UTS PAI SEMESTER GANJIL 2012/2013


Petunjuk Umum :
  1. Kerjakanlah soal-soal di bawah ini sesuai dengan kemampuan dan pemahaman anda masing-masing. Anda tidak diperkenankan saling mencontek dan bekerja sama dengan orang lain.
  2. Jawaban dikumpulkan paling lambat hari Kamis, 25 Oktober 2012 melalui email.
  3. Subjek/judul email jawaban yang anda kirim menggunakan format sebagai berikut: Nama_NIM_Kelas.
  4. Kirimkan jawaban anda ke email berikut ini:

Petunjuk Pengisian:
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
  1. Rasa kebertuhanan (sense of theistic) adalah perasaan dalam diri seseorang yang menimbulkan keyakinan akan adanya sesuatu yang maha kuasa di luar dirinya yang menentukan segala nasib yang ada. Dengan rasa kebertuhanan ini manusia meyakini akan adanya Tuhan atau sesuatu yang dipertuhankan. Coba jelaskan pendekatan apa saja yang bisa dilakukan untuk menimbulkan keyakinan akan keberadaan Tuhan, berikan juga contoh-contohnya! Dan mengapa di dunia ini ada orang yang mengaku tidak bertuhan (atheis)?
  2. Sumber hukum Islam terdiri atas Al-Quran, Al-Hadits, dan Ijtihad. Coba jelaskan korelasi di antara ke-tiganya!
  3. Al-Quran merupakan sumber hukum Islam yang pertama. Al-Quran diturunkan sebagai mu'jizat bagi Nabi Muhammad SAW. coba jelaskan berbagai macam kemu'jizatan al-Quran tersebut disertai dengan contoh-contohnya.
  4. Dilihat dari sudut kualitasnya, hadits terbagi menjadi 3 (tiga) macam. Yakni: hadits shahih, hadits hasan, dan hadits dhaif. Coba cari contoh hadits-hadits tersebut, masing-masing dua buah. (Lengkapi dengan sanad, matan dan rawi hadits!
  5. Mengapa jumhur ulama menjadikan ijtihad sebagai sumber hukum Islam ke-3? jelaskan landasan hukumnya!
  6. Perbedaan merupakan sebuah anugerah dan rahmat jika kita mampu menyikapinya dengan tepat, termasuk perbedaan dalam hal fiqhiyyah. Namun, tidak jarang perbedaan dalam masalah fiqhiyyah ini malah menyeret umat Islam pada perpecahan. Coba analisis sebuah kasus perbedaan masalah fiqhiyyah dalam kalangan umat Islam yang menurut anda sangat rentan merusak ukhuwah Islamiyah. Jelaskan mulai dari sebab terjadinya perbedaan faham fiqhiyyah tersebut hingga solusi dalam menyikapinya!
  7. Saat ini banyak orang yang beragama Islam namun tidak mampu mengaplikasikan nilai-nilai Islam dalam kehidupannya. Sementara itu, banyak pula orang yang mampu mengaplikasikan nilai-nilai Islam tapi ia bukan seorang Muslim. Bagaimana tanggapan anda mengenai hal tersebut!

-o0 Selamat Mengerjakan 0o-

Komentar

Entri Populer