Resep Cinta dari Ibnu Atha'illah



telah lama... cinta tersasar... dari cinta yang suci....
telah lama... cinta tersisih... dari cinta hakiki......
karena sekian lamanya..... manusia, dibuai cinta nafsu...
sering berubah... tidak menentu...
seperti pantai... dipukul ombak...

Siapa sih yang tidak pernah jatuh cinta, sedangkan perasaan mencintai dan dicintai adalah fitrah manusia. Tetapi, pada kadar tertentu, ada rasa cinta yang bisa membuat seseorang mabuk kepayang. bisa membuat seseorang merana, tersiksa sampai setengah gila. cinta yang membuatnya menderita itu semakin membuat jiwanya rapuh, membobol benteng keimanan, menangis air mata darah, sampai menghalalkan segala cara untuk bisa berdekatan terus dengan orang yang dicintainya.

Itu adalah sebagian kecil tanda-tanda dari penyakit cinta. ya, penyakit cinta, sebab cinta sejati itu menyembuhkan, bukan menyakitkan.

Inilah resep cinta dari Ibnu Athaillah: tidak ada yang bisa mengusir syahwat atau kecintaan pada kesenangan duniawi selain rasa takut kepada Allah yang menggetarkan hati, atau rasa rindu kepada Allah yang membuat hati merana.
Hampir semua orang yang pernah jatuh cinta merasakan apa yang dirasakannya. Dan perasaan itu tidak akan bisa kaukeluarkan, kauusir dari dalam hati, kecuali jika kamu memiliki 2 hal:

1. rasa cinta kepada Allah yang luar biasa, yang menggetarkan hatimu. sehingga ketika yang ada di hatimu adalah Allah, yang lain dengan sendirinya menjadi kecil dan terusir.

2. rasa rindu kepada Allah yang dahsyat sampai hatimu merasa merana. jika kau merasa merana karena rindu kepada Allah, kau tidak mungkin merana karena rindu kepada yang lain. jika kau sudah sibuk memikirkan Allah, kau tidak akan sibuk memikirkan yang lain.

Saat hati seseorang miskin oleh cinta dan rindu kepada Allah, maka hati itu akan dijajah oleh cinta dan rindu pada yang lain. Itulah yang membuatmu tersiksa.
Mencintai makhluk itu sangat berpeluang untuk menemui kehilangan. Kebersamaan dengan makhluk itu juga berpeluang mengalami perpisahan. Hanya cinta kepada Allah yang tidak.

Jika kau mencintai seseorang ada dua kemungkinan; diterima atau ditolak. Jika ditolak pasti sakit rasanya. Namun jika kau mencintai Allah pasti diterima. Jika kau mencintai Allah, engkau tidak akan pernah merasakan kehilangan. Tak akan ada yang merebut Allah yang kaucintai itu dari hatimu. Tak akan ada yang merampas Allah. jika kau bermesraan dengan Allah, hidup bersama Allah, kau tidak akan pernah berpisah dengannya. Allah akan setia menyertaimu. Allah tidak akan berpisah darimu, kecuali kamu sendiri yang berpisah dari-Nya. Cinta yang paling membahagiakan dan menyembuhkan adalah cinta kepada Allah 'Azzawajalla.

Wallahua'lam bishawwab

Sumber:

http://izti.multiply.com/journal/item/43

Komentar

Anonim mengatakan…
Nama : Haditsah Nurshifa
NIM : 070215
Kelas: 2f
tulisan ini sangat bagus didalamnya kita tau bahwa cinta yang hakiki hanyalah cinta kepada Allah,hal ini dapat menjadi pelajaran bagi kita semua,walaupun kita mencintai seseorang cinta itu tidak boleh melebihi kecintaan kita terhadap Allah.
Anonim mengatakan…
Nama : Nenden Kani Dewi
NIM : 0702018
Kelas : 2F
tulisan ini berisi tentang fitrah manusia dalam mencintai dan dicintai oleh manusia yang lain, tapi ras cinta yang dimilki haruslah sesuai dengan kadarnya karena apabila sudah melampaui kadarnya, cinta yang tadinya suci bisa menjadi menyengsarakan. dalam tulisan inipun mengandung makna bahwa cinta yang menenangkan hati dan menyejukan jiwa hanyalah rasa cinta pada Allah, karena cinta pada makhluk Allah akan berpeluang kehilangan tapi cinta kepada Allah tidak akan pernah, karena Allah akan selalu menyertai kita, sebab, sebenarnya cinta yang hakiki adalah cinta kita kepada Allah, itulah pesan yang saya dapat dari resep cinta dari Ibnu Atha'illah.
Anonim mengatakan…
Nama : Panca Yunia Sulistiowati
NIM : 0702013
Kelas : 2F
setiap manusia memiliki perasaan untuk mencintai dan dicintai oleh sesamanya. tetapi rasa mencintai terhadap seseorang tersebut tidak lebih rasa cinta kita kepada Allah SWT karena cinta rasa cinta kepada Allah SWT adalah cinta yang hakiki. sehingga kita tidak akan takut kehilangan dan tidak akan ada yang merebut Allah SWT dari sisi kita. tulisan diatas bisa menjadi cerminan hidup bagi kita.
Anonim mengatakan…
Nama : Ahmad supiandi
NIM : 0701973
kelas : 2f

Assalamu'alaikum WR.WB.
alhamdulillah ala ni'matillah saya masih diberi kesempatan untuk melihat sebuah nasehat yang belum pernah sama sekali terfikirkan dalam benak saya.untuk selalu mengingat akan sebuah arti cinta yang sesungguhnya.
Menurut ibnu Ata'illah mengingatkan kepada kita akan kesadaran terhadap cinta kepada Allah.karena banyak manusia yang mencintai sesuatu melebihi cinta kepada Allah
menurut saya bahwa kita hidup di dunia ini hanya bersifat sementara begitu juga dengan cinta yang selalu dirasakan dikehidupan ini,akan tetapi lain halnya dengan cinta hakiki,cinta terhadap Sang Pencipta yang maha satu akan selalu ada sampai kita kembali disisinya.maka dari itu jikalau manusia lepas dari cinta-Nya jelas berarti kita sudah keluar dari kasih sayang Allah .Kita lihat seperti Rosulullah sebagai kekasihnNya.kemanapun rosul akan melangkah maka utusan allah malaikat jibril akan mengikutinya sebagai bodigar rosullullah .segal apa yang rosul kehendak pasti allah mengabulkannya kenapa ? karena besar dan maha agungnya cinta rosul terhadap Allah Aza wajalla.Syukron Katsiron Wassalamu'ailaikum Wr.Wb.
Anonim mengatakan…
Nama:Dewi Suminar
Nim:0702027
Kelas:2F

Tulisan ini berisi tentang perbedaan antara mencintai makhluk dan mencintai Allah SWT.jelas bahwa jika kita mencintai seseorang pasti cinta itu tidak akan abadi sedangkan jika kita mencintai Allah pasti kita akan merasa dilindungi-Nya.dan Allah akan selalu menyertai manusia yang mencintai-Nya.
Anonim mengatakan…
Nama : Arifullah
kelas : 2f
NIM : 0702041

Assalamu'alaikum.Wr.Wb.
Bismillahirahmanirohim
Innamal mu'minuna ikhwatun faaslihuu baina akhwaikum..
teringat ayat di atas saya pribadi sangat bersyukur sekali kepada Allah SWT dengan perantara Ibnu Atha'illah beliau memberikan pesan yang tersurat maupun tersirat untuk mengajak kepada jalan yang benar yaitu untuk selalu menjunjung tinggi kepada cinta haqiqi(cinta kepada Allah)kita harus mencintai sesuatu
hanya karena Allah semata dan tidak melebihi cinta kita kepada-Nya.cinta sejati mendengar apa yang tidak dikatakan, mengerti apa yang tidak dijelaskan sebab cinta tidak datang dari bibir,lidah atau pikiran melainkan hati.
wassalamu'alaikum.Wr.Wb.
Anonim mengatakan…
Nama:Haerotul Fitriah
Nim:0702023
Kelas:2F
Cinta sering disalah artikan karena cinta orang bisa lupa terhadap Allah,orang tua,bahkan dirinya sendiri.keimanan yang kuat adalah obat yang sangat sulit didiapat,karena pergaulan yang sekarang melampaui batas ajaran islam yang seharusnya dicontoh oleh agama lain tetapi perbuatnnya melanggar norma yang ada.Allah memberikan jalan yang terbaik dan mudah ditempuh baik didunia maupun di akhirat.kita akan merasa bahagia karena menjalankan perintahnya dengan ikhlas.cintailah Allah seperti engkau mencintai dirimu sendiri karena apa yang ia berikan tidak akan terhitung dengan keimanan dan kebaikan yang kita miliki.
Anonim mengatakan…
Nama:Nurlaelah
Nim:0701997
Kelas:2f
Puisi diatas menceritakan tentang arti atau makna sebuah cinta.yang kian lama kian terkikis,cinta suci yang merupakan fitrah dari Allah yang diberikan kepada setiap manusia.seringkali orang mengatasnamakan cinta untuk menutupi hawa nafsu semata,yang akan membawa kita pada jurang penderitaan,menderita karena
penolakan,karena kehilangan bahkan karena penghianatan yang membuat orang yang dimabuk cinta itu nekat melakukan hal-hal yang dimurkai oleh Allah.puisi diatas juga menerangkan bahwa kita akan mendapatkan kebahagiaan yang amat sangat besar bila cinta kita hanya tertuju kepada Allah semata.karena bila cinta kita hanya tertuju pada Allah maka kita tidak akan merasa kehilangan kehilangan atau penghianatan.
Anonim mengatakan…
Nama : Eliyani Rahmawati Dani
Kelas : 2F
NIM : 0702016

perasaan cinta dan jatuh cinta merupakan fitrah manusia, kita biasanya memberikan cinta kepada orang yang memberikan kebaikan kepada kita, semakin besar dan banyak kebaikan yang mereka berikan, maka semakin pula cinta kita kepada orang lain. tapi bisa juga objek yang kita cintai itu bukan orang melainkan alam, misalnya keindahan gunung, pantai, dan taman. kita kagumi keindahan alam sehingga kita mau berkorban untuk objek yang kita cintai itu. namun perlu diingat diluar kita ada Allah SWT yang justru maha indah dan selalu memberikan kebaikanNya pada kita. tapi karena abstrak seolah-olah Allah SWT itu tidak ada sehingga kita memberikan cinta kepada sasaran yang tidak semestinya kita cintai.
seharusnya, kita memberikan cinta kepada Allah SWT yang telah memberikan kecintaan dan kebaikan Nya kepada kita. walaupun Allah SWT tidak membutuhkan cinta itu.
Anonim mengatakan…
nama :Resti diana
nim :0702031
kelas:2F
asalamualaikum WR.WB.
resep cinta dari ibnu athaillah mengatakan bahwa tidak ada yang bisa mengusir syahwat atau kecintaan pada kesenangan duniawi selain rasa takut kepada Allah yang menggetarkan hati, atau rasa rindu kepada Allah yang membuat hati merana.
saya sangat bersyukur karena lewat pesan dari ibnu athaillah saya menemukan arti cinta yang sesungguhnya,beliau memberikan pesan bahwa kita harus mencintai sesuatu hanya karena Allah, maka dengan mencintai Allah kita juga akan mencintai segala yang di ciptakannya.
Pada dasarnya, cinta itu karunia Allah, siapapun pasti merasakannya, cinta itu perasaan kagum, sayang, dan ketulusan hati. cinta sejati itu pasti ada, kepada Allah, dengan semua makhluk di dunia ini, kapan itu datangnya, adalah pada saat kita bisa menerima kekurangan dia menjadi kelebihannya,dan kelebihannya menjadi penutup kekurangannya, cara saya untuk mencintai seseorang yaitu dengan ketulusan hati dan kesabaran karena cinta itu bukan pengabdian, tapi ketulusan hati dan kesabaran karena cinta itu bukan pengabdian, tapi ketulusan hati. cinta saya hanya akan saya berikan pada Allah, sedangkan dengan seseorang akan saya berikan kasih sayang dengan memberikan perhatian khusus padanya.
Anonim mengatakan…
Nama: Ipat Patmawati
Nim: 0702034
Kelas: 2F
Assalamu'alaikum WR.WB.
Saya sangat setuju dengan Ibnu Athaillah. Memang cinta yang abadi hanyalah milik Allah swt,walaupun di dunia ini kita mencintai seseorang akan tetapi rasa cinta itu hanya bersifat sementara. Dan kita tidak boleh melebihi rasa cinta kita kepada Allah hanya untuk seseorang.
Keberadaan cinta merupakan faktor dominan dalam melestarikan eksisitensi manusia dan interaksinya dengan sesama manusia. Ketika cinta diarahkan kepada kebaikan, maka cinta dapat membawa keutuhan, perdamaian, kebaikan pada kehidupan bermasyarakat. Cinta yang ditumbuhkan oleh faktor keimanan, maka akan menghasilkan berbagai hal yang mengagumkan. Tingkatan cinta tertinggi hanyalah milik Allah.Dalam kehidupan sehari-hari tidak ada orientasi selain kepada Allah, kita akan selalu yakin bahwa segala sesuatu yang telah Allah tetapkan adalah yang terbaik bagi manusia.
Anonim mengatakan…
Nama : Ricki Vebriana
Nim : 0701989
Kelas : 2F

Alhamdulillah, pujisyukur saya masih bisa mendapat pembelajaran apa itu cinta dan bagaiman cinta yang hakiki itu, dari apa yang telah di tuangkan oleh ibnu atha'ilah bahwa cinta itu menyembuhkan bukan menyakitkan yaitu cinta kita kepada Allah SWT yang harus utama dan paling pertama demi memperoleh kebahagiaan dunia maupun akhirat. karena pada dasarnya cinta itu fitrah yang diberikan Allah SWT untuk bisa saling mencintai sesama mahluk ciptan - Nya. maka dari itu,cinta yang sesungguhnya adalah cinta kita kepada Allah SWT.karena cinta Allah tak kan pernah luntur dan berpaling karena sesungguhnya Allah SWT maha pengasih lagi maha penyayang kepada setiap umatnya. jadi jangan pernah takut tidak dicintai seseorang "lawan jenis" yang penting dicintai dan mencintai Allah SWT.
Anonim mengatakan…
Nama : Elis Heryanto
Kelas :2f
NIM :0702012


Asalammalaikum WR.WB.Alamdulilah setelah saya baca sair cinta dari Ibnu Atahailah, sekarang saya tahu bahwa cinta yang sejati itu hanya kepada Allah SWT.Dan setiap manusia memiliki rasa cinta dan kasih sayang, karena rasa cinta dan kasih sayang itu fitroh dari alla SWT. Maka dari itu hampir semua manusia pernah mengalami jatuh cinta dan tidak ada yang mengusir syahwat atau kecintaan pada kesenangan duniawi, dan perasan itu tidak akan bisa kita keluarkan , kita usir dari dalam hati,kecuali jika kita memiliki rasa cinta kepada Allah SWT yang dahsyat sampai hatimu merasa merana , karena dengan memiliki perasan itu kepada Allah SWT kita sebagai umat manusia akan merasakan kebahagian yang tak terhitung nilainya karena Allah juga akan selalu bersama kita,tidak akan ada yang merebut Allah dari kita karena Allah akan selalu setia menemani dan melindung kita.
Anonim mengatakan…
Nama : Khoirunisa
Nim : 0701978
Kelas: 2F

Assalamualaikum warahmatullohi wabarokatuh..
setelah membaca resep cinta dari Ibnu Athaillah,ya ALLah engkau Tuhanku.. tiada Tuhan melainkan Engkau..Engkau cinta agungku..
Inilah cinta yang sebenarnya, cinta yang didasarkan atas keimanan dan ketaqwaan manusia, cinta seorang hamba kepada sang maha Pencipta, cinta tanda syukur dan tiada kuasa selain kuasanya, cinta ALLah adalah cinta yang tak pernah luntur dan abadi. cinta selain-Nya adalah cinta yang luntur dan berakhir.Meskipun cinta adalah perasaan jiwa, getaran hati, pancaran naluri.Dan terpautnya hati orang yang mencintai pada pihak yang dicintainya dengan semangat yang menggelora dan wajah yang selalu menampilkan keceriaan.Janganlah mencintai akan sesuatu terlalu berlebih-lebihan sehingga mengurangi cintamu kepada ALLah, mencintailah kamu kepadanya dengan makna kecintaanmu kepada ALLah yang maha Pencipta dapat diartikan memandang segala sesuatu karena ALLah semata sehingga apabila kamu mencintai seeorang, cintailah dia dengan sebenar-benarnya karena ALLah. karena itu Islam meletakkan cinta yang tertinggi dalam kehidupan manusia ialah cinta kepada ALLah, tanpa cinta kepada ALLah perlakuan hamba tidak memberi hal-hal yang berarti sedangkan apa yang menjadi tunjangan kepada Islam ialah mengenali dan menyintai ALLah.
Anonim mengatakan…
nama : yulianti
nim : 0701991
kelas : 2f
asslamualaikum !
ini merupakan suatu ungkapan bahwa semua umat manusia memilki rasa cinta tetapi sebagian besar rasa cinta itu hanya kepada seseorang yang mereka cintai. bukan rasa cinta kepada allah SWT
sesungguhnya allah swt yang patut kita cintai dengan sepenuh hati . karena allah telah meciptakan kita, bumi dan langit beserta isinya. allah itu maha penyayang dan pngasih. dengan sifat inilah allah tidak pernah pilih kasih memberikannya kepada umat manusia contohnya saja , seorang pemabuk yang mengakui kesalahannya lalu berttobat allah pun tanpa berfikir panjang memaafkan semua kesalahnya. tidak seperti manusia, ketika ada seseorang yang meminta maaf perlu berfikir panjang.
allah SWT selalu berada disisi kita. dikala senang dan susah. keadaan susah ataupun senagn itu merupakan cobaan dari allah. dimana saat susah allah menguji kita. apakah kita sabar meghadapi cobaan itu atau tidak. dan saat senag pun allah menguji kita, apakah kita sombong atau tidak inilah bikti kalau allah selalu setia disisi kita . tidak seperti manusia , yang selalu setia hanya padaa saat senang . ketika susah datangg tidak ada seorngpun yang menemani. sepertibayanagan yang muncul hanya pada saat terang . saat gelap tiba, bayangan pun hilang begitu saja .
ini hanyalah sebagian kecil bukti rasa sayang allah kepada umat manusia. untuk itu kita harus menyadari bahwa allah swt yang paling utama kita cintai, bukan cinta kepada seseorang . yang membuat hati merana dan sengasara
Anonim mengatakan…
nama : yulianti
nim : 0701991
kelas : 2f
asslamualaikum !
ini merupakan suatu ungkapan bahwa semua umat manusia memilki rasa cinta tetapi sebagian besar rasa cinta itu hanya kepada seseorang yang mereka cintai. bukan rasa cinta kepada allah SWT
sesungguhnya allah swt yang patut kita cintai dengan sepenuh hati . karena allah telah meciptakan kita, bumi dan langit beserta isinya. allah itu maha penyayang dan pngasih. dengan sifat inilah allah tidak pernah pilih kasih memberikannya kepada umat manusia contohnya saja , seorang pemabuk yang mengakui kesalahannya lalu berttobat allah pun tanpa berfikir panjang memaafkan semua kesalahnya. tidak seperti manusia, ketika ada seseorang yang meminta maaf perlu berfikir panjang.
allah SWT selalu berada disisi kita. dikala senang dan susah. keadaan susah ataupun senagn itu merupakan cobaan dari allah. dimana saat susah allah menguji kita. apakah kita sabar meghadapi cobaan itu atau tidak. dan saat senag pun allah menguji kita, apakah kita sombong atau tidak inilah bikti kalau allah selalu setia disisi kita . tidak seperti manusia , yang selalu setia hanya padaa saat senang . ketika susah datangg tidak ada seorngpun yang menemani. sepertibayanagan yang muncul hanya pada saat terang . saat gelap tiba, bayangan pun hilang begitu saja .
ini hanyalah sebagian kecil bukti rasa sayang allah kepada umat manusia. untuk itu kita harus menyadari bahwa allah swt yang paling utama kita cintai, bukan cinta kepada seseorang . yang membuat hati merana dan sengasara
Anonim mengatakan…
nama : SILVIANASARI
nim : 0701995
kelas : 2 f

assalamualaikum pak ! ini komentar dari saya :
KOMENTAR
menurut saya cinta itu selalu ada pada hati semua manusia di muka bumi ini
cinta merupakan sesuatu yang suci dan akan menjadi sesuatu yang kekal dan abadi dan akan terus menjumpai umat manusia di muka bumi ini.
cinta dan nafsu saling berkaitan tanpa nafsu cinta takkan ada. tapi nafsu dalam cinta jangan disalah artikan . nafsu dalam cinta adalah untuk melindungi orang yang kita cintai cint adalah fitrah semua manusia
semua manusia berhak mencintai siapapun yang dia kehendaki. cinta kepada umat manusia atau kepada lawan jenis seringf terjadi dan merupkan hal yang lumrah begi manusia yang telah beranjak dewasa. tetapi apabila cintya telah meraasuki kita lebih dalam kita jangan terlalu dalam mengikuti aturan cinta kita harus ingat kepada yang telah menciptakan cinta yang telah menciptakan umat manusia di muka bumi ini allah lah yang sebenarnya harus selalu kita cintai terkadang umat menusia melupakan akan nikmat dan cinta yang telah diberikan oleh allah sang khalik yang maha kuasa
kita bukan apa-apa di mata allah jadi jangan sekali-sekali membuat allah merasa tidak dicintai oleh kita sebagai umatnya yang npaling dikasihinya.
maafkan aku allah apabila aku telah melupakan mu selama ini aku sadar akau bukan siapa0siapa dimatamu walaupun akau memilki banyak ateman dan keluarga ku yang menyayangiku tapi aku sadar aku kekurangan cinta yang sangat besar yaitu darimu ya allah ! amieen
maaf yah pak curhat
sekia dari silvie tea
hatur nuhun pak
wasaalammualaikum.
Anonim mengatakan…
Nama : yudi yana hidayat
kelas : 2f
nim : 0701934

komentar :
asalmualaikum warohmatuwlohi wabarokatu.

mennur pendapa saya kutipan di atas bagus karena isinya benar-benar mencerminkan kehidupan anak muda zaman sekarang yang salah mengartikan cinta. anak muda sekarang kebanyakan menganggap cinta sebagai sebuah napsu belaka.
padahal cinta itu ibarat gunung yang indah jika di pandang dari jauh tapi jika kita sudah mendaki gunung di dldalam gunung terdapat banyak jurang yang bisa membuat kita terjatuh begitupula cinta jika kita salah mengartikan cinta maka hanya akan membuat kita terjatuh kedalam jerat setan.
mungkin cukup sekian komtar saya kurang dan lebihnya komentar saya mohon maaf,
ungsikum wanapsibitaku Allah wasalamualaikum warohmatuwlohi wabarokatu.
Anonim mengatakan…
Nama :Bayu Crosbi panata
Kelas : 2 f
Nim : 0701987

Assalamu'alaikum.Wr.Wb.
menurut saya resep dari ibnu atha'illah ini sangat bagus dn sangat perlu juga untuk kita memahami dan menjejelkannya ke dalam diri dan hati kita dengan harapan aga kita menjadi muslim yang tak tergolong ke dalam muslim yang mempuyai suatu perasaan yang terkadar minim dalam perasaan cintanya kepada tuhan kita yaitu ALLAH SWT. karena tak dapat di pungkiri lagi pada saat sekarang para umat islam kurang maksimal dalam menumbuhklan dan menjaga rasa pertumbuhan cintanya itu kepada ALLAH.
Anonim mengatakan…
Nama:Anna Agustina Medarika
Nim: 0701976
kelas:2F
Assalamualaikum Wr.Wb.
Bissmillahirohmanirrohim

Coretan pena dari Ibnu At-Thaillah menuangkan suatu inspirasi bagiku tentang makna cinta yang sesungguhnya.
Mengapa demikian,,karena apa yang tersirat dalam goresan pena sang pujangga dapat mengolah makna cinta yang kita tahu menjadi suatu makna dalam menemani perjalanan menuju kehidupan yang penuh cinta dalam naungan keridhoan-Nya.
Ketika cinta melabuhkan cinta diarmada tanpa nahkoda, maka cinta itu akan tenggelam bersama dilautan cinta, karena tak ada yang dapat mengendalikan beban cinta yang begitu kuat.
Namun ketika kita melabuhkan cinta itu dilabuhkan di armada yang tangguh dan dengan pengendali yang tak tertandingi maka cinta akan berlayar dengan membawa ketenangan menerjang ombakdilautan cintadan akan bersandardi pulau keridhoan-NYa.
Resep cinta dari Inbu At-Thaillah membuka mata hatiku dalam bercermin pada keagungan cinta.. Aku hanya tenggelam oleh cinta fana.. padahal Engkaulah yang mencintaiku tanpa lelah,menjadikanku ada didalam nikmtanya cinta,memberiku ras cinta.
Resep cinta dari Ibnu At-Thaillah, jadikan aku untuk berfikir bahwa sesungguhnya hanya Engkaulah yang harus aku cinta.
aku sebagai hambamu yang hidup dalam kekhilafan dilahirkan untuk saling mencintai, menyayangi dan memberi, semua itu kuberikan sebagai rasa cintaku pada-Mu.
Jadikanlah Resep Cinta Dari Ibnu At-Thaillah sebagai olahan yang dapat menghidangkan arma cinta dalam naungan keridhoan Illahi.
Allahu Akbar
Anonim mengatakan…
Nama: Reni Andrika
Nim: 0701974
Kelas: 2F
Assalamualaikum wr. wb
Bismillahirrahmanirrakhim

Puisinya sangat bagus dan menyentuh hati, hingga diriku terhanyut dalamnya, seluruh bulu romaku pun beranjak dan bersorak mengaguminya.
Puisi ini berisi mengenai cinta yang hakiki kepada siapa seharusnya cinta itu dilabuhkan.
Cinta, Siapa yang tak mengenal cinta. Hampir seluruh manusia di jagat raya ini pasti pernah mendengar kata cinta. Namun, mayoritas manusia menyalah artikan kata cinta itu. Cinta, bila dibicarakan asal mula kata cinta itu, tiada hentinya dan tak akan pernah berujung. Karena cinta memiliki banyak makna. Cinta itu anugerah dari yang maha kuasa. Cinta telah lahir secara fitrah dalam diri setiap manusia. Setiap manusia pasti pernah jatuh cinta sedangkan perasaan mencintai dan dicintai adalah fitrah manusia. Cinta itu indah, bila kita mampu merasakannya dengan hati. Karena cinta juga timbul dari dalam hati. Cinta sejati hanya datang dari ilahi, pemilik segala yang ada di jagat raya ini. Cinta sejati hanya menyembuhkan dan tak mungkin menyakitkan. Karena cinta yang paling membahagiakan hanya datang dari Allah. Cinta yang luar biasa hanya ada pada Allah, yang mampu menggetarkan hati, membuat bahu bersujud, dan membuat tangan bertakbir.
Sungguh hina diri ini, karena telah menduakan cinta-Mu. Padahal dalam diri Aku mengetahui, tetapi hati tak mampu meresapi cinta yang sejati dari-Mu.
Kini cintaku hanya satu, dengan segenap hati hanya ku curahkan di pelabuhan-Mu.
Dan kini ku yakini, arti cinta yang telah lama kau beri.
Dengan kata "SUBHANALLAH" ku kagumi cinta sejkati-Mu.
I LOVE YOU MY GOD.
Anonim mengatakan…
Nama : WIDIYA SARI
Kelas : 2f
NIM : 0702005

Assalamualaikum ...
Kadang kita tidak sadar bahwa yang selamanya dan yang kita cintai hanya Allah semata bukan makhluk-makhluk lain terkecuali Allah. Cinta yang harus kita berikan sebaiknya hanya kita berikan untuk Allah selanjutnya kepada orang tua kita yang telah membimbing, mengasuh kita dari kecil hingga kita dewasa dan memberikan ilmu didunia dan diakhirat kelak. kita sebagai umat masih banyak sekali kekurangan karena kita dikodratkan sebagai makhluk yang tak sempurna(banyak sekali kekurangan dibandingkan dengan kelebihan). sementara kita hidup di dunia hanya memikirkan kehidupan dunia semata tidak pernah memikirkan kehidupan diakhirat kelak dan tidak pernah memikirkan apakah kita termasuk orang-orang yang berakhlak baik,mulia atau tidaknya. selain itu juga hati dan penglihatan kita sudah tertutup karena keterlenaan kita terhadap dunia dan rasa cinta kepada makhluk lain yang bukan mukhrimnya dan sifatnya tidak akan kekal dalam arti lain cinta yang masih plin-plan(berubah-ubah). sebaliknya kalau kita cinta dan belajar untuk mencintai Allah, hati,pikiran,jiwa dan raga kita akan selalu keakal atau abadi dan rasanya akan terasa nikmat dihati walaupun kita menjalani cinta kepada Allah dengan rasa tulus dan ikhlas. Disamping itu juga,kalau kita semakin dengan Allah dan selalu menjalankan perintahnya dan menjauhi segala larangannya insya allah kita akan hidup bahagia seperti di surga. Amin.
KESIMPULANNYA, Bahwasanya cinta Allah kepada kita akan selamanya kekal atau abadi didunia maupun diakhirat.
Anonim mengatakan…
Nama: Mimi Sumiati
Nim: 0702010
Kelas: 2F

Assalamu alaikum wr. wb
Bismillahirrahmanirakhim

Setelah saya baca isi puisinya, subhanallah bagus sekali isi puisinya sampai hati dan badan ini bergetar membacanya. Sebelum saya membaca puisi ini,saya belum menyadari arti cinta yang sesungguhnya. Puisi ini membuat mata hati saya terbuka untuk melihat arti cinta yang hakiki dan sejati.
Memang semua manusia pasti pernah merasakan cinta, baik cinta orang tua kepada anak, dan sebagainya. Tetapi saya dan manusia yang lain belum tahu arti yang sesungguhnya. Manusia yang mencintai manusia lainnya hanya memiliki cinta karena nafsu, dan cinta itu tidak kekal abadi selamanya.
Karena cinta manusia bisa menghalalkan segala cara, bagi mereka yang di tolak bisa melakukan sesuatu yang tidak disukai Allah SWT.
Dalam puisi tersebut saya setuju, apalagi dengan kata-kata "Cinta sejati itu menyembuhkan bukan menyakitkan", Saya berfikir bahwa apakah sudah ada orang yang mendapatkan cinta sejati itu? Ternyata cinta sejati kita manusia hanyalah Allah, Allahlah cinta sejati kita bukan manusia lagi.
Semoga puisi ini banyak orang yang membaca, sehingga manusia atau orang yang membacanya tidak terjebak dengan cinta yang mereka tafsirkan.
Dan semoga dengan puisi ini orang menjadi terbuka mata dan hatinya untuk mencintai Allah bukan cinta yang mereka jalani sekarang yang tidak akan kekal abadi selamanya. Sesungguhnya cinta sejati kita yang kekal abadi adalah Allah SWT.
Anonim mengatakan…
Nama : Rotibah
Nim : 0701996
Kelas : 2F

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Saya kagum terhadap coretan pena Ibnu At-thaillah, beliau telah mengajarkan sekaligus membuka mata hati kita tentang arti cinta yang sesungguhnya kepada kita. Ya, emang benar manusia pasti pernah jatuh cinta, tidak ada manusia yang tidak pernah merasakan jatuh cinta, karena apa? Karena Allah swt menciptakan kita sebagai manusia yang memiliki rasa cinta dan kasih sayang, buktinya apa? Buktinya adalah apabila Allah tidak menciptakan manusia dengan cinta dan kasih sayang mungkin manusia dengan makhluk hidup lainnya akan bercerai berai, saling bermusuhan dan mungkin saja dunia ini akan hancur apabila manusia tidak memiliki rasa cinta dan kasih sayang terhadap sesama. Tapi perlu diingat bahwa cinta kepada manusia itu ada batasnya, karena apa? Karena apabila manusia memiliki cinta yang tak ada batasnya maka manusia akan terjerumus ke dalam cinta itu sendiri dengan penuh berlumur dosa, artinya manusia akan mengalami suatu penyakit cinta yang tak ada obatnya karena cinta kepada manusia suatu saat akan luntur tetapi, rasa cinta yang sejati hanya didapat dari Allah swt, cinta yang hakiki hanyalah cinta kepada Allah, oleh sebab itu cintailah Allah dan berusahalah untuk mencintai Allah karena cinta kepada Allah kita tidak akan pernah merasa sakit, Allah pasti akan menerima kita apa adanya, baik atau buruk kita sebagai manusia pasti Allah tidak akan meninggalkan kita, Allah pasti berada disamping kita dan Allah akan selalu melindungi kita dan semoga kita semua termasuk umat yang mencintai maupun dicintai oleh Allah swt. Amin...amin ya Robbalalamin
Anonim mengatakan…
Nama : Hayati Nufus
Kelas : 2f
NIM : 0701998

Assalamualaikum..

Saya sependapat dengan puisi tersebut karena tidak bisa kita ingkari bahwa perasaan cinta dan mencintai adalah fitrah dari Allah, yang kadang membuat kita tersasar dari cinta hakiki menuruti hawa nafsu karena memang setiap manusia cenderung melakukan hal-hal yang negatif, namun apabila kita mencintai Allah dengan luar biasa maka semuanya akan menjadi kecil dan terusir benar resep Ibnu Athaillah merindukan Allah tidak akan pernah merana. kalau kta pikirkan lebih dalam lagi apabila kita mencintai Allah dengan sebenar-benarnya maka Allah juga akan membalas lebih besar dari cinta kita, dan apapun keinginan yang terserat dihati yang menurut kita baik, dan menurut Allah baik maka Allah akan memberikannya, cinta kepada Allah itu tidak ada kebohongan karena kita tidak mungkin bisa membohongi Allah sedangkan kalau kita cinta kepada makhluk diitu sedah pasti banyak kebohongan didalamnya dan akan berakhir pada kesakitan yang pasti akan dirasakan hati kita.
Anonim mengatakan…
Nama : Ayu Wahyuni
Kelas: 2F
NIM : 0702009

Assalamu'alaikum wr,wb.
Alhamdulillah setelah saya membaca dan dapat mengerti akan arti puisi karya Ibnu At-Thaillah ini, saya menyadari bahwa Cinta kita kepada Allah swt sungguh sangat luar biasa dan tidak ada satu makhluk lain dapat menggantikan posisi-Nya.
Saya sadari apabila jatuh cinta kepada seseorang dapat membuat kita dimabuk kepayang, kadang membuat kita tergila-gila dan tidak memperdulikan hal lain disekitarnya. Tetapi setelah kita menyadari bahwa apabila kita mencintai Allah itu sangat luar biasa, kita tidak pernah merasakan yang namanya sakit hati,dibenci dan ditinggalkan oleh orang yang kita sayangi.
Saya menyadari jika kita mencintai Allah swt, kita tidak pernah merasakan kehilangan dan tidak ada yang akan merebut Allah. Tidak akan ada yang merampas Allah jika kita bermesraan dengan Allah dan hidup penuh Cinta kepada Allah swt.Mulai saat ini kita harus berusaha dalam hidup untuk mencintai Allah swt sepenuhnya, karena hidup kita akan merasa damai dan tentram.Amin Ya Robal aLamin....
Anonim mengatakan…
Nama : Rita Nur Rahayu
NIM : 0701982
Kelas : 2F

Menurut pendapat saya, puisi tersebut sangat bagus. Karena didalam puisi tersebut terdapat makna yang menyadarkan kepada kita semua untuk mencintai Allah. Karena hanya cinta kepada Allah lah yang paling hakiki, berbeda ketika kita mencintai seseorang selain Allah kita akan merasakan yang namanya kehilangan dan kecewa. Karena apabila selain dengan Allah perjumpaan itu pasti akan menemui perpisahan. Oleh karena itu do'a yang selalu ku panjatkan kepada-Mu ya Allah adalah "Ya Allah, jika ku jatuh hati semoga tidak melebihi cintaku padamu, dan jika ku jatuh hati maka tunjukanlah pria yang mencintaimu juga ya Allah. Amin...
Anonim mengatakan…
Nama:yulia Desiana
NIM: 0702002
kelas ; 2f

Assalamualaikum...

Saya sangat tersentuh sekali dengan resep cinta yang telah diberikan oleh Ibnu Atha'Illah ini setelah saya membacanya.
kata-kata dalam penulisannya sungguh bagus sekali, didalam puisi ini penulis memberitahukan tentang arti cinta yang sebenarnya, dimana sang penulis secara tidak langsung memeberitahukan kepada pembaca bahwasaNya jikalau kita ingin mandapatkan kebahagiaan yang hakiki dari cinta itu sendiri dalam kehidupan kita, maka pilihlah cinta kepada Allah SWT. cinta yang dapat menjadikan hati tentram dan bahagia selamnya tanpa merasakan yang namanya kehilangan.
Anonim mengatakan…
Nama : Indah Nur Lestari
Nim : 0701985
Kelas : 2F

Cinta merupakan sebuah anugrah yang indah yang telah diberikan oleh Allah S.W.T kepada setiap makhluknya. Tetapi kadang kala manusia selalu terjerumus terhadap kecintaan duniawi saja, padahal cinta yang sejati dan hakiki hanyalah cinta kepada Allah S.W.T. Dengan memiliki rasa cinta dan rindu kepada Allah, kita tidak akan merasakan rasanya sakit hati dan merana dalam kehidupan duniawi ini. Karena Allah tidak akan pernah meninggalkan kita, Allah selalu dan akan setia bersama kita dalam suka maupun duka kecuali kita sendiri yang meninggalkan-Nya.
Anonim mengatakan…
Nama : Nenden Putri Hajariah
Nim : 0702032
Kelas : 2f

menurut pendapat saya mengenai resep cinta dari ibnu atha illah, sangatlah bagus dan menarik, karena disitu menceritakan tentang cinta. setiap manusia yang ada dimuka bumi ini pasti merasakan yang namanya mencintai dan dicintai. hal tersebut sangatlah wajar, karena itu semua adalah fitrah manusia. allah telah menganugrahi cinta kepada manusiaoleh sebab itu kita sebagai manusia harus mensyukurinya.. tetapi, cinta kepada manusia tidak boleh melebihi cinta kita kepada allah. karena apabila kita ada saatnya pada saat kita mencintai seseorang, suatu saat kita akan merasakan sakit hati. tetapi tidak demikian dengan kita mencintai allah, dengan kita mencintai allah hati kita akan merasakan tenang, damai, dan tentram. dengan mencintai allah kita tidak akan merasakan, dan tidak akan merasakan kehilangan karena mencintai allah. karena allah selalu ada bersama kita.cinta yang hakiki, yang menyembuhkan adalah hanya cinta kepada allah.
Anonim mengatakan…
Nama:Eneng Hilwati
Nim:0702020
kls:2F

Assalamualaikum wr.wb

Resep cinta dari Abnu Athahilah sangatmenyejukan hati kita.sebagai seorang muslim yang sejati kita harus menjadiseorang yang mencintai Allah dengan tulus sebagaimana Ibnu Athahilah berpesan.
Tidak ada yang bisa mengusir syahwat atau kecintaan dan kesenangan duniawi selain rasa takut kepada Allah yang membuat hati kita merana.
Musuh terbesar manusia adalah hawa nafsu.maka kita harus bisa menahan hawa nafsu dengan mempertebal keimanan.dan jika kita mencintai seseorang janganlah melebihi cinta kita kepada Allah.
Anonim mengatakan…
Oleh : Khaerul Soleh
Nim 0702001
kelas 2 F
Assalamualaikum Wr. Wb.

Cinta adalah sebuah fitrah dan anugrah yang telah diberikan kepada manusia. Dengan cinta mereka bisa hidup dengan damai. Resep Cinta dari Ibnu Atha’illah mengingatkan pada Senandung nasyid Raihan yang berbunyi :
“Carilah cinta yang sejati yang ada hanyalah pada Nya
Carilah cinta yang hakiki yang ada hanyalah Yang Esa
Di dalam mencari cinta yang sejati banyaknya ranjau kan ditempuhi
Di dalam mencari cinta yang hakiki banyaknya onah yang diredai
“Carilah cinta yang sejati yang ada hanyalah pada Nya
Carilah cinta yang kekal selamanya yang ada hanyalah Yang Esa
Namun janjinya kepada hambanya takkan pernah dipungkri dan tidak pernah melupakannya…..”
Puisi ini merupakan fakta yang terjadi dalam keadaan sekarang terutama para generasi muda islam yang memang sudah terjamah dengan kecintaan duniawi hingga tak sedikit mereka terprosok kedalam jurang kenistaan cinta dalam kemaksiatan. Padahal Allah senantias memberikan cinta yang suci dalam mencintai dengan batasan pada aturan yang diberikan. Mereka lupa, kadang terbuai cinta yang sejati mereka cari. Tapi kenyataan hanya sebuah kematian yang dilegendakan oleh Romeo dan Juliet. Seandainya mereka tahu bahwa cinta sejati hanyalah pada Allah niscaya mereka tak pernah mencari cinta sejati yang lain. Hanya pada Allah lah Ibnu Atha’illah menggambarkan cinta yang sejati, cinta yang tak pernah hilang, takkan pernah ada yang merebut Allah dari hatimu. Kau tidak akan pernah berpisah denganNya…….. karena Dialah yang patut kita Cintai.
Puisi ini mudah dipahami oleh orang yang membacanya, merefleksikan diri yang tidak lepas dari cinta duniawi ketiak orang membacanya, menggambarkan keadaan cinta sekarang yang jauh dari aturan-aturan, memilki konsep kata-kata yang lugas dan dapat dimengerti. Tetapi ada hal yang kurang dari segi gambaran orang-orang yang dulu pernah merasakan cinta sejati terhadap duniawi dan cinta sejati hanya pada Allah, jika ditambahkan itu pasti akan merasakan betapa bodohnya mencintai duniawi dan betapa nikmatnya cinta ketika Allahlah sandaran hidup kita.
Anonim mengatakan…
Oleh : Khaerul Soleh
Nim 0702001
kelas 2 F
Assalamualaikum Wr. Wb.

Cinta adalah sebuah fitrah dan anugrah yang telah diberikan kepada manusia. Dengan cinta mereka bisa hidup dengan damai. Resep Cinta dari Ibnu Atha’illah mengingatkan pada Senandung nasyid Raihan yang berbunyi :
“Carilah cinta yang sejati yang ada hanyalah pada Nya
Carilah cinta yang hakiki yang ada hanyalah Yang Esa
Di dalam mencari cinta yang sejati banyaknya ranjau kan ditempuhi
Di dalam mencari cinta yang hakiki banyaknya onah yang diredai
“Carilah cinta yang sejati yang ada hanyalah pada Nya
Carilah cinta yang kekal selamanya yang ada hanyalah Yang Esa
Namun janjinya kepada hambanya takkan pernah dipungkri dan tidak pernah melupakannya…..”
Puisi ini merupakan fakta yang terjadi dalam keadaan sekarang terutama para generasi muda islam yang memang sudah terjamah dengan kecintaan duniawi hingga tak sedikit mereka terprosok kedalam jurang kenistaan cinta dalam kemaksiatan. Padahal Allah senantias memberikan cinta yang suci dalam mencintai dengan batasan pada aturan yang diberikan. Mereka lupa, kadang terbuai cinta yang sejati mereka cari. Tapi kenyataan hanya sebuah kematian yang dilegendakan oleh Romeo dan Juliet. Seandainya mereka tahu bahwa cinta sejati hanyalah pada Allah niscaya mereka tak pernah mencari cinta sejati yang lain. Hanya pada Allah lah Ibnu Atha’illah menggambarkan cinta yang sejati, cinta yang tak pernah hilang, takkan pernah ada yang merebut Allah dari hatimu. Kau tidak akan pernah berpisah denganNya…….. karena Dialah yang patut kita Cintai.
Puisi ini mudah dipahami oleh orang yang membacanya, merefleksikan diri yang tidak lepas dari cinta duniawi ketiak orang membacanya, menggambarkan keadaan cinta sekarang yang jauh dari aturan-aturan, memilki konsep kata-kata yang lugas dan dapat dimengerti. Tetapi ada hal yang kurang dari segi gambaran orang-orang yang dulu pernah merasakan cinta sejati terhadap duniawi dan cinta sejati hanya pada Allah, jika ditambahkan itu pasti akan merasakan betapa bodohnya mencintai duniawi dan betapa nikmatnya cinta ketika Allahlah sandaran hidup kita.
Anonim mengatakan…
Nama: Isroh Laila
NIM: 0701981
Smtr: 4
Kls: 2F
Ya.. Tepat sekali! Cinta sejati hanya akan dirasakan oleh hamba pilihannya. Namun yang terpeting adalah, apakah hamba itu bersedia 'memilih' untuk menyatakan bahwa hanya Allahlah cinta sejatinya?
Suatu pertanyaan dengan kendala yang siap melahap kita ketika akan menentukan pilihan. Dan sayangnya hanya segelintir manusia di bumi ini yang mengetahui kenyataan tersebut. Kebanyakan dari mereka hanyalah takut dikatakan cupu, kuper atau hinaan lainnya yang mencerminkan peremehan terhadap cinta islami.
Ya, Cinta Islami cinta yang selalu dikemukakan dengan ketulusan hati oleh Ibnu Atha'illah. Cinta yang mengutamakan pencarian makna hakiki dalam hidup ini. Cinta yang takan habis ditelan 'fana' muka bumi. Cinta yang selalu mencari hikmah dalam pencariannya saat suka maupun duka.
Bila kita hendak meneliti, bacalah kitab Al-Hikam yang juga karangan penutur cinta kali ini, Ibnu Athaillah.
Alangkah gembiranya menjadi generasi yang tidak memiliki cinta selain cinta karena Ilahi. Dialah, Allah.
Sang maha menyinta yang tiada tara batas cinta-Nya.
Sang maha mengasih yang tiada pernah pilih kasih.
Anonim mengatakan…
Bikin Ribet aja nih.....
Bisnis ya.....
Anonim mengatakan…
Nama : Tri Agustinastuti
NIM : 0702026
Kelas : 2F

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Bismillahirrahmanirohim.....

Subhanallah...kata itu yang pertama kali muncul ketika saya membaca resep cinta dari ibnu Atha'illah. Resep cinta dari ibnu Atha'illah sungguh menyentuh hati dan setelah saya memembacanya saya langsung berintropeksi diri.
Cinta memang indah karena cinta itu datang dari yang maha indah yaitu Allah. Semua orang pasti pernah merasakan jatuh cinta begitu juga dengan saya. Saya pernah mencintai seorang laki-laki dan saya tidak mengerti mengapa saya benar-benar mencintainya. Mungkin Cinta tumbuh karena kita melihat orang yang dicintai dan mungkin jika kita bisa melihat Allah pasti kita akan benar-benar mencintai-Nya tapi semua itu tidak mungkin karena Allah tidak bisa kita lihat tapi bisa kita rasaan keberadaannya. Jika kita ingin bisa mencintai Allah dengan sangat cintanya maka kita harus mensyukuri nikmat dan semua yang telah Allah berikan kepada kita dan kita juga harus bisa menempatkan Allah di dalam hati kita dalam urutan yang pertama seperti apa yang diungkapkan dalam resep cinta ibnu Atha'illah. Semoga Allah senantiasa mengampuni dosa-dosa kita dan senantiasa mengiringi kita dengan cintanya begitu pun juga dengan kita semoga kita bisa memberikan cinta terbesar kita hanya kepada yang maha mencintai yaitu Allah Azzawajalla. Aamiin...

Syukron....


Wasalamu'alaikum Wr.Wb.
Anonim mengatakan…
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Alhamdulillah setelah saya membaca Resep Cinta dari Ibnu Atha'illah, subhanallah saya merasa tersentuh hatinya karena apa yang di utarakan oleh beliau memang benar adanya. Kita sebagai makhluk Allah sudah sepantasnya memberikan cinta yang ada dalam diri kita hanya untuk sang Kholiq. Di saat kita terjebak oleh perasaan cinta kepada yang lain bukan kepada Allah, mungkin itu adalah merupakan ujian terbesar dalam hidup kita. Karena tidak dapat di pungkiri apabila seseorang telah mengalami hal itu sebelum adanya ikatan penikahan , rasa nafsu dan syahwat sewaktu-waktu akan menghampiri kita, itulah yang kita takutkan bukan?? Oleh karena itu Resep Cinta dari Ibnu Atha'illah mudah-mudahan dapat memberikan sebuah pemahaman akan cinta yang sesungguhnya, yaitu CINTA YANG HANYA KEPADA ALLAH SWT.
Anonim mengatakan…
Nama : Nurbaeti
NIM : 0702036
Kelas : 2F

Bismillahirrahmanirahim.
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Alhamdulillah setelah saya membaca Resep Cinta dari Ibnu Atha'illah, subhanallah saya merasa tersentuh hatinya karena apa yang di utarakan oleh beliau memang benar adanya. Kita sebagai makhluk Allah sudah sepantasnya memberikan cinta yang ada dalam diri kita hanya untuk sang Kholiq. Di saat kita terjebak oleh perasaan cinta kepada yang lain bukan kepada Allah, mungkin itu adalah merupakan ujian terbesar dalam hidup kita. Karena tidak dapat di pungkiri apabila seseorang telah mengalami hal itu sebelum adanya ikatan penikahan , rasa nafsu dan syahwat sewaktu-waktu akan menghampiri kita, itulah yang kita takutkan bukan?? Oleh karena itu Resep Cinta dari Ibnu Atha'illah mudah-mudahan dapat memberikan sebuah pemahaman akan cinta yang sesungguhnya, yaitu CINTA YANG HANYA KEPADA ALLAH SWT.
Anonim mengatakan…
Nama : Rifki Aditia Nugraha
Kelas: 2f
Nim : 0701984

Subhanallah setelah saya membaca puisi tersebut saya menyadari bahwa rasa cinta kita terhadap seseorang ataupun benda yang kita punya tidak boleh melebihi rasa cinta kita terhadap Allah swt.
Anonim mengatakan…
Nama : syukron Ubaidilah
kelas:2f
Nim :0701952


komentar saya sangat bagus sekali, karena memang benar sekali bahwa sanya pada zaman sekarang rasa cinta kita terhadap tuhan sangat kurang.
Anonim mengatakan…
Top Online Casino tyuueooru
No Deposit Casino
Ensure that the one you're interested in prefer using a trustable and ideal software that you can rely on.
[url=http://www.nhgaa.org/]Download Casino[/url]
Ensure that the one you're interested in prefer using a trustable and ideal software that you can rely on.
http://www.nhgaa.org/ - No Download Casino
It's always good to stick to such online casino website that can meet your queries whenever you want.
Anonim mengatakan…
washington dental plan [url=http://usadrugstoretoday.com/products/study-habits.htm]study habits[/url] generic cialis mexican http://usadrugstoretoday.com/products/ophthacare.htm arizona diet green tea mix http://usadrugstoretoday.com/products/plavix.htm
liver function blood work vet [url=http://usadrugstoretoday.com/products/ilosone.htm]ilosone[/url] personal dental insurance htm [url=http://usadrugstoretoday.com/products/aciphex.htm]facts about drugs[/url]
Anonim mengatakan…
pill smoking stop [url=http://usadrugstoretoday.com/products/cialis-professional.htm]cialis professional[/url] smoking affect the human body http://usadrugstoretoday.com/products/kamagra-oral-jelly.htm maternity health benefits indiana http://usadrugstoretoday.com/products/arava.htm
benefits of all forage diet for equines [url=http://usadrugstoretoday.com/products/haldol.htm]haldol[/url] normal white blood cell range [url=http://usadrugstoretoday.com/products/ed-discount-pack-3.htm]the fart smoke[/url]
Anonim mengatakan…
florida homeopathic medical society [url=http://usadrugstoretoday.com/products/prilosec.htm]prilosec[/url] drug side effects erection http://usadrugstoretoday.com/products/innopran-xl.htm vegetables with calcium http://usadrugstoretoday.com/products/propecia.htm
white round pill v 2065 [url=http://usadrugstoretoday.com/products/prednisolone.htm]prednisolone[/url] gain big muscle [url=http://usadrugstoretoday.com/products/pravachol.htm]how to make penis stretch[/url]
Anonim mengatakan…
increase blood platelets [url=http://usadrugstoretoday.com/products/actonel.htm]actonel[/url] orlando dental assistant jobs http://usadrugstoretoday.com/products/zetia.htm stop birth control pill high sex drive http://usadrugstoretoday.com/products/serevent.htm
blood wake [url=http://usadrugstoretoday.com/products/micardis.htm]micardis[/url] doing drugs while pregnant [url=http://usadrugstoretoday.com/products/ophthacare.htm]vitamin d3 normal blood levels[/url]
Anonim mengatakan…
the national health service [url=http://usadrugstoretoday.com/categories/weight-loss.htm]weight loss[/url] what does levothyroxine pills look like http://usadrugstoretoday.com/categories/gastrointestinale.htm ray conniff smoke gets in your eyes http://usadrugstoretoday.com/products/clomid.htm
secondhand smoke cost in minnesota [url=http://usadrugstoretoday.com/products/vantin.htm]vantin[/url] white tea health benefits [url=http://usadrugstoretoday.com/products/prazosin.htm]mrdx pharmacy[/url]
Anonim mengatakan…
generalized anxiety disorder and muscle cramping [url=http://usadrugstoretoday.com/products/zyrtec.htm]zyrtec[/url] sub station erection full details http://usadrugstoretoday.com/catalogue/v.htm michigan medical lab owner http://usadrugstoretoday.com/products/topamax.htm
best center loss weight world [url=http://usadrugstoretoday.com/products/tenormin.htm]tenormin[/url] nigeria and airlines and drug [url=http://usadrugstoretoday.com/products/biaxin.htm]crop health monitoring[/url]
Anonim mengatakan…
svi and automobile lenders http://eautoportal.in/car-racing/carnac-truck-racing impact youth racing suits
[url=http://eautoportal.in/kawasaki]iowa auto forsales[/url] mountain bike ac racing [url=http://eautoportal.in/chrysler/compare-chrysler-sebring-and-pontiac-g6]compare chrysler sebring and pontiac g6[/url]
mercedes overland van http://eautoportal.in/ducati/ducati-multistrada-exhaust
[url=http://eautoportal.in/bike/best-spinner-bike]volkswagen golf r32[/url] automobile radio antennas [url=http://eautoportal.in/chevrolet/chevrolet-tracker-1998]chevrolet tracker 1998[/url]
automobile brokers toronto ontario http://eautoportal.in/auto/route-79-auto-sales
[url=http://eautoportal.in/auto/grand-theft-auto-mario]dodge ram riding toy[/url] refinishing an automobile [url=http://eautoportal.in/automobile/automobile-auctions-in-new-york]automobile auctions in new york[/url]
Anonim mengatakan…
mercedes clutch kit http://autoexpress.in/scion/scion/canada dodge cummins g56 flywheel
[url=http://autoexpress.in/peugeot/peugeot/service/kent]using only uncoated primer on auto[/url] yugo automobile [url=http://autoexpress.in/mazda/mazda/rx8/oil/viscosity]mazda rx8 oil viscosity[/url]
fuel pump for 1979 mercedes benz 450slc http://autoexpress.in/royce/rolls/royce/centenary
[url=http://autoexpress.in/bugatti/bugatti/type/55/kit/car]automobile shipping broker[/url] auto dealers camdenton mo area [url=http://autoexpress.in/radiator/radiator/boil/over]radiator boil over[/url]
mercedes mc3196na http://autoexpress.in/cadillac/claremont/cadillac/in/caldwell/new/jersey
[url=http://autoexpress.in/opel/opel/calibra]henry harrison mercedes benz historic race[/url] epc light is on volkswagen [url=http://autoexpress.in/maybach/maybach/automobiles]maybach automobiles[/url]
Anonim mengatakan…
mta travel directions http://adventurecollection.in/map/map-tigris-river-africa bc travel guides
[url=http://adventurecollection.in/motel/oconomowok-wisconsin-motel]carlson wagonlit tour bus travel in nc[/url] anderson travel [url=http://adventurecollection.in/airlines/bae-missile-american-airlines-bush-carlyle-laser]bae missile american airlines bush carlyle laser[/url]
indiana university assemgly hall travel directions http://adventurecollection.in/airlines/american-airlines-at-chicago
[url=http://adventurecollection.in/airport/tulsa-okla-airport]philippines ferry travel[/url] jobs in travel in boston [url=http://adventurecollection.in/cruise/cruise-installation-sunfire]cruise installation sunfire[/url]
book reviews of caribbean travel guide books http://adventurecollection.in/lufthansa/information-on-boeing-company steel coffee travel mugs [url=http://adventurecollection.in/vacation-packages/maui-golf-vacation-package]maui golf vacation package[/url]
Anonim mengatakan…
fashion fable http://www.thefashionhouse.us/-tank-tops-dolce-amp-gabbana-category60.html fashion advice for women [url=http://www.thefashionhouse.us/roberto-cavalli-long-sleevetop-for-women--item2373.html]clarks shoes[/url] chanel tote in london
http://www.thefashionhouse.us/plastic-popler-men-brand90.html poems by paul laurence dunbar [url=http://www.thefashionhouse.us/armani-jeans-pullover-for-men-off-white-item2449.html]mans clothes stand[/url]
Anonim mengatakan…
tap dancing shoes http://www.thefashionhouse.us/roberto-cavalli-top-for-women-decorated-with--item554.html traditional middle eastern clothes [url=http://www.thefashionhouse.us/44-winter-jackets-size26.html]coyoacan hindu clothes[/url] indianapolis colts superbowl clothes
http://www.thefashionhouse.us/white-grey-on-sale-color26.html resort clothes [url=http://www.thefashionhouse.us/black-blue-color126.html]fitness equipment designers and manufacturers[/url]
Anonim mengatakan…
http://xwv.in/lexapro/lexapro/good
[url=http://xwv.in/pain-relief/pain/relief/sustained/with/pca/pump]carroll oconnor son drugs[/url] prevent drug resistant staph infection [url=http://xwv.in/osteoporosis/reclast/infusion/osteoporosis]reclast infusion osteoporosis[/url]
drug alert diff hospitals key http://xwv.in/ultram/getting/high/off/of/ultram
[url=http://xwv.in/lopressor/thalassemia/lopressor]davis pharmacy[/url] brasseye drugs mp4 [url=http://xwv.in]Drug Information Portal[/url]
new ms drug http://xwv.in/mycelex/mycelex
[url=http://xwv.in/labetalol/labetalol/test/dose]amount of time to be clean of drugs[/url] can apple juice be substituted on drug test [url=http://xwv.in/ivermectin/ivermectin/veterinarian/adverse/effects]ivermectin veterinarian adverse effects[/url] heath ledger drug addiction [url=http://xwv.in/viagra/ultram/viagra/vioxx/xenical]ultram viagra vioxx xenical[/url]
Anonim mengatakan…
jackpot juntion bus trip deals http://xwn.in/casino-online_american-casino-guide-coupon-book kentucky lottery how to play
[url=http://xwn.in/slots_free-on-line-slots-games]casino federation gambling online[/url] bingo ticket [url=http://xwn.in/roulette_roulette-gambling-gambling-software]roulette gambling gambling software[/url]
n y state lottery http://xwn.in/casino-playing-cards_purchase-poker-playing-cards
[url=http://xwn.in/keno_electronic-keno-multi-king]valley view casino bill nobel[/url] qe2 home lottery halifax [url=http://xwn.in/baccarat_baccarat-language-nl]baccarat language nl[/url]
isle of capri casino coupons http://xwn.in/casino-playing-cards_hawaiian-heritage-playing-cards-publishers majestic star casinos [url=http://xwn.in/poker-online_players-only-poker]players only poker[/url]
Anonim mengatakan…
funky clothes http://topcitystyle.com/jackets-amp-sweatshirts-category10.html prayer clothes [url=http://topcitystyle.com/red-pullover-color8.html]adhesive horse shoes[/url] fashion games for teens
http://topcitystyle.com/faith-club-wear-brand99.html dc shoes icons [url=http://topcitystyle.com/richmond-jeans-brand18.html]elegant designers braid[/url]
Anonim mengatakan…
http://xpv.in/rabeprazole/oral-administration-of-buffered-rabeprazole
[url=http://xpv.in/doxycycline/pneumonia-doxycycline]brochure drugs dangers[/url] fort collins safeway pharmacy harmony [url=http://xpv.in/ceftin/can-i-give-ceftin-to-my-cat]can i give ceftin to my cat[/url]
kelowna drug rehabilitation centers http://xpv.in/domperidone/domperidone-melate
[url=http://xpv.in/doxazosin/doxazosin-4mgs]pharmacy school illinois[/url] tricor drug problems pain [url=http://xpv.in/dulcolax/dulcolax-laxative-suppositories-50-save]dulcolax laxative suppositories 50 save[/url]
sutan drug http://xpv.in/amaryl/medline-amaryl
[url=http://xpv.in/altace/altace-side-effecthtml]how to pass a hair folicle drug test[/url] drug free programs for young students [url=http://xpv.in/rabeprazole/walmart-rabeprazole]walmart rabeprazole[/url] drug abuse and drunk driving [url=http://xpv.in/quetiapine/geater-than-mg-of-quetiapine]geater than mg of quetiapine[/url]
Anonim mengatakan…
gambling for americans http://lwv.in/lottery/western-lottery meanings to lottery numbers
[url=http://lwv.in/keno/play-keno-online]keno lottery generator wheel[/url] college football betting line november 3 [url=http://lwv.in/roulette/picture-of-european-roulette-table-top]picture of european roulette table top[/url]
strike it rich lottery http://lwv.in/betting/betting-odds-calculator
[url=http://lwv.in/keno/keno-secrets]maryland mega millions lottery[/url] cabarete casino dominican [url=http://lwv.in/slots/highest-paying-slots-at-belterra-casino]highest paying slots at belterra casino[/url]
california lottery past results http://lwv.in/blackjack/casino-bonuses-blackjack-cards bellagio casino craps [url=http://lwv.in/keno/internet-free-keno]internet free keno[/url]
Anonim mengatakan…
john holmes movie trailers [url=http://moviestrawberry.com/films/film_catch_a_fire/]catch a fire[/url] big bang movie http://moviestrawberry.com/films/film_castle_in_the_desert/ jackass 2 the movie online
intersection movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_earth_ride/]earth ride[/url] game boy cheats bratz the movie http://moviestrawberry.com/films/film_love_me_tonight/ horror movie puzzles
solid geometry movie download [url=http://moviestrawberry.com/films/film_diamonds_are_forever/]diamonds are forever[/url] the red violin and movie
transgender movie gallery [url=http://moviestrawberry.com/films/film_avanti/]avanti[/url] the player online movie http://moviestrawberry.com/films/film_a_walk_on_the_moon/ watch endgame movie alex jones
free mega porn movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_the_smallest_show_on_earth/]the smallest show on earth[/url] science fiction movie register http://moviestrawberry.com/films/film_cant_buy_me_love/ bella movie
Anonim mengatakan…
gangs of new york online movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_the_brothers_grimm/]the brothers grimm[/url] stand stephen king movie http://moviestrawberry.com/hqmoviesbygenres/download-genre_war-movies/?page=3 black taboo movie
baltimore movie theatres [url=http://moviestrawberry.com/films/film_laurel_canyon/]laurel canyon[/url] free bittorrent movie download http://moviestrawberry.com/films/film_dr_phibes_rises_again/ latina movie galleries
unfolding florence the movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_tarzan_and_his_mate/]tarzan and his mate[/url] state news east lansing movie times msu
what are the differences between narnia of the book and movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_god_told_me_to/]god told me to[/url] pitch a movie http://moviestrawberry.com/hqmoviesbycountry/country_usa/?page=134 the eye movie
serenity the movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_stuntmen/]stuntmen[/url] tower place movie http://moviestrawberry.com/films/film_sunrise_a_song_of_two_humans/ movie the condemned cast
Anonim mengatakan…
horror movie television channel [url=http://moviestrawberry.com/films/film_the_art_of_pain/]the art of pain[/url] fx movie host http://moviestrawberry.com/easy-downloads/letter_P/?page=8 home movie music suggestion
haunted mansion movie staring ron howard [url=http://moviestrawberry.com/films/film_mickey_and_the_seal/]mickey and the seal[/url] reconciliation theme movie http://moviestrawberry.com/films/film_episode_list_for_desperate_housewives/ new halloween town movie
internet movie data base [url=http://moviestrawberry.com/films/film_longford/]longford[/url] tommy the movie
ben stiller latest movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_rendition/]rendition[/url] free the simpsons movie http://moviestrawberry.com/films/film_american_zombie/ brits al gore movie
darna movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_non_si_deve_profanare_il_sonno_dei_morti/]non si deve profanare il sonno dei morti[/url] new hell boy movie http://moviestrawberry.com/easy-downloads/letter_I/ movie burn software
Anonim mengatakan…
district b 12 the movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_dual/]dual[/url] movie song playlist http://moviestrawberry.com/films/film_very_young_girls/ the toy box movie trailer
plant 16 movie complex [url=http://moviestrawberry.com/films/film_the_boat_that_rocked/]the boat that rocked[/url] lesson science dinosaur movie http://moviestrawberry.com/films/film_dreamgirls/ swing time movie
excalibur movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_suitable_for_murder/]suitable for murder[/url] thoughts about z for zachariah the movie
cellular the movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_birdy/]birdy[/url] movie show times for 33805 http://moviestrawberry.com/films/film_midnight_cowboy/ free movie galleries
the contender movie music [url=http://moviestrawberry.com/films/film_point_of_origin/]point of origin[/url] left behind the movie http://moviestrawberry.com/films/film_sheena/ blazing saddles movie
Anonim mengatakan…
movie school mountain masks [url=http://moviestrawberry.com/films/film_bird_on_a_wire/]bird on a wire[/url] cinamark movie theaters greeley colorado http://moviestrawberry.com/films/film_progeny/ halo 3 movie
movie sex scene clip [url=http://moviestrawberry.com/films/film_drop_dead_gorgeous/]drop dead gorgeous[/url] free sample movie orgy http://moviestrawberry.com/easy-downloads/letter_T/?page=43 broken arrow movie clips
itunes movie converter [url=http://moviestrawberry.com/films/film_barry_lyndon/]barry lyndon[/url] carmen inked movie
movie names rape [url=http://moviestrawberry.com/films/film_a_thin_line_between_love_and_hate/]a thin line between love and hate[/url] walllingford movie theater http://moviestrawberry.com/films/film_dirt/ download free vcd movie
angus the movie bulimic scene [url=http://moviestrawberry.com/films/film_rocket_science/]rocket science[/url] homeade sex movie uploads http://moviestrawberry.com/films/film_the_litterbug/ deep throat the movie
Anonim mengatakan…
derek the blind movie reviewer [url=http://moviestrawberry.com/films/film_reflections_in_the_mud/]reflections in the mud[/url] rotten tomatos movie reviews http://moviestrawberry.com/films/film_crocodile_dundee_in_los_angeles/ naruto movie
big gay movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_wolf_creek/]wolf creek[/url] amature hoime movie http://moviestrawberry.com/films/film_cruel_intentions/ americam movie classcis
famous movie producers [url=http://moviestrawberry.com/films/film_15_minutes/]15 minutes[/url] elephantman the movie
anita blake movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_the_atomic_cafe/]the atomic cafe[/url] free upskirt movie samples http://moviestrawberry.com/films/film_american_pie_2_70/ free on line halloween movie trivia
movie trailers free download [url=http://moviestrawberry.com/films/film_the_young_victoria/]the young victoria[/url] free movie of 1 night with paris hilton http://moviestrawberry.com/films/film_shiner/ agent vand movie
Anonim mengatakan…
squirrel hill movie pittsburgh pa independent film [url=http://moviestrawberry.com/films/film_stone_pillow/]stone pillow[/url] date movie http://moviestrawberry.com/hqmoviesbycountry/country_usa/?page=24 french movie 5x2 song at end of movie
movie casting calls [url=http://moviestrawberry.com/films/film_baywatch/]baywatch[/url] band of brothers movie http://moviestrawberry.com/films/film_the_cheyenne_social_club/ pedo anal movie gallery
smithereens movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_le_avventure_di_pinocchio/]le avventure di pinocchio[/url] reincanation in the movie what dreams may come
movie hostile [url=http://moviestrawberry.com/films/film_the_chase/]the chase[/url] herbie tv movie http://moviestrawberry.com/films/film_beowulf_grendel/ castlevania movie film company
freeware movie maker 2 [url=http://moviestrawberry.com/films/film_charlie_and_the_chocolate_factory/]charlie and the chocolate factory[/url] men in nylon shorts going to the toilet movie http://moviestrawberry.com/films/film_sucker_free_city/ fit mpeg 4 movie onto 1 vcd

Postingan Populer