penuh kasih sayang, cinta damai dan toleransi, islam juga membenci kekerasan.
3. islam bukan arab dan arab bukan islam. Karena banyak juga orang islam yang tidakn tinggal di arab, termasuk indonesia yang hampir 200 juta muslim.
4. budaya muslim jauh lebih manusiawi dibanding budaya barat, jelas karena dalam islam sangat memperhatikan kasih sayang sesama makhluk hidup di seluruh dunia.
5. Islam terjebak dalam kegelapan, saya sangat tidak setuju karena islam sekarang masuk dalam zaman terang benderang sejak dipimpin oleh Nabi Muhammad SAW, karena berpedoman pada Al-Qur’an dan hadist.
terima kasih...
Nama/Nim : Elly Maisah/0802081
kls/smtr : Matematika/VI

Artikel ini menambah wawasan saya akan Islam, bahwa Islam mengajarkan bagaimana agar manusia menjadi unggul dan prestatif dalam semua aspek hidupnya; pribadinya unggul, prestasi kerjanya unggul, perilaku dan akhlaknya unggul, komunitas tatanan sosialnya juga unggul (khairu ummah), tujuan hidupnya juga unggul (Surga). Islam adalah sumber mata air dalam membangun interaksi horisontal dengan sesama manusia dan dalam menegakkan interaksi vertikal dengan Allah Ta'ala. Islam juga mata air yang cemerlang dalam berinteraksi dengan segenap makhluk dan alam semesta. Tidak ada suatu kebaikan pun, melainkan telah ditunjukkan dan diperintahkan oleh Islam. Dan tidak ada suatu kejelekan pun, melainkan telah diperingatkan oleh Islam agar dihindari. Pada totalitas ajaran Islam itulah kehadiran Rasulullah sebagai rahmat memiliki makna mendasar. Seluruh aspek ajaran Islam yang mencakup aqidah, syari'ah dan akhlak adalah rahmat. Ajaran Islam ditujukan untuk memelihara lima hal mendasar dalam hidup manusia; agama, jiwa, harta, kehormatan dan akal. Maka barangsiapa mengamalkan Islam secara kaffah (total), dia akan menjadi rahmat dan penebar keindahan bagi sesamanya.
Fitriani (1004519) matematika.
Sangat disayangkan melihat judul yang tertera pada artikel yaitu 5 persepsi salah tentang islam.
Jadi bertanya sendiri apakah memang islam memang terlihat salah di mata kaum yang lain.
Semua ini merupakan suatu renungan bagi kaum muslimin untuk menunjukan bahwa islam adalah agama yang membawa cahaya dan kedamaian.
Een suhenar (1004521)matematika
islam merupakan agama penyempurna dari agama yang sebelumnya. Islam pun merupakan agama yang membawa penerangan bagi kaumnya dan agama yang sangat menjunjung tinggi keadilan serta sangat mencintai kaum miskin,duafa,wanita jompo,wanita,serta anak yatim.
Jadi merupakan kesalahan besar apabila ada yang mengatakan bahwa islam memiliki hal2 buruk seperti yang disebutkan dalam artikel.
Selain itu islam adalah agama yang didalamnya mengajarkan berbagai ilmu pengetahuan,seperti yang kita ketahui dalam al-quran kita telah banyak diajarkan berbagai ilmu pengetahuan baik yang diajarkan di sekolah maupun yang belum kita pelajari.
Jadi patutlah kita berbangga menjadi kaum muslin yang telah dikaruniakan kesempurnaan didalamnya
Asih Purwati mengatakan…
Asih Purwati 0803275 Bahasa
Assalamualaikum,,
menurut saya artikel mengenai 5 persepsi yang salah tentang islam sangatlah menarik dan menguak lebih mendalam pengetahuan tentang islam, yang menarik bagi saya khususnya mengenai jilbab, seperti yang sudah kita ketahui bahwa wanita muslim diwajibkan untuk memakai jilbab, selain untuk menutup aurat jilbab juga berfungsi untuk melindungi. namun sebenarnya bukan muslim saja yang menggunakan jilbab, kristen pun menggunakan jilbab seperti biarawati. pengetahuan tentang islam sangatlah membantu saya dalam memahami bahwa betapa bersyukurnya saya terlahir sebagai muslim. saya juga belum memahami betul tentang islam. perlu banyaknya pengetahuan-pengetahuan seperti yang terdapat dalam artikel ini membantu memahami islam yang sesungguhnya.
Parta Kusmana mengatakan…
Parta Kusmana 0801655 IPA
Pendapat saya tentang 5 persepsi yang salah tentang islam memang snagat kontroversial. dimana semua itu orang yang menafsirkan saja yang salah. Jadi merupakan kesalahan besar apabila ada yang mengatakan bahwa islam memiliki hal2 buruk seperti yang disebutkan dalam artikel. memang hal ini tidak bisa dipungkiri dikarena kan pemahaman orang berbeda mengenai agama islam.
semoga kedepannya manusia bisa lebih selektif dalam berfikir,karena semua agama mengajarkan kebenaran.
Nurul Rafaela mengatakan…
NURUL RAFAELA (0803320) MATEMATIKA

Tanggapan saya mengenai artikel ini adalah bagus, menarik dan perlu untuk dikaji. andai saja saya tidak membaca artikel ini, mungkin saya sendiri akan terus terperangkap dalam persepsi yang salah tentang islam. ibroh yang dapat diambil adalah jangan mudah menerima persepsi, akan tetapi teliti dulu kebenarannya.
Rita Puspita Sri Dewi mengatakan…
RITA PUSPITA SRI DEWI (0803281) IPA

Menurut saya, artikel ini bagus. terutama untuk memberitahukan kepada masyarakat muslim awam khususnya, yang telah terjebak dalam persepsi yang salah tentang islam.bahwa Islam tidak serendah tidak sesadis seperti teroris yang mereka kira. justru islam itu indah, dan menghendaki kemudahan.
GINA LASTRIA mengatakan…
GINA LASTRIA (0803318/IPA)

Menurut saya pandangan-pandanan tersebut harus segera di luruskan agar permasalahan ini cepat teselesaikan, akan tetapi hal ini harus berlandaskan pada ilmu yang berhubungan dan berlandaskan pada al-quran dan hadis, karena segala sesuatu yang berhubungan dengan sesuatu apapun telah diatur di dalamnya. maka dari itu seorang muslimharus rajin-rajin berburu ilmu agar pandangan-pandangan masyarakat barat dapat berubah menjadi baik terhadap islam.
Yani mengatakan…
Yani Mardiani
0801665
Bahasa

Artikel ini memberikan saya pengetahuan, ternyata islam melindungi kaum wanita. ternyata masih ada kesalah pahaman atau persepsi. menurut saya di Indonesia budaya memakai cadar tddak sesuai, apabila di negara arab budaya memakai cadar memang sesuai. karna yang saya ketahui batas aurat wanita hanya wajah dan telapak tangan.
Assalamualaikum Wr, Wb.,

,, sungguh intrik yang sangat kotor dari orang-orang kafir yang selalu tidak senang dengan umat Islam,,mengapa demikian, karena sampai kiamat pun mereka tidak akan pernah suka dengan kemajuan yang dimiliki oleh Islam,,,apapun akan dilakukan oleh orang-orang kafir untuk meruntuhkan Islam tanpa memikirkan cara itu baik atau tidak !!!!

Oleh karena kita, sebagai umat Islam harus terus waspada terhadap propoganda yang dihembuskan orang-orang kafir karena ituh hanyalah fitnah belaka..

sebagai contoh, wanita islam harus bercadar dan berjubah, itu tidaklah betul, karena itu bukan ajaran Islam tapi adanya unsur kebudayaan masyarakat arab. dan hal itu pun disesuaikan dengan kondisi lingkungan arab juga yang memberikan kenyamanan.

contoh yang kedua muslim adalah arab, sungguh naif sekali,
padahal orang arab bukan berati islam semua dan harus dari arab,, contoh konkretnya saja, umat islam dengan penduduk terbanyak di dunia adalah Indonesia negara tercinta kita ini yang jauh sekali dari arab yang sulit ditemukan kesamaannya dalam aspek sosial dan budaya kecuali iman mereka yaitu Nabi Muhamad SAW yang hanya berkeyakinan kepada Allah

Allahu Akbar Allahu Akbar ...

Wassalamualaikum Wr. Wb.,
INA ROSTINA 0802085 mengatakan…
Menurut saya,, hal2 yang membuat pandangan islan kearah yang tidak baik, semua itu dilakukan oleh orang2 yang tidak bertanggung jawab,yang hanya ingin merusak makna islam yang sebenarnya...kita sebagai umat islam yang mempunyai keimanan dan ketakwaan harus bisa meluruskan berita2 yang menodai agama islam... sesungguhnya semua berasal dari ALLAH dan akan kembali pada Allah semata...
Anonim mengatakan…
a
Anonim mengatakan…
faturrohman 0801671 BAHASA
Assalamualaikum wrm.wrb
wallahu a'lam bis showab

Islam adalah keselamatan, rahmat bagi seluruh alam yang mengajarkan kasih sayang dan rasa hormat antar seluruh makhluk. Ajaran Islam tentang keselamatan dan kasih sayang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad kepada umatnya. Maka, orang yang menuduh Islam secara keseluruhan adalah teroris dan suka kekerasan adalah ahlul ghuluw (berlebih-lebihan dalam tuduhannya) yang tidak mengerti dakwah salafiyah. Dakwah salafiyah adalah dakwah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabatnya.
Dakwah salafiyah tegak diatas manhaj (jalan, metode, tata cara) Islam yang benar dan lurus, berdiri diatas dalil. Dakwah ini benar-benar mengagungkan As-Salaf Ash-Shalih (generasi terdahulu yang shalih), dari kalangan para sahabat dan tabi’in. Dakwah salafiyah menyeru kepada Allah, kepada ajaran Islam yang benar, seimbang dan adil. Menyeru kepada kelemah lembutan dan menolak kekerasan. Maka menuduh Islam sebagai terorisme adalalah dusta.
semoga allah swt meridhoi kita semua
menurut saya, hal2 yang membuat pandangan islam kearah yang tidak baik, semua itu dilakukan oleh orang2 yang tidak bertanggung jawab dengan tujuan untuk mengkambing hitamkan agama islam dengan hal2 yang tidak senonoh, yang hanya ingin merusak makna islam yang sesungguhnya. kita sebagai umat islam yang mempunyai keimanan dan ketaqwaan harus bisa meluruskan berita2 yang menodai agama islam. sesungguhnya semua berasal dari Allah dan akan kembali hanya pada Allah semata...
kholisotun nabawiyah mengatakan…
kholisotun nabawiyah
0802130
IPS

Assalamualaikum.wr.wb

setelah membaca artikel diatas, sangat menambah pnegetahuan dan baik sekali jika banyak muslim yang tahu.
mengenai cadar yang banyak digunakan oleh sebagian muslimah di dunia merupakan hal yang sangat berlebihan karena jelas dalam Al- Quran bahwa aurat seorang muslimah itu meliputi seluruh tubuhnya kecuali muka dan telapak tangan. Islam meruakan agama yang sangat mementingkan kehidupan setiap makhluk, jadi Islam merupakan agama yang cinta damai, penuh kasih sayang dan cinta damai.
Islam bukan arab dan arab juga bukan Islam karena di indonesia saja penduduknya mayoritas islam. dan di arab pun mungkin ada saja orang yang bukan Islam, jadi Islam tidak bisa diidentikkan dengan arab.
Islam agama yang membawa kebaikan serta kasih sayang antar makhuk hidup serta membawa manusia kepada jalan yang diridhoi Allah SWT.
Rizky Amaliah mengatakan…
Rizky Amaliah
0802129
Bahasa

assalamu'alaikum WR.WB
setelah saya membaca artikel tersebut sangat membantu saya untuk mengetahui tentang islam
islam memang sangat identik dengan kata teroris tapi tidak semua orang islam teroris dan bahkan mungkin islam bukanlah seorang teroris.hal tersebut hanyalah kamuflase bangsa yang sangat membenci islam.mereka hanya ingin memecah belah umat islam didunia.
untuk wanita yang mengenakan cadar sungguh sangat berlebihan sekali karena didalam islam pun telah dijelaskan bahwa wanita menutup aurat dari ujung rambut hingga ujung kaki kecuali muka dan telapak tangan. sesungguhnya islam itu bangsa yang cinta damai dan jangan pernah berpikir islam itu teroris karena sesungguhnya itu merupakan perkataan orang yang membenci islam karena islam merupakan bangsa yang cinta damai.
islam bukan arab dan arab juga bukan islam memang arab identik dengan islam akan tetapi banyak orang islam yang bukan arab.
Yuliyah mengatakan…
Yuliyah
0803258
IPA/6

sesungguhnya islam tidak seperti itu, itu hanyalah persepsi yang salah tentang islam yaitu datang dari orang-orang yang tidak mengetahui islam itu seperti apa sebenarnya,sesungguhnya islam akan selalu mengajarkan kebaikan terhadap umat manusia.
salah satu contoh dalam artikel ini mempersepsikan bahwa islam terjebak di abad kegelapan sesungguhnya anggapan seperti itu adalah salah besar karena dalam islam pun banyak ilmuan-ilmuan diantaranya: Ibnu Sina di bidang kedokteran,ibnu Yunus tokoh ahli dibidang fisika dan astronomi dan masih banyak lagi ilmuan lainnya dalam islam. Sehingga jelaslah bahwa islam tidak terjebak di abad kegelapan.
Kita sebagai umat islam harus jauh lebih cerdas dari orang-orang yang salah dalam mempersepsikan islam.
INDRA SYAMSURI A. (0801667/IPS/6)
Menurut saya artikel ini menunjukan bahwa banyak perkembangan islam selama ini yang sampai hanya setengah-setengah atau mungkin tidak sama sekali. Ada juga beranggapan bahwa islam dimata dunia adalah agama yang menjunjung tinggi terhadap segala sesuatu informasi oleh orang-orang yang dianggap pintar dalam agama. Menurut hemat saya segala sesuatu yang salah semoga menjadi pelajaran buat kita agar segala sesuatunya harus ada landasan yang berlaku dimana informasi itu bias dibenarkan oleh kaum muslim. Maka dari itu kita harus lebih teliti lagi terhadap persepsi yang ada pada islam dan berupaya mencari kebenaran yang sebenar-benarnya. Kerena islam adalah agama yang memeliki nilai-nilai kebenaran yang kuat dan berpedomankan pada Al-Quran dan Hadist. (komentar : Indra Syamsuri Abdurahman 0801667 Kons. IPS)
Anonim mengatakan…
DEWI YULIYANI 0801657 BAHASA
sangat mencengangkan membaca atrikel ini sungguh menarik dan membuka wawasan kita,
ada banyak sebetulnya persepsi yang salah yang seharusnya ditindak lanjuti kebenaran nya,,
sebagai seorang muslim kita hendaknya pintar memilih dan memilah artikel yang benar dan layak untuk di cari kebenaran nya
Anonim mengatakan…
Nama/NIM : Dwita Riyanti/0802080
Kelas/smt : Bahasa/6


Dalam Islam Perempuan memang di wajibkan untuk menutup aurat atau memakai kerudung dan dalam Al-Qur'an pun itu sudah dijelaskan. menggunakan cadar itu merupakan suatu budaya seperti di Arab Saudi perempuan-perempuan disana menggunakan cadar. Tidak ada larangan bagi kita para perempuan apabila ingin menggunakan cadar, jadi sah-sah saja.
Islam adalah agama yang di ridhoi oleh Allah, agama yang suci dan mulia. islam bukan berarti teroris, hanya segelintir orang saja yang salah mengartikan tentang jihad.
muslim berarti Arab, banyak sekali orang muslim yang tidak tinggal di Arab.
budaya muslim jauh lebih manusiawi di banding budaya barat, karena budaya barat hanya mencontohkan efek negatif.
orang-orang yahudi menganggap kita orang muslim sebagai domba-domba yang tersesat dalam kegelapan, saya tidak setuju karena Islam mempunyai penerang yaitu Al-Qur'an sebagai suatu pedoman hidup. justru merekalah yang tersesat dalam kegelapan, tesesat di jalan Allah. karena sesungguhnya Agama yang paling di ridhoi-Nya hanyalah Agama Islam.
Anonim mengatakan…
Tika Indriati(0801673) Bahasa SMT 6

Setelah membaca artikel ini saya banyak mengetahui tentang persepsi persepi islam seperti dalam mengunakan cadar,Memang dalam islam mewajibkan seorang muslim menutup auratnya,dari ujung rambut hingga ujung kaki kecuali muka dan telapak tangan tetapi dalam hal menggunakan cadar atau jubah tergantung pada budaya orang tersebut, karna menggunakan cadar dan jubah itu hanya merupakan kebudayaan islam saja.seperti di arab saudi.
Dan muslim berarti arab,persepsi itu menurut saya kurang tepat karena tidak semua muslim arab, walapun arab itu identik dengan muslim.
Anonim mengatakan…
Nita Rosita (0801654/IPA/6)
Assalamualaikum.wr.wb
Setelah membaca artikel di atas saya dapat menyimpulkan :

1. Menurut saya Masalah kewajiban memakai cadar adalah suatu kebiasaan atau budaya yang berasal dari Arab, pemakaian cadar sebenarnya tidak pernah diperintahkan oleh Allah SWT. menurut sepengetahuan saya, memakai cadar atau jubah dikalangan wanita muslim bukan suatu bentuk kebencian islam terhadap perempuan. Melainkan hal tersebut dilakukan atas dasar keinginan masing-masing individu dari perempuan itu sendiri, diantaranya untuk memberikan rasa aman terhadap diri mereka sendiri. karena dengan menggunakan cadar yang dapat menutupi bagian wajah atau jubah selain yang dapat menutupi lekuk tubuh yang merupakan aurat juga dapat meminimalisir gangguan yang mungkin diterima perempuan andai kata mereka hanya mengenakan kerudung yang masih memperlihatkan wajah mereka. selain itu pemakaian cadar seperti yang dilakukan perempuan arab salah satunya di landasi oleh tradisi bangsa Arab dahulu yang biasa bercadar bagi masyarakat tertentu.

2. Sebenarnya anggapan bahwa Bapak pendiri Amerika tidak mau bertoleransi kepada islam itu sendiri tidak berlandaskan pada fakta yang ada karena itu hanya merupakan dokrin dari oknum maupun kelompok tertentu yang tidak mengingin kan ada nya perdamayan antar agama karena oknum maupun kelompok tersebut hanya ingin merealisasikan kepentingan-kepentingan kelompok tersebut dan tidak menginginkan tegaknya kebenaran ( Agama Islam ).

3. Muslim ber-arti Arab
ini merupakan suatu persepsi yang salah akan pernyataan kebanyakan orang yang mengidentikan arab adalah muslim, menurut saya orang yang mengatakan demikian adalah orang yang memang memandang islam dari satu sisi saja tanpa mengetahui akan seluk beluk dari islam itu sendiri,atau hanya di karenakan tebawa oleh suasana dari lingkungan mereka yang tidak tagu apa-apa,yang mana mereka hanya menilai islam hanya dari klaim saja, mungkin kejadian ini jg akan terulang jika ada seorang anak yang bertanya kepada orang tuanya yang beragama non islam tentang ciri2 orang islam pastilah di jawab oleh oleh orang tua tersebut bahwa orang yang beragama islam dialah yang berjanggut. kesimpulanya adalah karena "yang mereka lihat adalah umunya... bukan buktinya.."

4. Budaya Barat Apakah Jauh Lebih Manusiawi daripada budaya Muslim ?
kata "bismilahirohmaniarahim" mungkin menurut saya sudah cukup untuk menjawab hal ini,
agama islam adalah agama yang manusiawi dan agama yang rohmatan lil alamin, serta agama yang penuh kasih dan sayayang yg menjunjung tinggi derajat yang yang tinggi di mata Allah SWT. jika ada yang berpandagan seperti itu, itu di karenakan mereka terbawa oleh isu yang beredar saat ini tanpa mau menyelami islam lebih dalam dan masuk kedalam dataran islam itu sendiri. orang islam adalah ibarat lebah, yang memberikan manfaat setiap yang ia jumpai tanpa memberi mafsadat, tp jika dia di ganggu dia akan melawan bahkan akan menyakiti yang menggangu, anggapan islam keras itu adalah kesalahan besar, islam bukanlah keras tapi tegas.. itulah alasan kenapa islam bisa menyebar ke seluruh penjuru dunia. dan ketegasan itu di buktikan dengan pedang di tangan.


5. Apakah Islam Terjebak di Abad Kegelapan

islam adalah agama yang terang benderang penuh dengan keilmuan, itu dibuktikan karena islam mempunyai kitab suci alqur'an yang penuh dengan keajaiban dan tekhologi bagi yang memahaminya, mana mungkin islam membenci kemajuan ilmiah.. sedangkan al-quran sendiri mewajibkan umat islam untuk mencintai dan mencari ilmu pengetahuan serta mengangkat derazat orang2 yg beriman dan berilmu..
isnaeni mujayanti mengatakan…
nama : isnaeni mujayanti
nim : 0802091
kelas : matematika
berbicara tentang islam, kita patut bertanya pada diri kita sendiri, apakah kita sudah menjalankan ajaran islam dengan baik?
isalam adalah agama yang universal, bukan radikal. memang banyak golongan tau kelompok yang menganggap islam itu salah, tapi apakah kiata harus berdiam diri jika ada yang menggangap islam itu adalah agama yang salah? mereka yang mengganggap islam itu agama yang salah adalah mereka yang tidak tahu dan mengenal islam yang sesungguhnya. islam merupakan rahmatan lil a'lamin, islam menuntun manusia menghindarkan hala-hal yang dapat menjerumuskan manusia ke lubang kenistaan, serta islam menuntun manisia untuk senantiasa berbuat kebaikan dan kebajikan. sesungguhnya islam itu indah, jadi berbahagialah kita sebagai umat islam
nurlela mengatakan…
nurlela,1004522,ipa/6
menurut saya artikel ini sangat menarik karena kita dapat mengetahui tentang bagaimana orang orang non muslim menanggapi orang orang muslim dan ternyata orang orang non muslim telah salah mengapersepsikan tentang islam yang diantaranya: bahwa wanita muslim harus memakai jubah dan cadar,bapak pendiri amerika serikat tidak mau bertoleransi pada islam,muslim berarti"arab",budaya barat jauh lebih manusiawi dari pada budaya muslim,islam terjebak pada kegelapan.
Anonim mengatakan…
Nama : Lia Nurlaila
Nim : 0801670
Kelas : Matematika
Semester : 6

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Menurut saya artikel ini sangat bagus sekali karena bisa menambah wawasan kita, khususnya para pembaca. Bahwa Al-Quran itu adalah petunjuk untuk seluruh umat manusia yang ada di muka bumi ini. Tidak ada keraguan di dalamnya. Dalam Al-Quran menceritakan kisah-kisah terdahulu dan kisah masa yang akan datang. Agama islam adalah agama yang benar menurut logika manusia. Agama islam itu Rahmatan Lilalamin pembawa rahmat untuk seluruh semesta alam. Orang Muslim itu bukan orang Arab, tapi orang muslim itu orang yang beriman kepada Allah SWT, dengan tuntunan hidupnya yaitu: Al-Quran dan Al-Hadits (Sunnah Rasul). Agama islam adalah agama yang menang dan jaya, agama islam itu agama yang memberi keselamatan bagi umat manusia dan hukumnya tidak membebankan bagi yang memeluknya.
Anonim mengatakan…
Wilda Mayasari (0802087)
kelas : IPS

artikael ini sangat bagus untuk menambah ilmu pengetahuan saya.
Jika kaum wanita diharuskan memakai jubah atau cadar, menurut saya baik-baik saja tergantung kondisi atau situasi tempat dia bermukim. seandainya dia berada di suatu daerah atau negara yang mayoritas kaum lelakinya tidak menghargai serta menghormati kaum perempuan maka untuk menghindari dari hal-hal yang dapat meugikan menurut saya lebih baik dengan menggunakan jubah atau cadar meskipun dalam islam dan tertulis dalam al-quran tentang batasan menutup aurat hanya sampai muka dan telapak tangan.
Jika Islam dikatakan agama atau mayoritas umatnya kejam, hal itu tidak benar. Islam bukanlah teroris, Islam juga tidak kejam. semua ini terbukti dari peperangan yang ada di zaman rasullah SAW. Beliau berperang dengan tidak membabi buta, Beliau mengajarkan kepada pasukannya untuk menggunakan sopan santun dan beradab dalam berperang. seandainya sekarang Islam dikenal sebagai teroris, itu hanya golongan-golongan tertentu yang mengatasnamakan Islam.
Anonim mengatakan…
Nama : Yusnia Dewi
NIM : 0802093
IPS

Menurut saya artikel ini sangat bagus karena untuk menambah wawasan seseorang khususnya pada kaum perempuan .
jika kaum perempuan memang di haruskan mengenakan cadar dan jubah itu sah2 saja, mungkin dengan seperti itu perempuan bisa lebih menjaga dirinya dari para kaum yang akan berbuat jahat pada perempuan, tetapi untuk memakai cadar menurut yang pernah saya ketahui bahwa memakai cadar tidak diharuskan karena hal itu hanya untuk perempuan yang berparas cntik saja, hal itu untuk menghindari syahwat dari kaum laki2, tapi intinya menurut saya memakai jubah dan cadar itu sah2 saja.
Anonim mengatakan…
EMBAY NURJANAH (0803324) MATEMATIKA

Artikel di atas sangat bagus dan menarik dibaca untuk menambah ilmu pengetahuan tentang islam.
islam mewajibkan seorang wanita untuk menutup aurat,yaitu seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan.tetapi islam tidak mewajibkan seorang wanita untuk memakai jubah dan cadar karena sesungguhnya memakai jubah atau cadar hanyalah sekedar budaya.
jadi tergantung masing-masing budaya di daerah tersebut.
tidak benar jika islam di katakan sebagai mayoritas umat yang kejam karena sesungguhnya islam tidak pernah mengajarkan sesuatu hal yang kejam, hal ini dapat dilihat ketika zaman perang rasullah SAW. beliau berperang gigih dengan santun dan beradab.
Anonim mengatakan…
Menurut saya dalam artikel 5 Persepsi yang Salah Tentang Islam ini sudah memberikan gambaran umum mengenai agama Islam. Bahwa apa yang mereka nilai tentang Islam sangatlah bertentangn dengan Islam sebenarnya. Alhamdulilah Allah menjadikan saya orang islam, karena isalam merupakan agama yang sangat sempurna tidak ada agama lain yang diterima di sisi Alah kecuali ISLAM. Apabila kita ingin selalu ditetapkan dalam keimanan, maka senantiasa kita berdoa memohon ketetapan Iman: "Ya muqolibal qulub tsabit Qulubana 'alal Iman".
Terimakasih kepada Bapak yang sudah menanmbahkan lagi ilmu tentang Islam ini. Semakin saya BANGGA dengan hukum syari'at Islam.
Terima kasih
Wassalamu'alaikum Wr. Wb
Anonim mengatakan…
Eneng Murni Nurjanah (0803269) Bahasa
Menurut saya dalam artikel 5 Persepsi yang Salah Tentang Islam ini sudah memberikan gambaran umum mengenai agama Islam. Bahwa apa yang mereka nilai tentang Islam sangatlah bertentangn dengan Islam sebenarnya. Alhamdulilah Allah menjadikan saya orang islam, karena isalam merupakan agama yang sangat sempurna tidak ada agama lain yang diterima di sisi Alah kecuali ISLAM. Apabila kita ingin selalu ditetapkan dalam keimanan, maka senantiasa kita berdoa memohon ketetapan Iman: "Ya muqolibal qulub tsabit Qulubana 'alal Iman".
Terimakasih kepada Bapak yang sudah menanmbahkan lagi ilmu tentang Islam ini. Semakin saya BANGGA dengan hukum syari'at Islam.
Terima kasih
Wassalamu'alaikum Wr. Wb
Ririn Arini mengatakan…
Nama : Ririn Arini
NIM : 0801669
Kelas / Semester : IPA /6 (enam)

Assalamualaikum Wr.WB
Setelah membaca artikel diatas, menurut saya hukum pidana islam itu TIDAK beretentangan dengan HAM. Seperti kita ketahui islam adalah agama yang benar, Islam adalah agama yang adil, segala sesuatu dalam islam sudah diatur dan sesuai. Segala sumber hukum islam itu berlandaskan Al-Qur'an dan Al-Hadits, termasuk hukum pidana dalam islam. untuk hukuman mati (qishash) dalam kasus pembuhuhan hukum qishash memberikan hak kepada keluarga korban untuk meminta hukuman mati kepada si pembunuh. Dasar humum tersebut adalah Q.s Al- Baqarah :178.
mengenai hukum pidana islam terkait hukuman mati itu tercantum juga dalam Q.s Al-Maidah :45 yang arinya " Dan kami tetapkan di dalamnya(Taurat)bahwa jiwa dibalas denagn jiwa, mata dengan mata, hidung dengan hidung, telinga dengan telinga, gigi dengan gigi, dan luka-lukapun ada qisasnya. Barang siapa yang melepaskan hak qisas, maka melepaskan hak itu jadi penebus dosanya. Barang siapa tidak memutusjkan perkara menurut apa yang diturunkan Allah maka mereka adalah orang-orang yang zalim". dari ayat tersebut jelaslah bahwasanya hukum pidana islam yang didalamnya hukuman mati itu sama sekali tidak bertentangan denagn HAM.
justru menurut saya hal ini supaya menjaga jiwa/nyawa seseorang. Coba kalau hukuman mati diterapkan di Negara kita, mana ada orang yang berani membunuh orang lain. Kalau hanya dipenjara/hukuman kurungan beberapa tahun, itu tidak akan membuat jera, buktinya malah semakin banyak orang yang berani membunuh. sebetulnya ketika Allah menetapkan hukuman-Nya itu semata-mata untuk kebaikan Manusia dan Allah tidak akan menzolimi hambanya.

Terimakasih
Wassalam W.Wb
Ririn Arini mengatakan…
Ririn Arini (0801669) IPA/6

Assalamualaikum Wr,Wb
Subhanallah , artikel yang sangat bagus dan memberikan banyak pengetahuan pula. setelah membaca artikel tersebut, ternyata banyak sekali pemikiran-pemikiran yang keliru tentang islam. dari ke-5 persepsi tersebut, untuk islam sendiri memang mewajibkan kepada wanita untuk menutup auratnya hal itu tercantum dalam al-quran surat al-ahzab :59 dan an-Nur :30.Adapun memakai cadar dan jubah sebetulnya itu adalah budaya arab. Dimana cadar dan jubah tersebut bertujuan untuk melindungi diri.
kemudian untuk muslim berarti arab, sebetulnya itu merupakan pemikiran yang salah pula, toh sebetulnya muslim itu ada disetiap negara, diseluruh dunia, bukan hanya di Arab saja dan bukan hanya keturunan arab saja.
untuk budaya islam jelas lebih dan sangat manusiawi, karena islam sendiri cinta damai, penuh kasih sayang dan sangat menjunjung hak asasi manusia.

islam terjebak dalam kegelapan, sebetulnya kita juga sudah mengetahuinya, bahwa dari zaman Rosulullah SAW, para Sahabat, dan Kholifah_kholifah setelah Rosulullah SAW, itu banyak sekali ditemukan pengetahuan-pengetahuan baru hasil pemikiran orang-orang islam. sampai saat ini kemajuan yang dihasilkan sebetulnya merupakan hasil dari pemikiran orang-orang islam sendiri. nah dari 5 persepsi yang salah tentang islam diatas mudah-mudahan kita sebagai umat islam tidak terjebak dan ikut ikutan salah. perlu digaris bawahi bahwa Islam adalah agama yang benar. jadi kita sebagai umat islam harus perpegang teguh dan jangan samapai terpengaruh oleh hal-hal yang bisa menjadikan islam itu hancur.
Vovi Yuli Vatmawati mengatakan…
Nama : Vovi Yuli Vatmawati
NIM :0801699
Kelas / Semester : IPA / 6

Asslamualaikum Wr. Wb...
setelah membaca artikel mengenai 5 persepsi yang salah tentang islam ini salah satunya dapat menambabah ilmu dan wawasan saya tentang islam.isi dari artikel ini sangat bagus,dari 5 persepsi yang salah tentang islam bisa ada karena mereka orang"non muslim tidak mengetahui arti dari islam yang sesungguhnya itu seperti apa,orang non muslim itu hanya bisa menyimpulkan tentang islam dari apa yg mereka lihat saja tanpa memmpelajari bagaimana itu islam,karena sesungguhnya islam adalah agama yang indah,islam adalah agama yang sangat menghormati perempuan jadi salah sekali anggapan orang Amerika yang berpendapat bahwa islam membenci perempuan.dalam persepsi yang pertama yaitu "seorang wanita muslim harus memakai jubah atau cadar",seperti yang telah d jelaskan dalam Al Qur an surat Annur ayat 31 dan Al ahzab ayat 59 dalam kedua surat ini dijelaskan bahwa seorang wanita muslim harus menutup aurat nya dimana aurat seorang wanita muslim itu adalah seluruh anggota tubuh kecuali muka dan telapak tangan. tidak dapat dislahkan juga jika seorang wanita muslim menggunakan cadar atau jubah karena itu tergantung kepada individu itu sendiri dan dimana dia tinggal karena ini hanya merupakan sebuah kebudayaan saja. jadi kita sebagai sebagi sorang muslim sendiri harus menunjukan kepada mereka bahwa islam itu agama yang indah dan agama yang memberikan rahmat bagi seluru alam.
Anonim mengatakan…
RAI SUGISTIA 0803327 BAHASA
Setelah membaca artikel ini, banyak sekali kekeliruan terhadap pandangan islam. tidak dipungkiri tentang keburukan islam dimata dunia barat, dikarenakan oleh perbuatan umat islam itu sendiri yang menyimpangkan ajaran yang telah di atur dalam Al-Qur'an dan Al-Hadist. Namun tidak semua umat islam seperti itu. sebenarnya dunia baratlah yang hanya mencari keburukan-keburukan dari islam, bukan mencari tentang kebaikannya dan dunia barat itulah yang sebenarnya yang mempunyai budaya jelek yang dibawa ke budaya islam. sehingga kita harus lebih waspada dengan budaya-budaya barat tersebut. Oleh sebab itu, seharusnya kita bangga menjadi umat islam yang mau bertoleransi dan mangakui bahwa ada agama selain islam.
ade mengatakan…
Nama : Ade Supriadi
NIM : 0806187
Matematika

بسم الله الرحمن الرحيم

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Umumnya, diskusi tentang Islam hanya berpatok pada fenomena yang nampak atau simbol-simbol.
Jarang terjadi diskusi yang benar-benar memperbincangkan prinsip-prinsip agama itu
sendiri. Sebagai contoh diskusi mengenai wanita memakai jilbab di kehidupan umum.
Masalah ini dijadikan alat oleh oposisi di Eropa karena hal itu dipandang sebagai simbol antiintegrasi
dan membatasi kebebasan wanita. Topik lain dalam Islam yang juga menarik
perhatian dan selalu menjadi konotasi negatif di Barat adalah munculnya peraturan-peraturan
Syariah seperti potong leher, potong tangan, lempar batu sampai mati atau cambuk, poligami
di mana pria diizinkan menikah sampai empat istri, menikahi gadis dibawah umur, jihad
kekerasan, masalah mendapatkan 60 perawan atau lebih di Surga setelah seorang pria menjadi
syahid selama operasi jihad, dan fenomena-fenomena lain yang tidak semestinya Islam tetapi
sering digambarkan sebagai Islam seperti khitan anak perempuan yang juga sangat umum di
sebagian negara-negara non-Islam di Afrika, pembunuhan kehormatan, pembiaran kekerasan
dalam rumah tangga yang bahkan terjadi lebih kuat di negara-negara non-Muslim di manapun
di dunia ini seperti Amerika Selatan dan lain-lain.

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Anonim mengatakan…
Nama : Shinta Ayu Ningtyas
NIM : 0801663
Matematika
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Banyak orang Barat belum pernah menapakkan kaki di negeri Arab atau dunia Islam tetapi
mereka mendapat kesan tentang Islam dan Muslim melalui media masa saja, atau melalui
hubungan langsung dengan berbagai macam kelompok pendatang Muslim yang tinggal di
negeri mereka. Sebagai contoh kelompok pendatang Muslim Maroko di Belanda, pendatang
Muslim Aljazair di Perancis, pendatang Muslim Pakistan dan India di Inggris, dan pendatang
Muslim Turki di Jerman. Atau mereka mendapatkan pengetahuan tentang Islam melalui
kejadian-kejadian ekstrem seperti serangan teroris tanggal 11 September di Amerika Serikat,
atau kejadian-kejadian di tempat lain. Pengalaman dan kesan dari kejadian-kejadian tersebut
sering mengarah pada negatif dibanding positif. Dan sering kali bukanlah Islam yang
dipahami, tetapi lebih pada perilaku Muslim yang dibiaskan sebagai gambaran Islam karena
mereka bertindak “atas nama Islam” tetapi sesungguhnya mereka sama sekali tidak mewakili
mayoritas Muslim.
nurjanah mengatakan…
NURJANAH 0801683
Konsentrasi BAHASA

Assalamualaikum...
alahmdulillah dengan adanya artikel tersebut jadi menambah ilmu pengetahuan yang saya dapat. menurut saya dan sepengetahuan saya didalam islam memang mewajibkan umat islam menutup aurat kecuali muka dan telapak tangan tetapi tidak diwajibkan untuk memakai jubah dan cadar.karena itu hanya sebuah budaya. jadi tergantung kepada manusinya itu sendiri karena islam tidak mengajarkan sesuatu hal yan negatif, larangan dan anjuran islam dalam Al-Qur'an dan Al-Hadist merupakan kebaikan untuk manusia tinggal bagaimana manusia menaggapinya seperti apa
Dede Quratul'Aini mengatakan…
Assalamu’alaikum..

Dede Quratul’Aini/0801692/Matematika

Alhamdulillah,, melalui artikel ini menambah pengetahuan, pemahaman dan membuka pikiran kita tentang Islam yang sebelumnya tidak pernah kita ketahui adanya persepsi tersebut. Pandangan bahwa Islam dianggap sebagai agama teroris, radikal dan membenci perempuan adalah suatu pemikiran yang salah. Karena Islam tidak pernah mengajarkan untuk melakukan kekerasan, akan tetapi memerintahkan kita untuk berlaku lemah lembut kepada setiap insan, sikap saling mengasihi dan menghormati wanita. Untuk lebih memahaminya kita harus mencari ilmu dan mempelajarinya agar tidak salah langkah, tetap istiqomah dan semoga mendapat hidayah dari Allah SWT.
Aamiin.
Tika mengatakan…
TIKA INTAN SARI
0801652 / KONSENTRASI BAHASA

assalamualaikum wr. wb..
itu benar sekali 5 persepsi yang salah tentang islam.......
1.seperti yang pak firman katakan bahwa wanita berjilbab dan memakai cadar adalah hanya suatu budaya dan menurut saya hanya untuk melindungi tubuh dari sinar matahari yang menyengat. biasanya di arab yang daerahnya sangat panas....namun memang benar wanita harus berjilbab untuk menutupi auratnya tetapi tidak usah memakai cadar dan sarung tangan..pakai sarung tangan dan cadar/ masker jika mau mengendarai motor saja agar tidak kepanasan dan terkena debu..
2.benar sekali bahwa tidak semua islam itu teroris...bahakan pengemuka di dunia pun masih bisa membedakan mana yang teroris dan mana yang bukan..
3.islam itu arab// ya tidak juga, seperti yang da di artikel bahawa islam tersebar di seluruh dunia dan justru yang paling banyak ada di Indonesia...tapi di Indonesia banyakan yang islam KTP nya daripada islam hatinya,..
4.justru islam sangat manusiawi......islam mengajarkan agar kita melindungi kaum yang lemah..ketika perang nabi Muhammad SAW menegaskan jang membunuh wanita dan anak"
5.terjebak bagaimana..semua ilmu itu asalnya dari islam.........orang barat saja yang mencuri dan mengakui bahwa mereka yang paling canggih..
berdasarkan artikel mengenai persepsi yang salah tentang islam, bahwasanya persepsi-persepsi yang salah tersebut harus segera diluruskan atau dibenahi kebenarannya, karena akan berdampak pada buruknya pemikiran tentang islam. seperti halnya seorang muslim diklaim sebagai seorang teroris, padahal tidak semua orang muslim bisa atau dapat melakukan hal yang demikian. terkadang orang muslim sendiri tidak terlalu memahami hal-hal yang seperti itu. sehingga sebagai seorang muslim hendaknya kita memahami ilmu tentang keislaman kita sendiri agar kita tidak terbodohi oleh majunya zaman yang semakin moderen. menurut saya seorang Arab tidak dapat dikatakan sebagai Arab karena tidak semua Arab adalah orang muslim. halnya dengan seorang wanita muslim, yang saya ketahui bahwasanya seorang wanita muslim tidak wajib memakai cadar atau jubah, kecuali jika memang sudah menjadi adat atau kebiasaan yang berlaku di daerah tersebut. yang saya tahu bahwa seorang wanita muslim wajib menutup auratnya kecuali muka dan kedua telapak tangannya, memakai baju yang tidak membentuk lekuk tubuhnya, mdapat menjaga akhlaknya dengan baik dan lebih utama adalah islam dalam hatinya.
Dede Quratul'Aini mengatakan…
Assalamu’alaikum..

Dede Quratul’Aini/0801692/Matematika

Alhamdulillah,, melalui artikel ini menambah pengetahuan, pemahaman dan membuka pikiran kita tentang Islam yang sebelumnya tidak pernah kita ketahui adanya persepsi tersebut. Pandangan bahwa Islam dianggap sebagai agama teroris, radikal dan membenci perempuan adalah suatu pemikiran yang salah. Karena Islam tidak pernah mengajarkan untuk melakukan kekerasan, akan tetapi memerintahkan kita untuk berlaku lemah lembut kepada setiap insan, sikap saling mengasihi dan menghormati wanita. Untuk lebih memahaminya kita harus mencari ilmu dan mempelajarinya agar tidak salah langkah, tetap istiqomah dan semoga mendapat hidayah dari Allah SWT.
Aamiin.
Anonim mengatakan…
NAMA :MOH. ERFAN JUNIARDI
NIM :0802096
KELAS :MATEMATIKA/6

TIDAK DI SALAHKAN BAHWA SETIAP ORANG BOLEH BERPENDAPAT,
di dalam islam perempuan tidak di wajibkan memakai cadar, memakai cadar adalah budaya di negara arab, dan tidak ada salahnya perempuan memakai cadar,
isla BUKAN teroris,hanya orang2 yang salah saja yang menilai dan berkata teroris, dan ada sebagian orang islam yang salah mengartikan tentang jihad,
bukan berarti orang islam ada di negara arab,islam milik semua orang yang mau memilikinya,
agama islam adalah agama yang manusiawi dan agama yang rohmatan lil alamin, serta agama yang penuh kasih dan sayayang yg menjunjung tinggi derajat yang yang tinggi di mata Allah SWT.
hanya orang yang salah saja yang bilang (islam terjebak di abad kegelapan)dari dulu sampe swkarang islam islam adalah agama yang sangat mulia,
siti saroh 0802124 ipa mengatakan…
setiap manusia memilki hak untuk berpendapat.. Islam = teroris? Atau hukum Islam sudah ketinggalan zaman? agent-of-changeAtau opini-opini miring lainnya yang kadang bikin geli atau bahkan marah? Opini-opini itu biasanya terbentuk dari media(terutama barat). Apa yang didengar dan dilihat dan dibaca itulah gambaran orang tentang Islam, mereka membuatnya faktual tanpa tahu isi Islam yang sebenarnya.
jika pendapat itu datang dari orang non-Islam sungguh tidaklah aneh.. akantetapi lain halnya jika pendapat itu datang dari islam itu sendiri. hal tersebut patut menjadi pertanyaan besar.. masuklah islam secara kaffah,, sebarkan islam dengan cranya yang arif dan bijaksana.. tunjukanlah bahwa islam adalah agama yang indah, santun dan bijaksana.. tak perlu berkoar2 melakukan pembelaan.. cukup tunjukan pada dunia dengan sikap kita... pelajari,, dan amalkan islam dengan benar....
Anonim mengatakan…
Nama : Dewi Faujiah
Nim : 0802086
Kelas IPS
KOMENTAR

Menurut pendapat saya, semua wanita muslimah memang harus menutup auratnya. tapi bukan berarti harus mengenakan cadar dan jubah, karena yang paling penting itu hanya menutup aurat. karena yang saya ketahui, mengenakan cadar ituhanya budaya wanita arab. untuk budaya islam sendiri jelas lebih dan sangat manusiawi, karena islam sendiri penuh kasih sayang dan sangat menjunjung hak asasi manusia. Jika ada seseorang yang berpendapat mengenai Islam terjebak dalam kegelapan, saya sangat tidak setuju karena islam merupakan agama yang cinta damai, tidak menyukai kekerasan, saling menjaga Ukhuah dan Islam adalah agama yang membawa terang benderang sejak dipimpin oleh Nabi Muhammad SAW, karena berpedoman pada Al-Qur’an dan hadist. seharusnya kita sebagai umat Islam bangga dengan agama kita yang sungguh sangat sempurna ini yang dimana mempunyai peraturan dan tuntunan hidup yang jelas.....
Anonim mengatakan…
Nama; Ratu Hanifah Aulia.R
NIM; 0806329
Kelas; IPA

dari tiap-tiap permasalahan yang telah saya baca terdapat beberapa perbedaan pendapat. yang mana jika kita tidak mengkaji betul-betul permasalahan-permasalahn yang ada, kita akan terbawa dengan arus atau zaman yang sedang kita jalani sekarang ini.
zaman semakin berkembang.
dari zaman ke zaman makin banyak saja orang-orang yang krtis dalam menghadapi permasalahan yang ada.
akan tetapi lebih banyak juga orang-orang yang hanya ikut terbawa dalam perkembangan zaman tanpa kita ketahui asal mula permasalahan tersebut.
jadi, kita sebagai seorang muslim, jangan mudah terbawa perkembangan zaman yang belum kita ketajui seluk beluknya. dan bisa menjelekan islam dimata kita sendiri
Anonim mengatakan…
nama: Teti Husniati
NIM: 0806755
kelas: IPS

dari uaraian artikel di atas kita dapat mendapatkan pemahaman bahwa bnayak persepsi yang salah yang berkembang di masyarakat saat ini. terutama pandangan orang kristen atau yahudi terhadap islam. seakan merekan memandang sinis ketika mendengar kata islam. namun dalam hal ini kita sebagai umat islam harus meluruskan persepsi tersebut. dalam hal apapu termasuk cara berpakaian seorang wanita muslim. bahwa tidak benar adanya bahwa seorang muslimah harus memakai cadar. memang benar seorang muslimah harus menutup auratnya seluruh tubuh terkecuali muka dan telapak tangan. namun ketika ada persepsi yang berkembang bahwa seorang muslimah harus mengenakan cadar, hal tersebut tidak benar adanya, karena itu tergantung budaya atau tempat yang di tinggali, yang sesuai adat dan kebiasaan di wilayah tersebut.
jika kita melihat dari perkembangan jaman pun sepertinya islam bukan lah agama yang ketinggl\alan yang masih berkutat pada pemahaman jaman dulu yaitu jaman kebodohan. tapi hal itu kembali salah. karena banyak ilmuan-ilmuan islam yang banyak berjasa di bidang teknologi, ataupun ilmu-ilmu pengetahuan lainnya. seperti pada bidang kedokteran, matematika dll. sebetulnya banyak ilmuan dari kristen atau yahudi terilhami dari ilmuan-ilmuan orang muslim, jadi kita sebagai seorang muslim jangan pernah merasa malu atau tersingkirkan dengan orang-orang kristen lainnya, karena sesungguhnya pada jaman dahulu pun sudah banyak imuan muslim yang berpikir kritis sehingga menghasilakan sebuah penemuan yang bermanfaat sampai hari ini.
banyak hal yang tidak di ketahu oleh orang-orang kristen tersebut terhadap islam. islam adalah agama yang sangat memahami kondisi manusia dan selalu memberikan solusi yang tepat di dalamnya. dalam hal pergaulan pun islam begitu memahami hal tersebut. di karenakan untuk menjaga kehormatan dan menghindarkan dari hal-hal yang akan menimbulkan fitnah yang akan menimbulkan kerugian dan permasalahan bagi umat manusia. maka islam mengatur semua aspek pergaulan dan hubungan antar manusia baik laki-laki ataupun perempuan dengan jelas, adil dan bijaksana. maka artikel yang telah di samapaikan di atas dapat menjadikan pembelajaran untuk kita agar dapat memahammi tentang islam lebih jauh.

terimakasih...
Anonim mengatakan…
nama: wiwin widiawati
nim:0801661
kelas: IPA

banyak hal yang dapat kita pelajari dari artikel tersebut. mengingat banyak pemahaman yang salah yang berkembang di masyarakat saat ini, yang pelu di benahi. mengenai anggapan bahwa islam adalah agama yang tidak bisa memahami umat manusia itu salah, maka saya sangat tidak setuju dengan anggapan oran-orang non musim terhadap islam tersebut. mengenai seorang wanita muslim dan cara berpakainnya, pergaulan seorang muslim, pengetahuan dan menuntut ilmu dll, islam telah memaparkan dengan jelas dengan memikirkan semua hal demi kemaslahatan umat manusia secara adil dan bijak.
terimakasih
ADITYA RAKHMAN mengatakan…
ADITYA RAKHMAN 0802122 / IPA / 6

Assalamualaikum...

Menurut saya, artikel yang dipublish menunjukkan begitu kontrasnya perkembangan Islam selama ini yang berjalan hanya berkembang dan berjalan kemudian perlahan berhenti stagnan teringgal.

Bahkan di mata tokoh agama dan ilmuan di dunia ternyata menjunjung tinggi Isalam. Islam sangat dipandang terhadap perkembangan dan kemajuan segala ilmu pengetahuan dan informasi.

Ini merupakan satu pelajaran penting bagi Ummat Islam. Semoga dengan adanya hal seperti ini Ummat Islam dapat melek dan sadar akan segala sesuatu harus mempunyai landasan yang berlaku dan menunjang terhadap infromsi oleh Ummat Islam.

Oleh karenanya, ketelitian kita terhadap persepsi-persepsi yang melekat pada Ummat Islam hendaknya dicari kebenarannya. Hal ini tentu tak lepas dari rasa keingintahuan kita sebagai ummat Islam dalam mencari kebenaran yang afsah.

Mengapa? karena Islam merupakan pemeluk pedoman yang mengandung nilai-nilai kebenaran yang sudah tidak diragukan lagi kebenarnnya. Yaitu Al-Quran dan Hadits.

Wassalam...
Nama: Tubagus Rangga Wira Mahendra
NIM: 0802095
Kelas: Konsentrasi Bahasa Indonesia
Semester: VI (enam)

Assalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh...

Bismillahirrahmanirrahim...
Saya mencoba untuk menyampaikan pendapat saya setelah membaca artikel di atas yang ditulis oleh Oleh : Jacopo della Quercia
(Penulis di Situs Cracked.Com).

Untuk poin pertama dalam artikel di atas, saya akan berandai-andai menjadi seorang wanita yang cantik dengan jilbab, karena judulnya:
"Jika Anda adalah seorang wanita Muslim, Anda Harus Memakai Jubah dan cadar."

Dalil mengenai wajibnya mengenakan pakaian bahagian atas (khimar/tudung) adalah Firman Allah,

“Hendaklah mereka menutupkan kain tudung ke dada mereka” [QS An-Nur (24):31].

Dan Hadis Rasulullah riwayat dari Bazzar dan At-Termizi menjelaskan,

“Sesungguhnya wanita itu adalah aurat, setiap kali mereka keluar, syaitan akan memperhatikannya.”

Dalil lain yang menunjukkan bahawasanya seluruh tubuh wanita adalah aurat kecuali wajah dan dua telapak tangan ialah sabda Rasulullah kepada Asma’ binti Abu Bakar,

“Wahai Asma’ sesungguhnya seorang wanita itu apabila telah baligh (haidh) maka tidak boleh baginya menampakkan tubuhnya kecuali ini dan ini, seraya menunjukkan wajah dan telapak tangannya.” [HR Abu Dawud]

p/s: Duhai calon penghuni syurga… untukmu yang paling bahagia karena agama dan akhlakmu.. meski tanpa permata, berlian dan emas yang menghiasi melainkan berkat akhlak karimahmu yang selalu engkau jaga menjadikanmu sebagai wanita yang anggun..

Duhai calon yang akan dicemburui oleh para bidadari syurga… bersegeralah untuk memakai jilbab atau tudung kepala dengan sempurna karena akan terlihat lebih cantik apabila kamu memakainya. Kalau engkau memakai jilbab atau tudung, sesungguhnya Allah teramat suka dan cinta terhadap hamba-Nya yang maha mengikuti perintah-Nya..

Duhai calon perhiasan dunia-akhirat.. ku ucapkan selamat bagimu yang telah memakai jilbab dan ku do’akan semoga jilbab yang kamu kenakan ini dapat melindungimu. Bagi yang belum semoga secepatnya akan mengenakannya karena SUNGGUH ENGKAU SANGAT CANTIK DENGAN BERBALUT JILBAB!

Untuk melihat manusia dan kebudayaannya, Islam tidaklah memandangnya dari satu sisi saja. Islam memandang bahwa manusia mempunyai dua unsur penting, yaitu unsur tanah dan unsur ruh yang ditiupkan Allah kedalam tubuhnya. Ini sangat terlihat jelas di dalam firman Allah Qs As Sajdah 7-9 : “ ( Allah)-lah Yang memulai penciptaan manusia dari tanah, kemudian Dia menciptakan keturunannya dari saripati air yan hina (air mani). Kemudian Dia menyempurnakan dan meniupkan ke dalam ( tubuh )-nya roh ( ciptaan)-Nya”
Islam mengajarkan kepada umatnya untuk selalu beramal dan berkarya, untuk selalu menggunakan pikiran yang diberikan Allah untuk mengolah alam dunia ini menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi kepentingan manusia. Dengan demikian, Islam telah berperan sebagai pendorong manusia untuk “ berbudaya “. Dan dalam satu waktu Islamlah yang meletakkan kaidah, norma dan pedoman. Sampai disini, mungkin bisa dikatakan bahwa kebudayaan itu sendiri, berasal dari agama.

Demikian pendapat yang bisa saya sampaikan. Atas segala ketidaksempuranaannya saya mohon maaf. Semoga kebaikan senantiasa terhantar dan semoga damai bersama. Amin...

Wassalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh...
Fadhli Dzil Ikrom mengatakan…
FADHLIDZIL IKROM 0802132 IPS
BERKATA...

5 PERSEPSI YANG SALAH TENTANG ISLAM?
Menurut saya kesalahan besar pada orang yahudi dalam berpandangan bahwa Islam adalah terororis. Itu semua fitnah belaka, mungkin itu semua disebabkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan membawa agama dalam misinya (teroris). Wanita muslim berjubah dan laki-laki berjenggot tidak bisa dikatakan teroris karena semua anjuran rasulullah. Dalam hal ini kita sebagai umat muslim harus member kesan yang baik kepada pemeluk agama lain.
Anonim mengatakan…
Ratu Wida Roffyanti 0804705 IPA

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Artikel 5 Persepsi yang Salah Tentang Islam adalah artikel yang sangat bermanfaat, umumnya bagi masyarakat dan khususnya bagi umat non-muslim.
artikel ini dapat mengubah pandangan yang salah mengenai Islam, yang awalnya berpendapat bahwa Islam itu buruk akan berubah pendapat bahwa Islam adalah agama yang jauh lebih baik dari agama lain.
pandangan yang mengatakan bahwa wanita muslim harus memakai cadar, itu adalah karena ia tidak mengetahui bagaiman itu islam. bahwa sebenarnya itu adalah hanya sebuah kebudayaan suatu tempat.
dan pandangan lainnya mengenai islam yang salah tersebut juga dapat dirubah setelah membaca fakta sebenarnya mengenai Islam.
oleh karena itu, carilah dulu fakta yang benar mengenai Islam, pelajari dahulu mengenai bagaimana itu Islam dan seluk beluknya, setelah itu barulah anda dapat mengetahui kebenaran Islam, bahwa Islam adalah agam yang benar dan satu-satunya agama yang diridhoi Allah SWT.
Anonim mengatakan…
Rizki Riani 0801700 IPA

Assalamualaikum. wr.wb...

alhmdllh,, artikel ny a sangat bagus pak,, menambah wawasan dam ilmu bagi saya mengenai islam.

Mengenai artikel 5 persepsi yang salah tentang islam,
1. Jika Anda adalah seorang wanita muslim, anda harus memakai jubah dan cadar.
menurut saya, agama islam adalah agama yang mengimani 1 Tuhan, yang terkait dengan Al Quran dan Sunah, dimana semua umat islam harus menaati aturan di dalamnya termasuk menutup aurat, kapanpun dan dimanapun berada.
jadi siapa saja yang beragama muslim, khususnya wanita wajib menutup auratnya yang sudah tertera perintah Allah SWT dalam alquran yaitu dalam surat Al Ahzab ayat 59.

2. Bapak pendiri AS tidak mau bertoleransi pada islam.

di dalam agama manapun tidak diajarkan untuk menghuat agama lain. karena pendiri AS berfikir tentang atheis dan multikultural saja, tanpa memikirkan tentang agama, sedangkan dalam agama manapun tidak diajarkan untuk tidak memiliki sikap toleransi.

3. Muslim berarti Arab
muslim tidak selalu identik dengan arab sebab tidak semua orang muslim itu orang arab. jika barrack obama seorang muslim, kami berharap pola pikirnya tidak sama dengan pendiri AS, yang tidak mentolerir islam.

4. Budaya barat apakah jauuh lebih manusiawi dari pada budaya muslim?

Menurut saya, budaya barat lebih bersifat liberal dan jauh dari nilai-nilai islam.

5. Apakah islam terjebak di abad kegelapan?

Tidak, islam tidak membenci perempuan, justru sangat menghormati hal itu terbukti dengan diabadikannya pada salah satu surat dalam Al Quran yaitu surat Annisa, dan adapula hadis yang berbunyi :" Surga ada di telapak kaki ibu".
Anonim mengatakan…
Irah Sumirah (0801684, Matematika)
2). 5 Persepsi yang salah tentang Islam
Berbagai persepsi yang salah tersebut dapat ditimbulkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kurang memahami hakikat islam yang sebenarnya, memang banyak penyimpangan dengan mengatasnamakan islam, tapi yang melakukan itu menurut saya adalah orang yang pemahaman islamnya sempit dan cenderung tidak menyadari sebab dan akibat dari yang ia lakukan. Inilah saatnya kita memperbaiki persepsi tentang islam yang salah itu. Kita harus menunjukkan bahwa islam adalah agama yang mulia yang akan menuntun umatnya menuju kebenaran.
Anonim mengatakan…
siti chaerunnisa (0803282/IPS)

Dari artikel yang saya baca orang-orang barat terlalu sempit memandang Islam, mereka menanggap islam adalah agama yang kaku dan penuh dengan aturan-aturan yang menyulitkan. sedangkan pada kenyataannyaislam adalah agama yang universal, betul banyak aturan dalam islam tapi aturan itu tidak menyulitkan umatnya bahkan lebih menuntun umatnya.
5 persepsi yang salah tentang islam dikarenakan mereka memandang islam hanya dari satu sisi saja tidak melihat islam dari berbagai arah.seperti pendiri-pendiri Amerika serikat meskipun mereka non-muslim mereka bisa melihat tentang indahnya islam mereka begitu memuji kepemimpinan nabi Muhammad SAW. tidak ada salahnya jika kita berkaca pada mereka yang lebih bisa menghargai islam.
Dwi Budiman mengatakan…
Dwi Budiman (IPA/0801658)
jelaslah bahwa artikel di atas memberikan pemahaman yang begitu rinci terhadap islam
dan dari setiap tidak ada yang salah dengan islam, karena yang membuat nama islam jelek yaitu manusianya yang tidak peduli dan membenci islam, karena sejak dahulu kala islam selalu mengajak kebenaran.
Anonim mengatakan…
nama :Fuzi Rokhmana
nim :0801679
kelas :bahasa

Islam mengajarkan untuk menutup aurat,tapi tidak diharuskan memakai cadar karena wanita yang memakai cadar itu untuk melindungi dirinya dari sinar matahari dan debu seperti wanita yang hidup di arab,meski di indonesia ada yang mengikuti budaya arab itu pun tidak salah.
Teroris identik dengan islam???
itu sangat tidak benar sekali, karena dalam islam tidak ada paksaan atau melukai sesama.Islam rusak karena perbuatan orang islam itu sendiri,dalam arti orang yang kurang beriman dan tidak bertanggung jawab.
Anonim mengatakan…
Mela Asfirani 0802092/ipa/6

jadi sebenarnya kebanyakan budaya dijadikan pedoman,bukan agama sebgai pedoman hidup.masih banyak budaya-budaya yang salah dalam persepsi. islam tidak pernah menyulitkan kaumnya,islam itu ajaran yang tidak sulit, dapat memposisikan dengan keadaan jaman. harus memiliki dasar jika kita ingn memperdalam islam, jangan terpenggal-penggal dalam mepersepsikan sesuatu.yang pasti islam adalah agama yang paling sempurna, budaya barat adalah budaya orang-orang kafir yang memang seharusnya tidak untuk kita ikuti sebagai umat islam,karena kita memiliki pedoman yaitu Al-Qur'an.
Rani Oktora mengatakan…
Rani Oktora
0804703
Bahasa /6

menurut saya mengenai artikel tersebut adalah; 1.islam tidak mengeharuskan setiap wanita muslim memakai cadar, islam hanya mewajibkan wanita muslim haruslah menetup aurat mereka yaitu deluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tagan.jdi menurut saya anggapan bahwa wanita muslim harus bercadar itu tidak benar, karna cadar menutupi hampir seluruh wahajah kecuali mata mereka, wanita muslim bercadar hanyalah budaya sebagian orang atau negara yang mungkin, inggin lebih menunjukan ketaatan mereka kepada Allah dengan menutup seluruh bagian tubuh mereka.
2.islam"Arab",menurut saya Islam bukan lah negara Arab, walaupun kenyataanya Islam berawal dari arab karena para nabi sebagian besar Allah turunkan di "Arab" namun itu tidak menjadi patokan bakwa islam harus berkiblat seperunuhnya pada budaya dan kebiasaan orang Arab atau negara arab. karna yang paling penting dimanapun seorang muslim berada ALQUR'AN dan Hadislah pedoman hidup mereka.3.Budaya barat menurut saya justru lebih eksrim, karena mereka lebik mementingkan pribadi kelompo/golongan atau seseorang saja. justru dalam islam kehidupan, hak hidup kedamaian dan persatuan sagatlah dijunjung tinggi demi menciptakan dunia yang damai, tentram dan sejahtera.
Anonim mengatakan…
Jeri Wahyudi
0804710
Konsentrasi Bahasa

Assalamu'alaikum...

menurut saya 5 persepsi ini bertolak belakang dengan ajaran islam yang sebenarnya. entah siapa pun yang membuat pernyataan tersebut, sebenarnya ia hanya memandang islam dari satu sudut pandang dan tidak melihat agama islam lebih dalam. hendaknya bagi kita jangan terlebih dahulu percaya dengan hal yang berbau fitnah, cari fakta yang ada tentang islam kita bandingkan bersama.

mungkin ini pelajaran bagi kita umat islam agar lebih waspada. dan semoga dengan hal seperti ini kita lebih mendalami islam dengan baik.

terima kasih
wassalamu'alaikum...
Ika Retyana Sari mengatakan…
IKA RETYANA SARI (0804725-IPA)

(Bagian 1)

Alhamdulillah, artikel ini cukup memberi wawasan lebih bagi saya, malah sebagian dr yg dipaparkan memang ada yang belum saya ketahui sebelumnya.

1. Jika Anda adalah seorang wanita Muslim, Anda Harus Memakai Jubah dan cadar
Kalau pemakaian cadar dan Burqa itu saya sudah tahu,pemakaian cadar tsb memang ada di beberapa belahan dunia Timur, dan itu lebih kepada budaya yg sudah melekat pada warganya. Pemikiran bahwa wanita muslim itu yg bercadar dan berjubah itu memang salah,karena Al-Qur’an sendiri menjelaskan pada surat (QS. 33:59) “Hai Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu'min:"Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. “ jadi yang diwajibkan sebenarnya adalah menutup aurat, kecuali telapak tangan dan wajah,dengan memakai jilbab menutupi dada.

seorang wanita muslimah akan menemukan bahwa di dalam hukum islam ada perhatian yang sangat tinggi terhadap dirinya agar dapat menjaga kesuciannya, agar dapat menjadi wanita mulia dan memiliki kedudukan yang tinggi. Dan syarat-syarat yang diwajibkan pada pakaian dan perhiasannya tidak lain adalah untuk mencegah kerusakan yang timbul akibat tabarruj (berhias diri) dan menjaga dirinya dari gangguan orang-orang. Syariat Ini pun bukan untuk mengekang kebebasannya akan tetapi sebagai pelindung baginya agar tidak tergelincir pada lumpur kehinaan atau menjadi sasaran sorotan mata dan pusat perhatian.

2. Bapak Pendiri Amerika Serikat Tidak Mau Bertoleransi Pada Islam
Sebenarnya saya kurang bisa memahami dari pernyataan ini. Tapi kalau saya tidak salah menangkap isi persepsi yg ke dua adalah tentang tokoh pendiri Amerika yang ternyata memiliki kekaguman tentang Islam. Padahal sebelumnya mungkin kita berpikir bahwa Amerika tidak ada kepedulian dengan Islam. nah, mereka yg bukan pemeluk agama Islam saja memiliki rasa kagum pd agama Islam. Terlebih lagi seharusnya kita yg sebagai umat muslim bangga dan menjunjung tinggi nilai-nilai ke-Islaman dlm diri kita,agar Islam tetap memiliki nilai estetik religi yg lebih di mata dunia.

3. "Muslim” berarti "Arab"
Ini adalah persepsi yg salah. Banyak orang Barat belum pernah menapakkan kaki di negeri Arab atau dunia Islam tetapi mereka mendapat kesan tentang Islam dan Muslim melalui media masa saja, atau melalui hubungan langsung dengan berbagai macam kelompok pendatang Muslim yang tinggal di negeri mereka. Mereka berasumsi bahwa orang Muslim adalah yg bermukim di Arab. Kita sebagai umat muslim tentu harus lebih mengetahuinya.
Ika Retyana Sari mengatakan…
(Bagian 2)

4. Budaya Barat Apakah Jauh Lebih Manusiawi daripada budaya Muslim ?

Subhanallah ya, Islam mempunyai banyak sekali aturan yg tujuannya untuk mengatur kehidupan manusia, salah satunya aturan atau lebih kepada kode etik berperang.

Seperti dikutip dari CMM/deny “…pemahaman parsial atas Islam (baca: Alquran) dan tidak sesuai dengan jejak (sunnah) Nabi. Perang dalam pandangan Islam dibolehkan sebagai tindakan defensif (QS al-Baqarah [2]: 194) dan ofensif saat umat Islam dianiaya (QS Al-Hajj [22]:39), kaum musyrik mengingkari perjanjian (QS. At-Taubah [9]: 12), dan untuk membela orang yang tertindas (QS an-Nisa [4]: 75). Nabi Muhammad menyatakan bahwa dalam peperangan kaum Muslim tidak boleh membunuh orang tua, anak-anak, dan wanita, musuh yang menyerah, merubuhkan tempat ibadah, dan merusak tumbuh-tumbuhan (Lihat Wawancara RRI dengan Yunahar Ilyas, 15 Februari 2006).”
Nah, Jelas tergambar bukan kalau budaya Muslim lebih manusiawi. Jika dikaitkan dengan issu-issu terror bom yang dilakukan oleh org yg mengatasnamakan Islam dengan alasan Jihad,itu SALAH BESAR! Mereka yg seperti itu tidak memahami betul apa itu jihad, dengan kata lain pemahaman tentang aqidah ke-Islamannya hanya secara parsial(tidak menyeluruh). Maka kita sebagai umat Muslim sudah seharusnya memahami dengan mendalam ajaran Islam. jangan sampai salah tafsir dan berbuat menyimpang dari ajaran agama kita.

5. Apakah Islam Terjebak di Abad Kegelapan

Jelas persepsi yg demikian salah. Justru Ilmu-ilmu yg berkembang di dunia mulai dari sains, sosial, ilmu perbintangan dan lain sebagainya semuanya itu ada karena Islam. terlebih lagi Islam memiliki pedoman hidup yg terjaga kebenarannya yaitu Al-Qur’an. Al-Qur’an memberikan umat manusia hidayah yang salah satunya, mengeluarkan manusia dari kegelapan menuju cahaya Ilahi. Ajaran Alqur’an membimbing manusia agar keluar dari kegelapan yang berupa kekafiran, kesesatan dan kebodohan menuju cahaya Ilahi yang berupa keimanan, keislaman dan ilmu pengetahuan.

Allah SWT berfirman: Alif, laam raa. (Ini adalah) kitab yang kami turunkan kepadamu supaya kamu mengeluarkan manusia dari gelap gulita kepada cahaya terang benderang dengan izin Tuhan mereka, (yaitu) menuju jalan Tuhan Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji.(Q.S. Ibrahim [14]: 1).

Seperti juga dijelaskan dalam (Q.S. Al-Maa’idah [5]: 16). “Dengan kitab itulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikuti keridhaan-Nya kejalan keselamatan, dan (dengan kitab itu pula) Allah mengeluarkan orang-orang itu dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dengan seizin-Nya, dan menunjuki mereka kejalan yang lurus.”

Maka jelaslah sudah bahwa Islam tidaklah terjebak dalam kegelapan. Islam membawa kita ke dalam keselamatan umatnya,asalkan tetap berpegang teguh melaksanakan segala apa-apa yang di perintahkan Allah dan menjauhi laranganNya.

Entri Populer